Leadership

Bagi Pemilik Bisnis Online Jangan Abaikan 5 Hal ini

 
  • 18
    Shares

   

Apa yang kita pikirkan saat mendengar kata pemilik bisnis online? Apakah mereka yang berbisnis dengan mudah, santai dan tidak stres? Apakah mereka yang mendapatkan pemasukan besar setiap harinya? Apakah mereka yang tidak dekat dengan pelanggan? Tidak ada yang salah, karena setiap argumen bisa dicari pembuktiannya. Pemilik bisnis online memang mereka yang menjual produk tidak dari toko fisik, melainkan hanya dari website atau sosial media. Tidak pernah bertatap muka dengan pelanggan dan harus bersaing keras dengan kompetitor online mereka juga.

Nah tapi apa saja sih yang sebenarnya harus dilakukan oleh pemilik bisnis online agar bisa mencapai sukses? Berikut ini diantaranya:

1. Mengikuti trend

Sebenarnya mengikuti trend yang berkembang di masyarakat bukan hanya harus dilakukan oleh pemilik bisnis online, tapi oleh seluruh pemilik bisnis. Karena kita juga harus mengerti apa saja yang sedang disenangi, diinginkan dan paling dicari oleh masyarakat. Begitu pula dengan pemilik bisnis online. Mereka yang hanya dapat melihat tingkat laku dan kebutuhan pelanggan secara online tetap harus mengikuti trend yang akan terus berkembang.

Caranya tentu saja dengan melibatkan dan aktif di sosial media. Jangan takut dan ragu menggunakan sosial media untuk sekedar stalking atau tune in pelanggan Anda. Cari tahu apa yang akhir – akhir ini sedang banyak menjadi pembicaraan mereka, apa saja yang sedang nge-trend dan apa saja yang dibutuhkan dalam waktu dekat ini.

Bisnis online Anda memang tidak harus selalu mengikuti apa yang mereka butuhkan, tidak juga harus merubah setiap yang sudah ada menjadi seperti yang mereka inginkan. Tapi Anda bisa memberikan semacam penawaran atau bonus ketika berbelanja di toko Anda. Gunakan saja momen – momen tertentu untuk menarik lebih banyak minat mereka.

2. Mengikuti perkembangan sosial media

Perkembangan teknologi membuat kita harus selalu update terhadap perkembangan sosial media. Yang dulunya hanya mengenal Yahoo Messanger, mulai beralih mengenal Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan masih banyak lagi. Sebisa mungkin sebagai pemilik bisnis kita tahu dan mengerti perkembangan sosial media saat ini. Tidak perlu menggunakan semua jenis sosial media, karena itu tidak akan membuat Anda fokus.

Cobalah melihat sosial media apa saja yang menjadi pusat perhatian masyarakat dan paling banyak digunakan. Seperti Instagram yang kini menjadi salah satu contoh sosial media yang banyak digunakan oleh pebisnis online untuk menjual produk mereka, dan Anda pun bisa menggunakannya.

3. Menanggapi pertanyaan dan komplain

Pelanggan online memang tidak bisa kita temui langsung. Telepon dan pesan teks adalah jalur komunikasi yang bisa kita jangkau saat melayani pelanggan. Tapi itu bukan berarti Anda meremehkan setiap pertanyaan dan komplain yang masuk. Setiap pertanyaan sebaiknya Anda jawab, terlepas dari keputusan akhir yang membuatnya jadi beli atau tidak. Karena itu akan membuat Anda dikenal sebagai pemilik toko yang ramah dan pantas dijadikan partner.

Selain itu komplain yang masuk juga sebaiknya Anda terima. Karena Anda sulit mengobrol dan mendapatkan feedback dari pelanggan online, sedapat mungkin Anda memintanya sendiri. Meminta feedback kepada pelanggan online bisa melalui pesan teks ataupun telpon.

Selain itu untuk mendekatkan diri dengan pelanggan, pemilik bisnis online juga harus bisa menyatukan pelanggan, baik melalui akun fanspage sosial media atau komunitas yang Anda dirikan sendiri.

4. Memilih layanan toko online yang terbaik

Berbisnis online tidak lengkap rasanya tanpa memiliki toko online berupa website. Website ini juga sudah menjadi nyawa dari sebuah bisnis online. Sehingga banyak pebisnis online yang rela sibuk mencari dan membandingkan provider atau penyedia jasa pembuatan website toko online yang satu dengan yang lainnya.

Fokus mencari memang baik agar menemukan mana yang terbaik. Tapi alangkah lebih baik lagi ketika Anda lebih fokus mengembangkan bisnis melalui produksi barang, pengiriman dan juga pengembangan bisnis. Sehingga untuk website toko online bisa diserahkan kepada provider yang memang menyediakan segala kebutuhan untuk para pebisnis online.

Baik dari desain, sistem, domain, hosting sampai dengan perawatannya. Dan saat ini sudah tidak sulit lagi menemukan provider yang mengkhususkan diri mereka untuk menjadi partner bisnis online. Salah satunya yaitu Beon.co.id.

Baca juga: [Tips Memilih Penyedia Layanan untuk Bisnis Anda]

5. Memfokuskan diri dalam pengembangan bisnis online

Fokus yang bagaimana? Menurut Danton Prabawanto, CEO Beon Intermedia yang mengatakan pemilik bisnis online itu harus benar – benar fokus dalam pengembangan bisnis onlinennya, salah satu caranya adalah melalui kearifan lokal yang harus selalu ada.

Kita harus mencari apa yang membedakan bisnis kita dan mengembangkannya untuk bisnis online kita. Karena bisnis online adalah sebuah rana bisnis yang bersaing secara global, sehingga jika kita tidak memiliki perbedaan atau keunikan maka sangat sulit untuk berkembang dan sukses.

Seperti ketika Anda memiliki sebuah bisnis dengan kompetitor yang sangat banyak dan sulit untuk menunjukkan apa yang mengunggulkan bisnis Anda. Dari sini Anda bisa memulainya dengan menunjukkan pelayanan customer service yang baik. Membuat pelanggan mau mengunjungi, membeli dan akhirnya berlangganan.

Nah, ternyata pemilik bisnis online itu jauh dari kata santai. Mereka memang tidak harus pergi ke toko setiap pagi dan pulang malam hari. Tapi mereka akan jauh lebih sibuk dari merencanakan, memahami pelanggan, mengirim barang hingga mengevaluasinya. Untuk itu pemilik bisnis harus lebih fokus dalam mengembangkan usaha bisnis online mereka.

Baca juga:

10 Tips Agar Bisnis Online Anda Lebih Dipercaya

6 Tanda Bisnis Online Anda Sulit Mencapai Sukses

Tips Membangun Reputasi di Internet untuk Bisnis Anda

           
  • 18
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *