Running A Business

Beberapa Kesalahan dalam Mengelola Keuangan yang Perlu Anda Hindari

 
  • 11
    Shares

   

Banyak orang yang sudah bekerja selalu mengeluhkan kehabisan uang sebelum gajian berikutnya tiba. Padahal gaji yang di dapatkan perbulan sudah lebih dari cukup untuk di tabung sebagian. Bahkan ada yang sampai memiliki hutang di kartu kredit atau di rekan kerjanya. Padahal Anda sudah berjanji dengan diri Anda sendiri untuk mengurangi pengeluaran. Tapi Anda tidak pernah bisa untuk menepati janji itu.

Hal ini bisa saja terjadi karena Anda tidak mengetahui beberapa kesalahan dalam keuangan yang bisa membuat uang Anda selalu habis walaupun gaji Anda terus bertambah.

Berikut saya informasikan beberapa kesalahan tersebut. Semoga bermanfaat :)

1. Tidak memiliki/membuat anggaran

Anggaran dalam keuangan seperti halnya sebuah pondasi utama. Karena, tanpa anggaran kita tidak akan pernah tau keluar masuk uang kita. Sehingga, uang bisa keluar tanpa terkontrol. Maka dari itu, anggaran bisa menjadi solusi untuk mengatasi problem tersebut. Kenapa begitu? Karena sebelum uang benar-benar keluar/dipergunakan, kita terlebih dahulu membuat anggaran pengeluaran apa saja yang benar- benar di butuhkan pada waktu itu. Dan dengan uang yang ada, Anda harus merencanakan dan memikirkan dengan matang-matang, barang apa saja yang sangat Anda butuhkan dan yang bisa di tunda dulu. Kalau perlu, Anda harus membuat catatan pengeluaran Anda setiap bulannya, supaya benar-benar terkontrol pengeluaran Anda :)

2. Berbelanja tanpa ada prioritas

Belanja tanpa ada prioritas pasti akan menguras habis uang di kantong Anda. Apalagi untuk Anda yang suka shopping. Melihat barang bagus sedikit pasti selalu ingin membeli. Padahal barang tersebut bukanlah prioritas utama yang termasuk dalam kebutuhan primer. Sangat disayangkan jika hal ini benar-benar terjadi kepada Anda. Jadi, setiap Anda mendapatkan gaji, belilah barang yang sudah masuk dalam daftar anggaran Anda. Dan pastikan mendahulukan kebutuhan primer Anda, jangan mendahulukan kebutuhan sekunder.

3.  Tidak merencanakan pengelolan uang untuk masa depan

Mengelola uang untuk masa depan ini sangat penting juga. Karena ini sedikit banyak untuk investasi masa depan kita. Investasi tidak cukup dengan kepandaian saja. Akan sangat lengkap jika Anda memiliki ke dua investasi tersebut. Jadi, setelah gajian dan membuat anggaran yang sudah ada prioritasnya, jangan lupa menyisakan beberapa persen dari gaji Anda untuk di tabung. Jika dengan menabung sendiri Anda kawatir karena uangnya akan di ambil, Anda bisa menabung di bank, atau mungkin mengikuti asuransi. Saat ini banyak sekali macam-macam asuransi yang di tawarkan :)

4. Menyepelekan hutang

Segeralah lunasi hutang Anda jika memiliki hutang. Karena, menunda-nunda membayar hutang bukanlah cara yang tepat untuk bisa mengatur keuangan. Segera lunasi hutang Anda saat sudah ada uang, dan jalankan cara nomor 1,2, supaya bisa mengashilakan yang nomor 3. Dan selanjutnya, jangan lagi membiasakan untuk berhutang.

Baca juga: 

Bisnis Online Anda Juga Harus Punya Manajemen Finansial! Inilah Keempat Alasannya

Serial Akuntansi: Cara Membuat Jurnal Transaksi

Ayo Mulai Pembukuan Sederhana untuk Bisnis Anda

           
  • 11
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *