Tips Bisnis

Bagaimana Cara Mencari Mentor Belajar Bisnis?

 

Loading...

Bagaimana Cara Mencari Mentor – Belajar berbisnis penuh dengan tantangan. Seringkali, tantangan tersebut tidak mudah untuk kita hadapi sendiri.

Layaknya seorang murid sekolah yang dibimbing oleh guru, kadang kala kita pun membutuhkan bantuan dari orang lain. Bantuan tersebut bisa kita dapatkan dari sosok mentor.

Mentor adalah seseorang yang telah memiliki pengalaman dan mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Mendapatkan bimbingan mentor dapat mempercepat kesuksesan bisnis Anda, terlebih lagi jika Anda masih tergolong pemula. Simak tips untuk mencari mentor belajar bisnis berikut ini.

Tips bagaimana cara mencari mentor belajar bisnis

1. Menghubungi teman atau kerabat

Pertama, carilah di lingkungan sekitar kita terlebih dahulu. Coba perhatikan lagi, mungkin saja ada orang terdekat yang telah menggeluti dunia bisnis? Apakah teman kuliah Anda? Apakah kakak sepupu Anda? Siapa tahu, ia akan senang hati untuk menjadi mentor dan mengajari Anda berbisnis, lho.

2. Mendatangi berbagai event

Mengikuti suatu event atau acara menawarkan banyak kesempatan yang bisa Anda manfaatkan untuk menemukan mentor. Anda dapat memperluas networking dengan pihak-pihak yang datang ke event tersebut, lalu siapa tahu kelak Anda akan menemukan mentor belajar bisnis. Tak harus event seputar kewirausahaan kok, event-event lainnya pun dapat dimanfaatkan untuk menambah network Anda.

3. Menjadi anggota suatu komunitas entrepreneur

Dewasa ini, banyak komunitas entrepreneur atau kewirausahaan yang dapat kita ikuti. Hal yang sangat bagus, karena kita dapat bertemu banyak orang yang menekuni dunia bisnis. Anda pun akan semakin mudah menjalin networking.

Psst, tak hanya komunitas dengan sistem tatap muka saja yang bisa kita ikuti. Banyak juga komunitas pada berbagai platform online, lho, misalnya saja lewat grup atau page media sosial tertentu.

4. Mencari lewat media sosial

Selain berinteraksi untuk menjalin pertemanan, media sosial juga dapat menjadi tempat untuk mencari mentor, lho. Beberapa platform media sosial cocok digunakan untuk menjalin koneksi dengan para profesional, misalnya LinkedIn dan Twitter. LinkedIn adalah media sosial yang diperuntukkan untuk menjalin koneksi profesional dengan berbagai pihak, sedangkan Twitter adalah wadah untuk bertukar pikiran akan berbagai informasi dan topik.

Walau media sosial nampak santai, Anda perlu bersikap sopan dan menjaga etika. Tentunya tidak pantas jika Anda langsung meminta seseorang untuk menjadi mentor Anda, tanpa basa-basi sama sekali. Perkenalkan diri dan jalinlah interaksi dengan beberapa kandidat yang potensial. Tunjukkan bahwa Anda memiliki ketertarikan akan bidang

5. Mendatangi lembaga inkubator bisnis

Cara lainnya yang tak kalah tepat untuk mencari mentor adalah dengan mendatangi suatu inkubator bisnis. Inkubator bisnis adalah lembaga yang bertugas untuk membina para pengusaha agar bisnisnya dapat cepat berkembang. Inkubator bisnis menyediakan banyak bantuan, mulai dari memberikan informasi, memberikan bantuan modal, hingga menyediakan program mentoring dan pelatihan bisnis.

Banyak pihak yang membuka lembaga inkubator bisnis, lho. Beberapa perguruan tinggi memiliki inkubator. Selain itu, pihak swasta dan lembaga pemerintah juga mendirikan inkubator bisnis. Menarik sekali, bukan?

6. Mengikuti kegiatan volunteering

Menjadi volunteer atau relawan adalah cara ampuh lainnya untuk memperluas network dan bisa juga, menemukan mentor belajar bisnis. Kegiatan volunteering kerap kali melibatkan orang-orang dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, karyawan, bahkan pengusaha. Kesempatan yang cukup menarik, bukan?

Wah, ternyata lumayan banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menemukan mentor belajar bisnis, ya? Kira-kira, cara nomor berapa yang akan Anda lakukan?

Oh ya, selain dari mentor, Anda juga bisa belajar banyak hal tentang bisnis melalui berbagai artikel menarik yang telah Mebiso terbitkan, lho. Yap, jangan lewatkan berbagai artikel menarik seputar belajar bisnis hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomor satu.

Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by nappy from Pexels

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *