Interviews

Bermodal Minim, Kini Wiwin Kurniasih Berhasil Sukses Bersama Wiwinkosmetik.com

 
  • 79
    Shares

   

Wiwinkosmetik menjadi salah satu toko online yang menjual berbagai jenis kosmetik brand Indonesia. Didirikan dari sebuah usaha kecil berdagang di sekolah, kini Ibu Wiwin Kurniasih selaku owner telah sukses mengembangkan Wiwinkosmetik baik offline maupun online. Beberapa waktu yang lalu, tim Mebiso berhasil mewawancarai Ibu Wiwin untuk berbagi cerita bersama kita. Nah, untuk cerita lebih dalam, berikut ini selengkapnya:

2

Halo Ibu Wiwin, bisa diceritakan nih Wiwinkosmetik itu seperti apa dan bagaimana?

Wiwin kosmetik adalah sebuah toko online yang menjual kebutuhan wanita terhadap kosmetik. Kosmetik yang ada di toko kami merupakan kosmetik dengan brand Indonesia. Awal berdirinya bisnis ini adalah ketika saya mulai berjualan kosmetik di sekolah anak dengan bermodalkan uang Rp 350.000. Nah karena laku dan banyaknya permintaan, maka saya sendiri jadi ketagihan untuk berjualan secara offline. Namun karena semakin banyaknya permintaan, maka saya memutuskan untuk membuka toko onlinenya juga. Dan saat ini saya memasarkan produk di Wiwin kosmetik ini secara online dan juga offline.

Bagaimana ceritanya Ibu sendiri bisa terjun ke dunia enterpreneur ini?

Berawal ketika saya melihat banyaknya orang yang berjualan online baik di website ataupun di sosial media seperti Facebook. Saat awal membuka bisnis ini juga tidak mudah, terlebih ketika memutuskan untuk membuka toko online. Karena saya harus mengedit gambar produk dan menginputkannya ke dalam toko onlinenya sendiri. Saya sendiri sempat mengalami sakit hampir sekitar 1 bulan karena kurang istirahat. Namun itu terbayarkan ketika banyaknya pelanggan yang tahu dan membeli produk di toko online kami.

Lalu produk apa yang paling populer di Wiwinkosmetik ini?

Produk yang sampai saat ini paling populer di Wiwinkosmetik adalah pemutih wajah, pemutih/scrub badan, toner & tas kosmetik. Biasanya kalau banyak barang yang laku dan kualitasnya bagus, kami berani memberikan harga yang sedikit agak mahal, ini sendiri menjadi salah satu kiat kami dalam menyeimbangkan antara harga dan kualitas produk.

Di Wiwin kosmetik juga menjual produk yang biasanya belum ada atau belum banyak di jual oleh toko lainnya. Jadi pelanggan bisa merasakan perbedaan apa yang ada di toko lain dengan di toko kami.

Lalu prestasi terbaik apa yang pernah Anda raih?

Menurut saya, prestasi terbaik adalah ketika saya mulai mendapatkan keuntungan yang sangat signifikan, terlebih saat mulai berjualan secara online. Dari yang modal awal hanya 350 ribu, hingga mendapatkan keuntungan hampir 4 juta setiap tahunnya. Ini merupakan prestasi terbaik tersendiri bagi Wiwin kosmetik.

Apa yang menurut Anda menjadi pengalaman paling berkesan saat menghadapi pelanggan?

Jika pelanggan merasa puas dengan produk yang saya jual dan laku dipasaran untuk mereka jual lagi. Selain menerima tanggapan puas dari pelanggan, ada juga ketika saya harus menghadapi pelanggan yang tidak puas/tidak sabar dengan service agen pengiriman atau missunderstanding mengenai produk yang konsumen inginkan.

Apa tantangan dan kendala Anda saat memulai berbisnis Wiwin Kosmetik ini?

Tantangan dan kendala biasanya kalau ada pelanggan yang menginginkan suatu produk tapi saya tidak menjualnya atau barang sedang kosong,biasanya saya berusaha untuk mencari barang tersebut via internet dan kalau sudah dapat saya melakukan dropship untuk mengatasi, agar pelanggan tidak kecewa. Ini menjadi salah satu cara saya dalam memajukan bisnis ini. Saya juga ingin terus berusaha mengembangkan Wiwin kosmetik agar mampu untuk go internasional/melakukan pengiriman keluar negeri.

Lalu, apa saran yang bisa Anda bagikan untuk para enterpreneur di luar sana?

Terus dan selalu berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan mimpi di bidang usaha apapun.

Terimakasih Bu untuk kesempatannya berbagi bersama kami. Semoga Wiwin Kosmetik selalu dan semakin sukses :-)

           

  • 79
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *