Interviews

BabyShopIndonesia.com, Online Shop Fashion Baby yang Sukses Menjadi Kepercayaan Masyarakat Indonesia

 

   

Menjadi seorang sarjana dari Hokkaido University, bukan menjadi halangan bagi Anastasia S(29) untuk menjadi seorang enterpreneur dan lebih menggeluti dunia bisnis online. Cita – cita sebagai seorang manager dari sebuah perusahaan ternama, ternyata mampu ditahannya. Terlebih ketika ia bertemu dengan kesempatan dan peluang berbisnis online saat itu. Kini ibu satu anak ini tengah tekun dan fokus mengembangkan bisnisnya yaitu BabyShopIndonesia.com yang ternyata sudah mampu menjangkau hampir seluruh wilayah di Indonesia. Banyak mimpi dan cita – cita beliau terkait pengembangan bisnis ini. Lalu bagaimana sebenarnya cerita sukses beliau dari seorang sarjana luar negeri hingga menjadi seorang enterpreneur ini?

Selamat sore Ibu Anastasia S, untuk membuka bisa dijelaskan tentang apa itu Babyshopindonesia.com?

Nama Baby Shop Indonesia ini saya pilih untuk menggambarkan misi saya, dimana saya ingin Baby Shop Indonesia ini dapat dikenal dan dipercaya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tentu saja penentuan nama juga berdasarkan pertimbangan keyword yang tepat. Awalnya Baby Shop Indonesia berdiri dengan scope jual beli yang masih kecil, dimulai dari teman-teman sendiri. Hingga saat ini, kami telah melayani pengiriman dari Aceh hingga Papua.

Ide bisnis ini lahir dari takdir, hehehe. Dimana saat saya sedang getol-getolnya ingin menjadi manager di perusahaan ternama, saya dipertemukan dengan orang-orang luar biasa di dunia internet marketing dan sekaligus saya dikarunia seorang anak. Suatu kejadian yang sangat pas, dimana ketertarikan saya pada produk bayi sangat kuat, dan informasi tentang internet marketingpun datang dengan sangat lengkap. Jadi, apa salahnya dicoba?

Jadi ini semua peluang dan kesempatan yang datang secara bersamaan ya Bu. Lalu bagaimana sebenarnya cerita awal mula Ibu masuk ke dunia enterpreneur ini?

Sebenarnya awal mulanya saya tidak pernah bercita-cita menjadi seorang enterpreneur. Karena sebelumnya, saya hanya berpikir bahwa dengan pendidikan yang telah saya tempuh, saya akan dapat menjadi seorang manager perusahaan ternama. Tetapi sepertinya Tuhan berkata lain, saya bertemu dengan beberapa orang luar biasa di dunia internet marketing, dan membuka pikiran saya perihal potensi internet marketing. Dan kebetulan, saat itu saya baru saja menikah, dan segera akan memiliki seorang anak. Dalam berjalannya waktu, saya merasa sangat tertarik dengan produk-produk baby, dan hobby shopping. Akhirnya saya mencoba untuk membuka Baby Shop Indonesia, yaitu penyedia produk fashion dan perlengkapan bayi online. Bisa memuaskan diri belanja sekaligus menjadi bisnis.

Pengorbanan terbesar yang saya rasakan adalah, perubahan mindset atau pola pikir dan cara pandang saya yang selama ini saya bercita-cita menjadi manager di perusahaan ternama, sekarang saya harus merintis usaha Baby Shop Indonesia ini dari nol. Dimana orang-orang sekitar banyak berkata ‘Sekolah S2 kok kerjanya dirumah’. Puji Tuhan sekarang orang-orang di sekitar saya sudah bisa melihat hasilnya dan mereka pun ikut merasakan nikmatnya menjadi enterpreuner yang memiliki bisnis sendiri.

Wah hebat sekali Bu, lalu untuk produk di Baby Shop ini sendiri dipasarkan dengan model yang seperti apa Bu?

Produk Baby Shop Indonesia saat ini hanya dipasarkan melalui online, baik melalui Facebook maupun via website kami di www.BabyShopIndonesia.com.  Saat ini kami telah melayani pengiriman hingga seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua.

Jika begitu, lalu bagaimana cara Anda menyeimbangkan harga dengan kualitas produk yang Anda jual?

Kualitas adalah keutamaan kami nomor 2 setelah Kejujuran. Banyak orang mengeluhkan penipuan di dunia bisnis online, baik tidak dikirimnya barang maupun ketidaksesuaian barang yang dikirim dengan fotonya. Oleh karena itu kami mengutamakan kepercayaan pelanggan dan kami menjamin barang asli sama 90% dengan foto yang kami pajang.

Perbedaan kadang ada karena pengaruh pencahayaan dalam proses pemotretan,namun kami tetap memberikan foto yang semirip mungkin dengan aslinya. Dalam menjual produk, kami akan memeriksa sendiri produk yang akan dijual, kami selalu mengupayakan menjual produk dengan kualitas terbaik. Kualitas terbaik bukan berarti harus barang impor, tetapi juga produksi dalam negeri yang tidak kalah kualitasnya. Kami menjamin barang yang dijual nyaman untuk dipakai baby dan anak. Kami tidak ingin menjual produk dengan kualitas yang kurang baik, sehingga nantinya akan kurang nyaman digunakan. Dan tentunya, dengan harga yang kompetitif pula.

Sampai saat ini produk apa yang paling banyak dicari oleh konsumen?

Hingga saat ini produk fashion baby merupakan produk yang paling diinginkan dari customer kami.

Lalu sentuhan yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa Bu?

Baby Shop Indonesia dijamin berbeda dengan baby shop lainnya, khususnya apabila Anda perlu berkonsultasi perihal produk yang dibutuhkan, ukuran produk, kami selalu meluangkan waktu untuk memberikan masukan-masukan. Dan tentunya, kami selalu mengutamakan kecepatan pengiriman, dan kejujuran. Sehingga customer kami pastikan akan selalu mendapat pelayanan maksimal, sebelum dan setelah melakukan pembelian.

Selama menjadi seorang enterpreneur, pengalaman paling berkesan yang seperti apa yang pernah Anda alami?

Pada bisnis online, tentunya banyak sekali pengalaman yang berbeda dibanding bisnis offline. Karena masyarakat kita sendiri sepertinya masih banyak yang belum mengerti jual beli online. Sehingga banyak pengalaman berkesan yang kami rasakan, dari customer yang minta COD di Kalimantan, ada yang curhat dibohongin online shop lain, hingga customer yang akhirnya sering curhat masalah anak dan keluarganya.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang?

Ruang lingkup kami saat ini memang sudah sesuai dengan yang kami targetkan sebelumnya. Tetapi saat ini kami ingin mengembangkannya hingga ke negara-negara tetangga dan semoga dalam waktu dekat kami bisa mengembangkan produksi sendiri.

Dalam menjalankan Baby Shop Indonesia ini, tantangan dan kendala apa yang pernah Anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya?

Dengan berkembangnya skala bisnis kami, permintaan customerpun menjadi beragam,sehingga kami harus menambah jenis barang. Keterbatasan modal kadang menjadi kendala. Sistem dropship atau menjual barang milik toko lain menurut kami juga tidak bisa mengatasi karena ketersediaan barang dapat berubah terus tanpa kami bisa ketahui sewaktu-waktu. Jadi akhirnya kami tetap berusaha menyediakan ready stok berbagai jenis barang sedikit demi sedikit sesuai dengan kemampuan modal.

Untuk Baby Shop Indonesia sendiri, rencana ke depan apa yang akan dilakukan untuk mengembangkan bisnis ini?

Beberapa tahun kedepan, kami berencana ingin memproduksi produk sendiri, dan tentunya kami juga bercita-cita untuk mengembangkan bisnis kami hingga ke negara tetangga

Wah, semoga lekas terwujud ya Bu. Nah, yang terakhir nih Bu. Saran terbaik apa yang dapat Anda berikan seputar dunia enterpreneur?

Untuk teman-teman yang akan mencoba menjadi enterpreneur, jangan pernah membatasi diri Anda dengan apa yang Anda miliki saat ini. Tetap positif, dan selalu berdoa, apabila Anda bekerja dengan sungguh-sungguh, tidak ada hal yang tidak mungkin.

Benar sekali Bu. Usaha keras memang sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan. Terimakasih sebelumnya untuk kesempatanya berbagi bersama Mebiso. Semoga Baby Shop Indonesia semakin dan selalu sukses ya Bu :)

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *