Start A Business

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Bisnis Online pada Tahun Pertama

 
  • 17
    Shares

   

Perkembangan teknologi dan segala aspek bisnis saat ini mempengaruhi pemikiran masyarakat untuk dapat berbisnis dengan mudah dan mendapatkan pendapatan yang berlipat. Salah satu alternatif yang banyak dilakukan saat ini adalah dengan mendirikan sebuah bisnis online. Bisnis online bukan hanya digunakan oleh pengusaha yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis, tapi para pelaku bisnis baru juga sudah banyak yang menggunakan bisnis online sebagai media mereka. Namun bagaimana cara pebisnis online baru ini dalam mengoptimalkan bisnis online mereka, terlebih di tahun pertama? Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan.

1. Hati – hati saat membuat target online

Sebenarnya bukan hanya bisnis online yang harus memikirkan dengan baik target pasar mereka, tapi hampir semua jenis bisnis harus tahu apa, bagaimana, untuk siapa dan kapan produk mereka harus dijual. Ini menyangkut tertarik tidaknya pasar terhadap produk yang kita luncurkan. Mentargetkan pasar memang tidak semudah yang dibayangkan, terlebih untuk media online. Kita harus tahu benar kepada siapa kita akan memasarkan produk itu. Jika kita memiliki sebuah website, website kita harus benar – benar ditujukan kepada pasar kita. Jika tidak maka kecil kemungkinan orang yang tahu akan tertarik dan membeli produk kita.

2. Membuat konten berkualitas tinggi

Kekuatan dari bisnis online adalah adanya konten yang berkualitas serta mampu menarik perhatian audiens yang melihatnya. Karena bisnis online tidak dapat menjelaskan dan menunjukkan produk mereka secara langsung kepada konsumen. Mereka hanya dapat menjelaskan dan memberikan gambaran di media online yang digunakan. Itu sebabnya jika konten yang dibuat tidak menarik dan tidak cepat ketika diakses maka pengunjung akan malas melanjutkannya. Jadi penting bagi setiap pemilik bisnis online yang baru memulai untuk memaksimalkan pembuatan dan publikasi kontennya.

3. Menciptakan pengalaman bagi pengunjung

Untuk menarik perhatian pengunjung situs untuk membeli produk kita, terlebih dahulu kita harus memberikan apa yang mereka butuhkan. Salah satu contohnya yaitu seperti memberikan fitur lengkap untuk setiap proses belanja yang mereka lakukan. Pastikan mereka mendapatkan kemudahan dan kenyamanan berbelanja di toko online Anda. Karena saat mereka merasa sulit dan bingung menggunakan website Anda, maka minat mereka untuk membeli sangatlah kecil.

4. Maksimalkan teknologi mobile

Perkembangan teknologi memberikan keuntungan besar bagi setiap proses bisnis di masyarakat. Salah satu yang dapat dirasakan pengaruhnya adalah penggunaan perangkat mobile untuk memenuhi segala kebutuhan atau aktifitas masyarakat. Dan kini berbelanja online bukan hanya mengharuskan kita untuk melakukannya lewat PC atau laptop, tapi perangkat mobile juga sudah menjadi media yang digunakan. Untuk itu sebagai seorang pemilik bisnis online baru, perlu kiranya kita mengetahui dan mengikuti trend yang ada, seperti penggunaan perangkat mobile untuk berbisnis online. Media yang digunakan bisa berupa website versi mobile, sosial media dan applikasi chatting lainnya.

5. Mengintegrasi saluran penjualan

Sekalipun kita memang berjualan secara online, tapi bisnis online tidak terbatas pada penggunaan internet didalamnya. Kita tentu akan sangat membutuhkan peranan dari promosi dan penjualan secara offline. Ini lebih kepada membangun citra atau kepercayaan customer kepada bisnis online kita. Anda dapat menyampaikan kepada customer Anda bahwa bisnis online Anda menyediakan COD untuk produk tertentu. Dari sini Anda dapat melakukan pendekatan dan promosi kepada pelanggan Anda secara online dan offline juga.

6. Pertimbangan untuk berlangganan

Setiap bisnis tentu ingin jika banyak yang berlangganan membeli produk di toko mereka. Begitupula dengan kita yang berjualan secara online. Penting bagi kita untuk menentukan apakah akan ada program berlanggan atau tidak untuk pelanggan. Kita juga harus tahu apakah kita mampu memberikan layanan berlangganan kepada pelanggan – pelanggan kita. Itu semua bisa kita lihat dari analisis terhadap produk apa saja yang paling laris pada satu waktu. Dari sini kita bisa menanyakan kepada pelanggan, apakah mereka ingin berlanggan atau tidak. Contoh lainnya adalah mengajak atau menawarkan customer untuk berlangganan katalog atau e-book dari toko online Anda.

7. Cek selalu ketersediaan

Bisnis online memang tidak memajang produk mereka dalam satu etalase atau lemari di dalam toko yang dapat dilihat oleh pelanggan mereka. Sehingga lebih sulit mengetahui produk apa saja yang masih banyak dan sudah hampir habis. Terlebih bagi pemilik bisnis online yang tidak rajin dalam melakukan pengecekan ketersediaan produk. Kita juga tidak bisa tahu apakah pelanggan yang memesan dalam satu waktu itu sedikit atau banyak. Sehingga memang sangat penting bagi kita untuk melakukan pengecekan ketersediaan produk secara berkala.

8. Gunakan perantara

Salah satu cara agar produk toko online kita banyak dikenal oleh customer atau pasar yang lebih luas adalah dengan menggunakan jasa perantara. Jika dalam bisnis online kita mengenal apa itu reseller. Kita bisa memberikan dan menawarkan program reseller untuk produk kita. Melalui reseller kita akan dengan mudah memperkenalkan merek dan memasarkan produk kita ke pasaran. Itu juga merupakan cara yang bisa digunakan untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Sehingga bukan hanya diri kita yang terbantu, tapi banyak orang yang menjadi terbantu dengan adanya program reseller ini.

9. Memikirkan rencana jangka panjang

Dalam berbisnis online Anda tentu memiliki mimpi dan rencana besar untuk bisnis online Anda, bukan hanya sekedar pada profit penjualan, tapi juga bisa dari jangkauan pasar yang akan lebih luas beberapa waktu mendatang. Semua rencana besar kedepan harus benar – benar Anda buat dan lakukan. Karena bisnis online merupakan bisnis yang mengikuti perkembangan teknologi setiap waktunya. Jika Anda tidak memiliki rencana kedepan, Anda akan sulit untuk berkembang di dunia bisnis online.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Go Online

Perlukah Menggunakan Payment Gateway untuk Bisnis Online Anda?

10 Alasan Kenapa Pebisnis Online Harus Membuka Toko di Dunia Nyata

           

  • 17
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *