Running A Business

Berkolaborasi Bersama Pelanggan itu Penting

 

Loading...

Kolaborasi dengan pelanggan? Mengapa harus?

Dalam sebuah rangkaian bisnis ada banyak hal yang harus terpenuhi, salah satunya adalah adanya kolaborasi. Kolaborasi dalam sebuah bisnis biasanya dilakukan antar pemilik bisnis, antar karyawan dan kolaborasi antar atasan dan karyawan. Tapi pernahkah kita berfikir bahwa kolaborasi dalam bisnis itu bisa dilakukan antara bisnis itu sendiri dengan pelanggan. Pelanggan disini memiliki peranan yang sangat penting dan paling sangat dibutuhkan oleh sebuah bisnis.

Pelanggan bukan hanya mereka yang membeli produk kita, tapi memiliki peranan untuk membawa lebih banyak pelanggan baru ke toko kita. Tahukah kita, sepersekian kemungkinan pelanggan yang datang dan membeli produk kita adalah mereka yang mendapatkan rekomendasi dari orang yang memiliki pengalaman berbelanja di toko kita. Pelanggan baru cenderung mempercayai apa yang rekan mereka katakan tentang sebuah bisnis yang pernah ia datangi. Rekomendasi inilah yang nantinya akan mendatangkan lebih banyak pelanggan baru dan baru lagi.

Ini penting untuk sebuah bisnis online. Bisnis yang tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan pembelinya, akan cenderung memiliki rasa ragu bila bisnis online tersebut disajikan biasa – biasa saja atau kaku. Bisnis online memiliki senjata ampuh untuk mendapatkan hati pelanggan mereka, yaitu dengan berkomunikasi lebih intens dan ramah. Seperti halnya kita yang tidak senang ketika ingin berbelanja online, dan saat kita bertanya tapi malah ditanggapi tidak dengan menyenangkan. Dan setelah itu, komunikasi tidak lagi terjalin. Komunikasi bisa terjadi bukan hanya secara langsung, kita bisa berkomunikasi melalui telepon, email, atau bahkan sosial media. Melalui komentar pelanggan pada postingan bisnis online Anda, juga menjadi cara komunikasi termudah yang bisa dilakukan.

Lalu bagaimana caranya?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan kolaborasi bersama pelanggan. Anda bisa membuat sebuah forum atau acara yang memang dikhususkan untuk pelanggan – pelanggan Anda. Dari sana Anda bisa mengajak mereka untuk saling berkomunikasi dan berkolaborasi dalam berbagai hal. Seperti halnya yang sering dilakukan oleh Jagoan Store Indonesia. Dalam satu bulan, mereka akan mengadakan beberapa acara workshop untuk pelanggan mereka. Acara ini akan diisi dengan materi yang memang dibutuhkan pelanggan mereka tentang toko online. Pelanggan akan merasa tidak hanya sekedar membeli, tapi juga merasa dekat dengan pemilik produk yang mereka gunakan. Pelanggan juga akan bertemu dengan sesama pemilik bisnis online lainnya. Dari sini akan ada suatu kedekatan antar pelanggan juga.

Kolaborasi dengan pelanggan juga penting saat kita membutuhkan tanggapan atau feed back yang berkaitan dengan bisnis kita. Pelanggan menjadi pemberi nilai terbesar untuk bisnis kita. Ketika mereka suka, mereka akan membawa cerita ke orang lain untuk bisa merasakan kepuasan atas bisnis tertentu. Namun sebaliknya, saat pelanggan tidak suka mereka tidak akan memberikan rekomendasi apapun kepada orang lain. Feed back dari pelanggan juga akan membantu kita dalam membangun dan mengembangkan bisnis kita.

“Loyal customers, they don’t just come back. They don’t simply recommended you. They insist that their friends do business with you” – Chip Bell, Founder Chip Bell Group

Baca juga:

10 Trik Mendapatkan Klien untuk Sebuah Startup

3 Atribut Penting Saat Mencari Karyawan Terbaik

4 Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) Bagi Bisnis Anda

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *