Running A Business

Beginilah Ciri Ketika Perusahaan Anda Memiliki Budaya yang Kuat

 
  • 25
    Shares

   

Hampir semua perusahaan menginginkan memiliki proses bisnis yang lancar sampai dengan sistem perusahaan yang mampu membawa mereka untuk terus tumbuh dan berkembang. Salah satu yang membuat sebuah perusahaan mampu berjalan dengan sangat baik adalah adanya culture atau buday ayang diterapkan di dalam perusahaan. Keselarasan visi dan misi perusahaan dengan karyawan akan membuat sebuah perusahaan bisa bertahan sampai jangka waktu yang bahkan pemiliknyapun belum memikirkannya.

Sebagai pemilik bisnis sukses termasuk Anda, pasti menginginkan sebuah budaya perusahaan yang mampu membuat karyawan betah untuk berkarya dan membantu mencapai target perusahaan. Namun sebelum itu penting bagi Anda utnuk mengetahui bagaimana sebuah budaya perusahaan yang benar-benar kuat dan menguntungkan perusahaan.

1. Karyawan selalu ingin memperpanjang kotraknya

Dalam sebuah perusahaan kontrak kerja selalu saja diberlakukan bagi karyawan. Dalam kontrak ini memuat banyak hak dan kewajiban baik dari sisi perusahaan ataupun dari sisi karyawan itu sendiri. Di saat perusahaan Anda dikenal dengan budaya yang menyenangkan dan menguntungkan siapapun yang berada di dalamnya dan terlibat dalam proses bisnisnya, tentu saja akan ada banyak orang yang mengantri untuk menjadi bagian darinya. Baik sebagai karyawan atau hanya sebagai pelanggan.

Sebuah perusahaan dengan budaya yang kuat akan memiliki daya tarik tersendiri bagi orang yang sedang mencari pekerjaan. Mereka dengan mudah akan mempertimbangkan dan bahkan menjadikan perusahaan Anda menjadi prioritas pada list pencarian mereka.

Selain itu, karyawan juga dengan senang hati akan memperpanjang kontrak mereka. Selain karena mereka sudah terlalu nyaman dengan pekerjaan dan suasananya, mereka juga ingin lebih lama menjadi bagian dari perusahaan Anda.

2. Perputaran karyawan rendah

Ketika karyawan yang berada di perusahaan sudah nyaman dengan budaya yang dibangun, tentu saja karyawan tidak akan meninggalkan perusahaan tersebut. Terlebih ketika suasana membuat mereka senang dan gembira setiap hendak sampai pekerjaan selesai.

Tidak akan banyak orang yang pergi dan datang dalam jumlah yang sama. Perputaran karyawan tentu akan sangat rendah. Justru akan membuat karyawan di dalamnya bertambah jumlahnya.

3. Selalu ada senyum dan tawa

Apa yang terjadi ketika Anda datang ke sebuah perusahaan sebagai pelanggan atau karyawan? Adakah salam hangat, senyum bahkan canda tawa ketika sedang mengobrol dengan orang di dalamnya? Jika ada, maka SELAMAT bahwa Anda telah berada di dalam sebuah perusahaan dengan budaya yang sangat HEBAT.

4. Tidak ada gosip yang tidak berarti

Ketika sebuah perusahaan memiliki budaya yang positif tentu tidak akan ada gosip atau karyawan yang bergunjing dengan karyawan lainnya. Akan selalu ada toleransi di antara karyawan dengan karyawan, karyawan dengan atasan bahkan perusahaan dengan pelanggan.

5. Bukan hanya “pekerjaan” yang terjadi di dalam perusahaan

Sebuah budaya perusahaan yang kuat akan membuat setiap karyawan yang datang di pagi hari tidak melulu memikirkan apa yang akan ia kerjakan. Namun lebih memikirkan apa yang akan ia dapatkan dan hasilkan hari itu. Mereka lebih menikmati apa yang mereka kerjakan, terlepas dari apapun target yang ditetapkan perusahaan kepadanya.

6. Karyawan selalu bersemangat

Selain itu budaya perusahaan yang positif akan memberikan kekuatan dan semangat kepada karyawan untuk bekerja. Untuk menyelesaikan tugas mereka, bahkan memberikan lebih dari yang sekedar mereka harapkan. Mereka bahkan berlomba-lomba untuk saling mencari dan memberikan solusi di dalam sebuah tim.

7. Selalu merangkul ide-ide baru

Karyawan dengan semangat kerja yang tinggi tentu produktif dalam menciptakan ide-ide baru. Mereka tidak takut untuk mengungkapkan dan mempertahankan pendapatkan. Dan perusahaan yang baik akan merangkul setiap ide yang diungkapkan karyawannya. Bukan berarti selalu diterima, namun menjadi bahan pertimbangan untuk mencapai tujuan yang sama.

8. Selalu ada komunikasi terbuka

Tidak ada sesuatuyang disembunyikan selama bukan dalam konteks “privacy” diri seorang karyawan. Sehingga apapun yang terjadi harus dan sudah sewajarnya dikomunikasikan antar karyawan ataupun dengan atasan. Sebuah budaya perusahaan yang positif memiliki komunikasi terbuka yangsangat baik. Saling mendengarkan dan memberikan masukan adalah salah satu yang bisa dilakukan. Tujuannya jelas untuk mendapatkan informasi yang memang perlu untuk didapatkan.

5 Formula Rahasia Para Pebisnis Milyaran

Nah, begitulah kiranya sekelumit rahasia yang membuat sebuah perusahaan dengan budaya yang positif mampu tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Namun ini tidak akan berjalan dengan baik ketika peran seorang pemimpin perusahaan tidak dijalankan dengan maksimal. Untuk itu penting bagi Anda yang sedang menitih karir dan membangun perusahaan belajar bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik dan mampu memimpin perusahaan untuk tumbuh dan bahkan mencapai target yang telah ditetapkan. Ketahui lebih banyak rahasia menjadi pemimpin yang mampu membawa bisnisnya berkembang dengan mendownload Ebook The Bilionaires Blueprint sekarang juga.

           
  • 25
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *