Technology

Beda Antara Google Webmaster dan Google Analytics

 
  • 1
    Share

Loading...

Banyak sekali yang bertanya pada saya mengenai apa perbedaan antara Google Webmasters Tools dengan Google Analytics. Kedua fitur ini dianggap sama. Padahal, ada beberapa perbedaan signifikan di antara keduanya. Oleh karenanya, kali ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa perbedaan dari segi fungsi dan fitur-fitur yang disediakan dari kedua alat yang bukan main manfaatnya bagi website anda.

1. Google Webmasters Tools

Di dalam Google Webmasters Tools terdapat banyak fitur yang dapat digunakan untuk  melakukan beberapa maintenance terhadap website Anda. Seperti: Bagaimana search engine melihat web Anda, Apakah upaya SEO anda sudah benar, Apakah website anda sudah aman dari malware, dan berbagai macam performa website, semisal dari sisi server. Beberapa fitur yang terdapat di dalam Google Webmaster di antaranya:

Crawling

Istilah crawl sendiri merupakan sebutan dari tingkah laku mesin pencari ketika membaca konten website anda. Jadi melalui fitur Crawling, anda dapat mengatur bagaimana Google melakukan crawl terhadap website anda. Di sini anda dapat memberikan informasi kepada Google mengenai halaman mana yang  boleh/tidak boleh dimasukkan dalam daftar pencarian Google.

Links

Melalui fitur ini, anda bisa mendapatkan informasi mengenai jumlah link internal dan eksternal yang anda pasang dan apakah di antaranya ada link-link broken yang harus segera diganti / diperbaiki.

Configuration

Configuration mampu memberi informasi penting seputar website Anda seperti sitemaps, target pengunjung, dan setting URL. Semuanya sangat erat kaitannya dengan upaya SEO anda.

Diagnostic problems

Webmaster Tools mampu mengirimkan pemberitahuan jika website Anda terindikasi oleh infeksi malware. Di sini, anda bisa mendapatkan informasi mengenai apa-apa saja yang perlu diperbaiki pada website Anda agar situs Anda tidak diblokir oleh Google. Selain itu, dia juga dapat menunjukkan kesalahan HTML seperti duplicate meta, long description meta, dan lain – lain.

2. Google Analytics

Google Analytic sama seperti Google Webmaster Tools. Sama – sama gratis. Namun jika menyangkut fungsi, dia benar-benar jauh berbeda. Google Analytic mampu memberikan informasi tentang kebiasaan dari pengunjung website Anda. Informasi ini berguna untuk menentukan langkah apa yang harus Anda ambil selanjutnya. Misalnya membuat rencana promosi, rancangan tampilan website anda, dlsb. Beberapa fitur Google Analytics di antaranya:

Visitors

Melalui menu Visitor, anda bisa mendapatkan informasi dengan lebih detail tentang berapa banyak pengunjung dalam sehari, jumlah pengunjung unique, jumlah pengunjung bounce (pengunjung yang datang lalu pergi), dlsb. Anda juga bisa mendapatkan data dari mana pengunjung yang datang ke website Anda.

Traffic

Anda bisa mengukur kata kunci apa saja yang paling banyak mendatangkan pengunjung. Kemudian membuat strategi yang diperlukan. Misal jika membuat sebuah promo, dengan fitur ini kita bisa menganalisa seberapa efektif promo yang kita lakukan.

Habit

Di sini, anda bisa mengamati kebiasaan pengunjung website Anda. Misalnya ketika ada pengunjung yang masuk ke salah satu halaman website Anda, maka pengunjung tersebut akan membuka halaman apa lagi? Lalu pada hari atau jam – jam berapa traffic website Anda akan meningkat. Saya rasa, di sini anda sudah terbayang kegunaan apa saja yang dapat anda lakukan dengan fitur ini.

In-Page

Di sini, Anda dapat mengetahui berapa prosentase halaman dari website yang sering dibuka dan berapa prosentase link yang diklik. Hal ini sangat berguna dalam membuat content yang friendly agar pengunjung yang datang ke website anda bisa terarah sesuai yang diinginkan. FYI, saat ini sudah ada fitur live report di dalamnya. Jadi Anda bisa mengetahui pengunjung website Anda secara real time.

Nah itulah beberapa perbedaan fungsi dari Google Webmasters Tools dengan Google Analytics. Jika di website Anda belum terpasang keduanya, silakan ikuti Panduan Registrasi Google Analytics untuk Website dan Panduan Registrasi Google Webmaster. Semoga bermanfaat JagFamily ;-)

Loading...

  • 1
    Share

5 komentar

  • 23 Mei 2013 - pukul 9:59

    Ooo.. hehehe.. Baru ngeh. Makasih infonya.. bermanfaat banget! :)

  • 23 Mei 2013 - pukul 16:56

    Buat pemula, lebih baik dikupas tuntas ttg cara penggunaan ke duanya…

    agar mereka bknhanya tau tp dpt memanfaatkan fungsinya :D

    Sukses buat mediabisnisonline.com ;)

    • Administrator
      23 Mei 2013 - pukul 17:06

      Siap, terimakasih sarannya. Next akan kita sampaikan secara lebih detail ;-)

  • 14 Januari 2014 - pukul 20:21

    Artikelnya bagus,,
    bermanfaat banget,,
    thanks

    • Administrator
      14 Januari 2014 - pukul 20:48

      terima kasih kembali :-)
      Semoga bermanfaat

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *