Interviews

Berbagi Cerita Enterpreneur bareng Bagus Permadi, Founder BajuSenamGrosir.com

 
  • 67
    Shares

   

Bagus Permadi Prajitno adalah founder bajusenamgrosir.com, sebuah toko online yang khusus menjual baju senam wanita. Kami tertarik untuk mengupas profil beliau karena bajusenamgrosir.com membuktikan bahwa ada banyak alternatif yang layak dicoba ketika anda memutuskan untuk terjun sebagai enterpreneur toko online. Maka di sebuah kesempatan, Bagus Permadi berbagi banyak hal mengenai cerita pengalamannya menjalankan bajusenamgrosir.com.

Halo mas Bagus, obrolan kita mungkin bisa dimulai dengan menceritakan tentang bisnis anda.

Penjualan bajusenamgrosir.com mulai sejak Februari 2010. Pada saat itu, ketika sedang mengikuti seminar Fabian Lim, saya tidak sengaja bertemu dengan salah satu orang yang kemudian jadi partner bisnis saya. Hingga kini, koleksi baju senam aerobik kami sudah mencapai 20 macam variasi dan di database kami sudah tercatat ada sekitar 2500 customer.

Boleh dong mas, ceritakan tentang profil pelanggan Anda dan pengalaman menarik yang pernah anda dapat ketika melayani pelanggan?

95% customer bajusenamgrosir.com adalah wanita berusia 25-45 tahun. Pernah seorang customer kami di Papua mereferensikan sebuah jasa ekspedisi yang bisa kirim hari ini, besoknya bisa sampai ke sana. Informasi seperti ini menurut saya hanya bisa kita dapat ketika kita punya komitmen yang kuat untuk fokus. Inilah yang membuat profesi sebagai enterpreneur menjadi menarik untuk dijalani.

Kalau boleh tahu, apa latar belakang pendidikan Anda?

Saya alumni ITS Jurusan Teknik Informatika.

Dari informatika, kenapa tertarik untuk terjun ke dunia enterpreneur?

Karena sejak kecil, saya suka jualan.

Menurut anda, apa pengorbanan terbesar anda ketika memutuskan untuk terjun sebagai enterpreneur?

Mungkin bisa dibilang enterpreneur itu investasi dari segi waktu dan dana. Namun saya tidak merasa berkorban apapun karena saya menikmati aktivitas demi aktivitas saya setiap harinya.

Apa pengalaman paling berkesan selama menjalankan bajusenamgrosir.com?

Saya masuk dunia jual beli online di tahun 2010 ketika belum banyak orang yang percaya dengan model ini. Jadi apa yang paling berkesan bagi saya adalah bagaimana bajusenamgrosir.com sedikit banyak bisa membantu memberikan edukasi pada masyarakat bahwa model jual beli online tidak kalah terpercaya dengan jual beli offline.

Bagaimana anda meyakinkan customer yang susah percaya terhadap model jual beli online?

Kita adalah satu-satunya toko online yang berani kirim barang di muka, dan bayar di belakang. Ketika ada customer yang merasa ragu-ragu, maka barangnya akan kita kiriman dulu baru kemudian mereka boleh bayar setelah barang mereka terima. Apa tidak rugi? Alhamdulillah selama ini tidak ada penipuan. Lagipula langkah ini dilakukan setelah kami melakukan perhitungan yang cukup matang dimana nilai barang sebanding dengan nilai resiko.

Bicara tentang kondisi saat ini. Apa tantangan yang anda hadapi di tahun ini?

Pelanggan sekarang cenderung masih susah pakai shopping cart. Padahal penggunaan shopping cart tidak lain adalah untuk kenyamanan di jangka panjangnya. Sepintas memang merepotkan. Namun dengan adanya shopping cart dan tagihan yang bisa di-print out, maka order pelanggan bisa lebih mudah untuk dipertanggungjawabkan.

“Keunikan customer Indonesia adalah selalu minta dilayani. Namun seiring pertumbuhan umur, mereka menyimpan prospek yang besar. Loyalitas mereka tidak akan terbeli. Maka bisnis yang sukses membaca kebutuhan pasar dan melakukan edukasi adalah mereka yang akan survive.”

Beda antara bajusenamgrosir.com dan bisnis lain dengan konsep serupa?

Kami memposisikan diri sebagai penjual yang baik. Kita mengutamakan servis untuk melayani dengan hati. Ketika sedikit saja pelanggan kami bilang kalau barang yang mereka terima kekecilan atau warnanya kurang cocok, maka kita akan langsung tarik dan ganti baru. Customer cuma kehilangan ongkos kirim.

Tagline bajusenamgrosir.com adalah Baju Senam Berkualitas Harga Grosir. Bagaimana Anda menjaga kualitas terbaik dan harga?

Untuk menjaga kualitas barang, secara khusus kita ada bagian Quality Control yang akan check manekin setiap ada barang datang sehingga customer selalu merasa harga yang mereka bayarkan sepadan dengan apa yang mereka dapatkan.

Apa prestasi terbesar bajusenamgrosir.com menurut anda?

Membuat setiap customer kami puas adalah prestasi yang sangat besar bagi saya. Karena fokus kita adalah jangan tinggalkan customer dalam kondisi kecewa.

Rencana ke depan untuk mengembangkan bajusenamgrosir.com?

Karena sekarang kita belum produksi sendiri, maka harapannya adalah kita bisa membuka produk baru. Atau mengembangkan koleksi kami ke arah lain, tapi masih berhubungan dengan olahraga. Kita juga ada rencana untuk mulai membuka outlet baru. Menurut saya masih banyak celah yang bisa dikembangkan dari bajusenamgrosir.com.

Siapa tokoh enterpreneur yang jadi inspirasi Anda?

Saya mengikuti perkembangan berita mengenai beberapa tokoh enterpreneur dunia seperti Tony Hsieh (pendiri Zappos) dan Jeff Bezos (pendiri Amazon). Mereka sama-sama membesarkan sebuah bisnis dari yang awalnya bukan apa-apa.

Terakhir mas, untuk menutup obrolan kita, boleh dong berbagi saran untuk enterpreneur lain yang saat ini sedang menjalankan bisnis mereka :-)

Saran terbaik yang dapat saya berikan adalah ketika berbisnis online, jangan cuma jualan. Tapi juga berbisnis dengan penuh etika. Hal pertama yang harus anda pertimbangkan adalah kualitas barang. Apakah nanti customer senang ketika menerima barang anda. Ketika sedikit saja mereka bilang “Barang sudah diterima dalam keadaan baik, bahannya bagus, tapi kok lengannya kekecilan”, maka sebisa mungkin tawarkan opsi penggantian. Namanya adalah kepekaan. Seringkali loyalitas didapatkan dari hal-hal kecil seperti ini.

Super sekali mas Bagus. Terimakasih atas inspirasinya. Semoga bajusenamgrosir.com semakin sukses dan berkembang sesuai visi Anda. 

Quote of the day: “Jangan tinggalkan customer dalam kondisi kecewa.”

Mau bisnis Anda diliput juga oleh mediabisnisonline.com? Silahkan daftarkan bisnis Anda untuk liputan bisnismediabisnisonline.com. Liputan ini GRATIS tanpa biaya apapun!

Mebiso

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga, siapa tahu Anda beruntung untuk mendapatkan pelangga baru, reseller, dropship atau bentuk partnership lainnya! Liputan ini terbatas!

                              
Loading...

  • 67
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

  • 28 April 2014 - pukul 2:09

    sangat inspiratif dan harusnya juga bisa di tiru oleh masyarakat Indonesia. Segala sesuatu jika ti tekuni dan disertai dengan keyakinan maka pasti akan berhasil

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *