Start A Business

Belajar Ilmu Bisnis dengan Memahami Filosofi Infinite Game

 

Belajar Imu Bisnis – Saat ini sudah banyak bertebaran platform dan kanal daring yang menjadi wadah masyarakat untuk belajar ilmu bisnis. Salah satunya podcast dalam Spotify atau YouTube. Hal ini juga turut dilakukan oleh sejumlah public figure dalam membuat konten podcast. Salah satunya Deddy Corbuzier.

Dalam salah satu konten podcast-nya, Deddy Corbuzier mengundang William Tanuwijaya untuk membahas seputar duia bisnis. Dalam konten tersebut sempat disinggung perihal filosofi bisnis infinite game.

Pernahkah Anda mendengarnya? Lantas, apa maksud dari filosofi tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

Awali belajar ilmu bisnis dengan memahami apa itu infinite game

Infinte game mengacu pada “permainan tanpa batas” yaitu sebuah permainan jangka panjang di mana perusahaan dituntut untuk terus berproses menjadi lebih baik, dan lebih baik lagi dari waktu ke waktu. Permainan di mana perusahaan dituntut untuk selalu mencoba memberikan yang terbaik kepada konsumen dan stake holder perusahaan dari waktu ke waktu.

Memahami aturanya juga perlu dalam belajar ilmu bisnis

Sejatinya, tidak ada aturan baku karena semua aturan bisa berubah seiring berkembangnya banyak hal seperti teknologi, kebijakan, gaya hidup, dll. Contohnya, aturan yang mulanya berlaku dalam sektor departmen store konvensional menjadi berubah sejak adanya e-commerce yang menjual pakaian secara online. Atau bisnis kuliner konvensional yang berubah karena munculnya delivery online.

Namun, ini adalah “permainan” di mana Anda dituntut untuk bisa berkembang dan bertahan selama mungkin di dalam permainannya. Anda diharuskan bisa bertahan dalam waktu lama melalui berbagai proses, inovasi, dan bahkan perubahan yang ekstrim, yang intinya tetap membuat Anda bertahan dalam waktu lama.

Ingin tetap berada dalam permainan? Teruslah berinovasi!

Infinite game menyajikan banyak perubahan yang belum tentu bisa kita antisipasi, maka bangunlah inovasi di dalam perusahaan kita, sehingga bisnis Anda tetap relevan. Adanya pandemi COVID-19 sudah cukup menjadi contoh yang tepat. Ada banyak bisnis yang berhasil bertahan karena berinovasi, ada yang bahkan lebih maju dari sebelumnya, tapi ada juga yang akhirnya tutup karena tidak melakukan inovasi atau tidak cukup melakukan inovasi.

Stake holder juga jadi faktor penting

Penting sekali dalam infinite game untuk terus menciptakan manfaat bagi setiap stake holder di dalam perusahaan secara berlanjut, sehingga game plan ini mendapat dukungan Jangan cuma berpikir jangka panjang untuk terus berkembang, tapi kesejahteraan karyawan dan pemegang saham kemudian terabaikan, karena biar bagaimanapun infinite game perlu kerjasama dengan semua pihak untuk bisa sukses.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait infinte game yang sempat disinggung dalam podcast Deddy Corbuzier bersama William Tanuwijaya. Jika Anda semakin tertarik memelajarinya, simak artikel Mebiso lainnya ya!
(dok. Pexels)

Baca juga:

Tips Branding Konten Bisnis untuk Menarik Pelanggan

Kenali Tips Memperluas Jaringan Bisnis yang Efisien

Kiat Mengasah Keterampilan Wirausaha untuk Menambah Peluang Bisnis


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *