Leadership

4 Tips Jadi Pribadi yang Lebih Tepat Waktu

 
  • 1
    Share

Loading...

Seringkali kita dengar istilah “jam karet” jadi familiar dengan kultur orang Indonesia. Contohnya, ketika mendapatkan pesan untuk meeting pada pukul 19.00 bersama 30 orang lainnya. Pengidap jam karet dengan entengnya akan bilang “Ah pasti acaranya baru dimulai pukul 19.30”. Dan rupanya, meetingpun baru dimulai sekitar pukul 19.30. Dari sini bisa kita tarik kesimpulan bahwa kita sudah membuang waktu produktif milik orang lain sebanyak 15 jam (30 orang x 1/2 jam).  15 jam bukanlah waktu yang pendek dan akan sangat disayangkan bila waktu tersebut terbuang hanya untuk menunggu. Padahal waktu tidak bisa dibeli. Kita tidak akan bisa menggantikan 15 jam waktu yang sudah kita buang. Jadi, Apa yang harus anda lakukan?

1. Jangan membuat janji yang Anda sendiri tahu tidak dapat Anda tepati

Ada pepatah bilang “Never promise over something that you can’t deliver”. Apabila kita sudah memutuskan untuk melakukan suatu agenda pada waktu tertentu, maka tepatilah! Karena ketika menyusun agenda itu, kita sudah mengikat janji pada diri kita dan orang lain.

2. “Mempercepat waktu”

Bukan sekedar mempercepat jarum panjang di arloji atau angka menit di smartphone kita. Melainkan mengubah mindset kita untuk membiasakan diri datang beberapa menit lebih awal di banding acara. Misalnya apabila ada agenda meeting pukul 10.00, maka kita bisa merubah mindset kita bahwa agenda meeting akan dimulai pukul 09.50.

3. Perbaiki Habit

William Shakespeare pernah berkata “Better three hours too soon, than one minute too late”. Karena, jika kita sudah terbiasa datang lebih awal, maka kata “terlambat” akan sedikit demi sedikit terhapus dari habit kita.

4. Gunakan alarm/reminder

Smartphone adalah asisten kita paling setia. Jadi, alat sudah ada. Tinggal kemauan untuk memperbaiki diri saja yang perlu diperbaiki. :-)

William Penn berkata “Time is what we want most, but what we use worst”. Jadi, bagaimana dengan waktu anda?

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *