Start A Business

Bagaimana Entrepreneur bisa Belajar dari Sejarah McDonald’s

 
  • 2
    Shares

Loading...

Semua orang pasti ingin sukses, tetapi tidak banyak yang paham betul bahwa kesuksesan tidak pernah lepas dari kerja keras. Kesuksesan tidak datang dengan sendirinya karena kesuksesan hanya akan menghampiri jika dijemput dengan kerja keras. Agaknya di sini kita bisa belajar dari sejarah singkat McDonald’s, salah satu gerai restoran cepat saji yang namanya pasti sudah familiar.

Raymond Albert Kroc adalah sosok dibalik tenarnya nama McDonald’s hingga membahana sampai masa kini, namun bukan berarti Ray Kroc berhasil di upaya pertamanya. Saat berumur 15 tahun, Kroc pernah berbohong perihal usianya agar bisa mendapatkan pekerjaan sebagai sopir palang merah. Di akhir masa perang (awal 1950an), Kroc sempat menjajal sejumlah profesi lain seperti salesman gelas kertas, pianis, musisi jazz, anggota band, radio DJ, hingga kemudian, dia bekerja sebagai salesman mesin susu kocok. Dari sinilah Kroc menemukan sebuah potensi terpendam milik salah satu pelanggannya, yaitu McDonald’s.

Kala itu McD sudah jadi  salah satu restoran cepat saji terbesar di California. Namun sang pemilik bersaudara, Richard dan Maurice McDonald’s tidak tertarik menggembangkan bisnisnya. Maka dengan mengandalkan kepiawaiannya sebagai salesman, Kroc meyakinkan sang kakak beradik untuk memberikan keagenan eksklusif kepadanya.

Ray Kroc berhasil mendapatkan hak terbatas dari operasi restoran tersebut. Dia membuka outlet McDonald’s pertamanya tahun 1954 di Des Plaines, lllinois.

Melalui keringat, air mata, dan hampir seabad perjuangan turun temurun, kini gerai-gerai makanan cepat saji McD bisa kita temukan di sudut-sudut kota di negara kita, Indonesia.

Di samping kontroversi yang kemudian menghampiri Kroc, kita bisa mengambil pelajaran bahwa kesabaran, pantang menyerah, dan semangat juang adalah sifat milik orang sukses. Mereka yang menjadi pemenang tidak lepas dari kerja keras. Bahkan ‘junk food’ sekalipun bisa disulap menjadi emas yang berharga. Jadi Bagaimana dengan anda? :-)

Loading...

  • 2
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *