Running A Business

Bangun Merek Bisnis Kamu Secara Online Mulai dari Sekarang!

 
  • 18
    Shares

   

Menjadi sukses untuk sebuah usaha kecil memang cukup sulit, terlebih jika kita harus bersaing dengan jutaan pebisnis dan di dalam dunia dengan teknologi yang semakin canggih. Internet yang tidak terbatas adalah media yang sangat diandalkan untuk mengembangkan bisnis di masa kini. Setiap langkah yang kita lakukan untuk membranding bisnis kecil kita. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat sebuah website untuk bisnis kita.

Tapi sebelumnya, mari kita coba telisik apa saja yang harus kita lakukan untuk membranding bisnis kecil kita secara online.

Tahukah kamu mengapa membangun merek bisnis secara online itu penting?

  • Saat kita ingin memiliki jangkauan pelanggan yang sangat luas, kita akan membuat mereka mudah menemukan dan kembali pada bisnis kita. Bahkan ketika tidak ada penawaran ataupun promosi dari bisnis kita.
  • Membangun merek dan reputasi bisnis secara online akan membuat bisnis kita mudah untuk tumbuh dan berkembang. Branding secara online juga membuat customer kita semakin loyal. Karena kita juga memudahkan mereka dalam mendapatkan solusi dari bisnis kita.

Nah, yang harus kita lakukan agar branding online bisnis kita sukses adalah:

1. Kenali terlebih dulu audiens kamu

Memahami siapa pelanggan kita memungkinkan untuk memahami apa kebutuhan mereka, dan solusi apa yang mungkin bisa kita berikan untuk mereka.

Saat kita tahu siapa pelanggan kita, mudah bagi kita untuk mencari tahu dan merancang strategi marketing yang sesuai. Terlebih bagi pelanggan online, spesifikasi pelanggan harus jelas agar target yang kita tuju benar dan sesuai. Salah satu yang paling sering digunakan adalah kata kunci atau keyword saat kita mencari sebuah layanan/produk di internet.

Bahkan untuk lebih memudahkan kita membuat strategi marketing, data demografi pelanggan harus pas dan relevan. Mulai dari jenis kelamin, usia, status, pekerjaan, hingga pendapatan mereka. Semakin kompleks maka semakin mudah bagi kita untuk menentukan target pasar kita.

2. Mengikat pelanggan kita

Pelanggan yang sudah kita targetkan dan kita dapatkan harus benar-benar kita ikat. Melalui merek yang kita promosikan, mereka harus tahu apa yang kita tawarkan dan solusi apa yang bisa kita berikan untuk setiap masalah mereka. Caranya bagaimana?

  • Menonjol diantara pebisnis lainnya

Saat kita ingin mengikat dan terus diingat, yang paling penting adalah menunjukkan keahlian apa yang kita miliki. Apa solusi yang kita berikan untuk mengatasi masalah pelanggan. Bahkan kita harus bisa membuktikan solusi apa yang bisa kita berikan lebih dari yang orang lain berikan kepada mereka.

Salah satunya juga adalah dengan menciptakan nilai eksklusif atau profesional bagi bisnis kecil kita. Sekalipun startup atau UKM kita perlu untuk memberikan sesuatu yang berbeda bahka dari pesaing kita. Salah satu caranya yaitu melalui website yang bisa menunjang bisnis kita. Mulai dari website company profile, hingga website toko online dengan fitur yang kompleks seperti yang ditawarkan oleh Jagoanstore.com bagi para pemilik bisnis online. Dengan desain yang ‘kekinian’, fitur yang lengkap bahkan harga yang tidak memberatkan, sungguh patut dicoba.

  • Mintalah pendapat dari pelanggan

Jangan ragu untuk meminta pendapat dari pelanggan. Tanyakan kepada mereka apa yang membuat mereka memilih bisnis kita. Mintalah saran dan kritik bagi bisnis kita. Dengan begitu mereka juga akan merasa lebih dihargai.

  • Memberi pesan yang konsisten

Kita pasti melakukan banyak usaha untuk membranding bisnis kita secara online. Bahkan tidak cukup 2 atau 3 media untuk kita mempromosikan merek kita. Cara seperti ini tidaklah salah, justru semakin baik. Tapi seringkali kita tidak konsisten dalam memposting atau mempromosikan bisnis kita. Saat kita ingin lebih diingat pelanggan, cobalah untuk memunculkan promo atau merek kita lebih banyak atau lebih sering.

Merek yang konsisten akan memiliki nilai sebesar 20% lebih dari mereka yang hanya sesekali saja menampilkan mereknya. Sekalipun harus lebih sering memposting, tetap perhatikan target. Ada baiknya kita menggunakan zona atau wilayan yang lebih kecil, sehingga lebih terfokus.

3. Jadilah “brand” untuk membranding bisnis kita sendiri

Bagaimana orang mau mengenal dan mengingat merek bisnis kita, saat kita sendiri enggan untuk mengingat dan menjadi brand itu sendiri. Langkah yang bisa kita lakukan adalah:

  • Merek akan semakin kuat jika sering direkomendasikan

Membranding bisnis secara online memang berbeda dengan bisnis offline seperti biasanya. Untuk merek online, salah satu yang bisa kita gunakan adalah dengan menciptakan link yang menuju ke website kita. Semakin sering link itu dicantumkan di banyak postingan atau media, dan semakin banyak juga yang mengklik link tersebut, maka semakin naik keyword SEO yang kita buat.

  • Gunakan nama domain kamu sendiri

Tahu tidak jika sebuah domain memiliki peran penting untuk kita yang ingin sekali mengembangkan bisnis ke rana online yang lebih luas. Salah satu yang harus dilakukan adalah membuat dan membeli nama domain kita sendiri. Salah satu fungsinya adalah memudahkan pelanggan menemukan kita di internet. Selain itu dengan nama domain yang sesuai dengan bisnis kita maka pelanggan akan percaya bahwa bisnis kita memang benar asli dan terpercaya, hingga kita memiliki kontrol penuh terhadap konotasi merek kita.

Ada kalanya sebuah bisnis membeli banyak domain dengan konotasi yang mirip atau mendekati domain aslinya. Terlebih kini harga domain tidaklah mahal. Sangat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh para pebisnis yang akan melakukan branding secara online. Seperti yang dilakukan oleh Jagoanhosting. Semakin kita membeli banyak domain, maka harga yang harus dibayarkan akan semakin murah. Bahkan sebelumnya domain juga dijelaskan bahwa ia adalah investasi jangka panjang untuk sebuah bisnis.

Selain itu, kita juga akan lebih percaya diri dengan email yang sudah menggunakan nama domain kita dibelakangnya. Ini tentu sangat menguntungkan bagi pebisnis kecil yang sedang berusaha membranding bisnisnya secara online.

  • Gunakan sosial media

Sosial media kini bukan hanya disediakan bagi mereka yang ingin mencari dan menemukan orang lain yang jaraknya jauh. Sosial media kini banyak didiami oleh para pebisnis online. Dengan akun khusus bisnis mereka, mereka berusaha menarik perhatian kita untuk mengunjungi bahkan membeli produknya. Sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga path adalah sosial media dengan pengguna paling banyak hingga saat ini.

Tapi ingat sekalipun hanya di sosial media, keyword pencarian akan sangat memudahkan pelanggan apabila ia mudah dieja dan mudah diingat. Sebelum itu gunakan terlebih dulu URL custom singkat dan kemudian dapat kita bagikan di sosial media. Sosial media juga tempat yang sesuai bagi kita untuk meminta pendapat atau feed back dari pelanggan tentang bisnis kita. Bahkan sosial media adalah media yang GRATIS untuk kita berpromosi atau memasang iklan.

  • Jangan abaikan Packaging produk

Setelah kita melakukan optimasi secara online mulai dari website, domain, hingga sosial media, tidak lengkap dan sangat kurang rasanya jika kita menyepelekan desain dan fungsi kemasan produk kita. Packaging atau kemasan dibuat untuk memudahkan pelanggan mengingat dan tidak jarang merekomendasikan kita ke orang lain. Seperti hal yang sepele tapi jika diabaikan juga akan membuat kita rugi.

  • Pastikan setiap informasi yang tercantum sama dengan yang lainnya

Jika kita menggunakan banyak media untuk berpromosi, pastikan informasi di website dan sosial media adalah informasi yang sama. Mulai dari gambar profil hingga deskripsi kita. Konsistensi kita dalam membangun merek mulai dari kata kunci hingga gambar yang digunakan adalah rahasia agar bisnis kita menggapai sukses.

Nah, saat kamu sudah tahu kenapa promosi bisnis online itu penting, kini saatnya kamu membuat bisnis kamu untuk Go Online. Semakin hari teknologi semakin berkembang. Sosial media hanya sebagai pelengkap bagi bisnis ataupun startup yang sedang kamu kerjakan. Lebih dari itu ada media utama yang memang harus kamu miliki dan gunakan yaitu, website dengan nama domain sesuai bisnis kamu, desain yang sesuai dengan konsep bisnis kamu hingga model pelayanan di dalamnya yang harus sesuai dengan goals bisnis kamu. Nama domain pribadi juga menentukan mudah atau tidaknya bisnis online kita menarik minat pembeli bahkan sekedar pencari. :)

Lalu bagaimana dengan kamu? :)

           
  • 18
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *