Technology

Bagaimana Fitur Terbaru Facebook Graph Search Bekerja

 
  • 1
    Share

   

Facebook akhirnya merilis fitur terbarunya: Graph Search. Alat pencarian ini mengambil data dari jaringan persahabatan anda untuk memunculkan hasil yang relevan terhadap pencarian people, photos, places, dan interests yang anda lakukan.

Kabarnya selama beberapa bulan, Facebook sempat kesulitan mencari nama untuk Graph Search. Karena mereka tidak ingin user mengasosiasikan fitur ini dengan Google Search. Dan faktanya keduanya memang benar-benar berbeda. Di pencarian Google, anda tidak akan menemukan hasil pencarian dengan kata kunci seperti “places I visited in 2010”, “photos of my friends taken before 1980” atau “restaurants my friends like” di Google. (Graph Search sementara hanya tersedia untuk Facebook in English / US saja. Maka kata kunci pencariannya pun sampai sekarang masih menggunakan Bahasa Inggris).

Nah, saya sempat iseng-iseng mencoba Graph Search. Hasilnya cukup seru!

Bagaimana Mendapatkan Graph Search.

Jika anda belum mendapatkan tampilan Graph Search, kunjungi alamat berikut: https://www.facebook.com/about/graphsearch. Kemudian klik “Try Graph Search”. Tampilan header anda akan berubah.

1-graph-search

Berikutnya, Anda bisa bereksperimen dengan kata kunci.

Misalnya melihat siapa saja sahabat anda yang menyukai sebuah page. Contohnya page Media Bisnis Online. Informasi di dalamnya sangat bagus lho, berisi tips-tips rutin bagi pengembangan bisnis Enterpreneur. Oke, promosinya sudah cukup. Nah, hasilnya jadi seperti ini:

2-graph-search

Kata kunci “People who like Media Bisnis Online”.

Isinya hanya orang-orang keren saja yang like Media Bisnis Online.

3-graph-search

Atau search Foto.

Misalnya dengan kata kunci “Photos of people who like Media Bisnis Online”. Terbukti kan, kalau hanya orang-orang keren saja yang like Media Bisnis Online

5-graph-search

Tidak juga.

Rupanya selain keren, mereka juga gila, penuh kesenangan, dan mountaineer.

6-graph-search

Dari sini, kita bisa tahu topik-topik apa yang menarik mereka. Data ini bisa kita manfaatkan untuk mengelola fans page kita.

Ada pula yang baru saya tahu.

Ternyata FB saya sempat dibajak. 3 tahun yang lalu! Ceritanya 3 tahun yang lalu memang sedang tren bajak-membajak akun FB yang dibiarkan terbuka di kantor saya. Cukup sampai disini, saya rasa anda tidak akan tertarik dengan cerita ini. Namun yang jelas, berkat Graph Search, anda mungkin akan menemukan apa yang tidak anda tahu sebelumnya. Meskipun datangnya 3 tahun kemudian (:

7-graph-search

Mencari Restoran terdekat dengan current location anda.

8-graph-search

Mencari referensi Movie untuk ditonton akhir pekan.

9-graph-search

Atau kombinasi-kombinasi menarik lainnya. Bagaimana, Anda sudah coba Graph Search?


  • 1
    Share

Artikel Terkait

2 komentar

  • 13 July 2013 - pukul 11:41

    Keren tips nya. Nanti saya coba.

  • 13 July 2013 - pukul 21:07

    mantab banget buat bantu marketing melalui FB

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *