Technology

Bikin Website Toko Online dengan Joomla dan Virtuemart

 
  • 79
    Shares

   

Joomla yang dikombinasikan dengan VirtueMart, dapat digunakan untuk membangun sebuah toko online. Di dalamnya telah tersedia fitur dan fasilitas seperti keranjang belanja, katalog, membership, multi-currency, modul SSL, dan lain sebagainya. Anda bisa bikin sendiri tanpa perlu pengetahuan pemrograman website secara mendalam. Berikut proses instalasinya. Versi yang digunakan adalah Joomla 2.5.6 dan VirtueMart 2.0.8.

1. Pertama anda harus install dulu Joomla di server hosting. Jika hosting anda menggunakan cPanel, maka Joomla bisa diinstal dengan lebih cepat lewat Softaculous. Beberapa server hosting seperti Jagoan Hosting Indonesia telah menyediakan bundle cPanel dengan Softaculous untuk setiap pembelian paket hosting Anda.

1-joomla-virtuemart

2. Setelah proses instalasi Joomla selesai, anda akan mendapatkan blog kosong ketika mengakses URL tempat anda memasang Joomla.

2-joomla-virtuemart

3. Berikutnya bisa anda lanjutkan dengan instalasi Virtuemart. Anda bisa unduh dulu paket Virtuemart di situsnya: http://virtuemart.net. Setelah proses download selesai, anda harus extract virtuemart yang masih berbentuk zip di komputer anda.

3-joomla-virtuemart

4. Sekarang silakan login ke halaman administrator Joomla anda. Biasanya formatnya seperti http://abc.com/administrator. Gunakan username dan password sesuai yang anda tentukan pada proses install Joomla di langkah 1.

3-joomla-virtuemart

5. Di dalam halaman admin Joomla, silakan buka menu Extension > Extension Manager. Pada opsi Upload Package File, browse ke direktori di mana anda tadi extract paket VirtueMart. Kemudian pilih file ’com_virtuemart_2.0.8e.zip’. Tunggu hingga proses install Virtuemart selesai.

4-joomla-virtuemart

6. Jangan lupa klik juga Install Sample Data untuk sekalian mengisi contoh produk pada database. Agar nanti kita bisa lebih mudah mempelajari struktur VirtueMart.

5-joomla-virtuemart

7. Setelah proses instalasi Virtuemart selesai, anda akan dibawa ke halaman khusus Virtuemart di mana anda bisa manage produk dan tampilan toko online anda. Halaman ini juga bisa anda buka melalui menu Component > Virtuemart pada halaman admin Joomla anda.

7-joomla-virtuemart

8. Berikutnya, install fitur pelengkap Virtuemart. Caranya sama dengan instalasi Virtuemart. Yaitu melalui menu Extension > Extension Manager. Namun kali ini pada Upload Package File, pilih file ’com_virtuemart_2.0.8e_ext_aio.zip’.

8-joomla-virtuemart

9. Proses instalasi Joomla dan Virtuemart seluruhnya telah selesai. Sekarang anda bisa mulai unpublish beberapa modul yang tidak diperlukan. Caranya melalui menu Extensions > Module Manager. Select modul yang ingin di-nonaktifkan kemudian klik Unpublish.

9-joomla-virtuemart

10. Jika buka halaman home sekarang, anda pasti masih belum mendapatkan tampilan Virtuemart. Sebab Virtuemart belum dijadikan sebagai main display pada halaman home. Makanya, anda bisa setting dulu di bagian Menus > Menu Manager. Select baris Home, kemudian klik Edit.

10-joomla-virtuemart

11. Kemudian klik pada Menu Item Type. Akan tampil sebuah popup berisi pilihan menu yang bisa anda jadikan sebagai display pada halaman home. Pilih Virtuemart Front Page. Terakhir save.

11-joomla-virtuemart

12. Sekarang anda bisa cek lagi halaman depan website anda. Seharusnya komponen Virtuemart sekarang telah ditampilkan sebagai main display.

12-joomla-virtuemart

13. Bila diperlukan, anda bisa mengganti template website anda melalui menu Extensions > Template Manager di halaman admin Joomla anda. Seperti pada contoh gambar.

13-joomla-virtuemart

14. Berikutnya anda tinggal mengembangkan halaman website anda. Bisa dengan memperbanyak display produk, unggah template baru, dan pasang modul-modul baru yang bisa menunjang website anda secara fungsional.

Silakan praktekkan sekarang juga, terutama jika anda sudah punya hosting dan domain yang belum terpakai. Selain caranya yang relatif gampang, Joomla juga bisa dikatakan memiliki dukungan komunitas yang cukup besar. Anda bisa berkomunikasi dengan sesama pengguna Joomla di Indonesia melalui http://id-joomla.com. Misalnya jika kelak anda berhadapan dengan masalah tertentu, atau sekedar ingin mendapatkan tips-tips mengenai pengembangan Joomla. Kami yakin banyak user yang akan bersedia membantu anda dengan senang hati. Selamat mencoba.


  • 79
    Shares

Artikel Terkait

14 komentar

  • 31 May 2013 - pukul 18:51

    thanks infonya sobat, lagi coba bikin toko online tapi masih di localhost…

  • 2 June 2013 - pukul 12:28

    ada modul joomla khusus tarif JNE ga gan?

  • 25 September 2013 - pukul 13:11

    terimakasih infonya kawan:D

  • 3 October 2013 - pukul 13:02

    terima kasih pencerahan nya , bermaanfaat banget sob

  • 16 March 2014 - pukul 13:49
  • 10 April 2014 - pukul 12:19

    bikin postingan yg lebih banyak lg ya kawan, terimakasih banyak..

    • Administrator
      10 April 2014 - pukul 12:51

      Oke Mbak, Terimakasih :)

  • 9 June 2014 - pukul 16:38

    Kenapa tidak memakai CMS yang khusus buat E-Commerce seperti Opencart, Prestashop, dll??

  • 21 June 2014 - pukul 22:05

    Boleh tanya Pak, kalau joomla atau virtuemart supaya tidak gampang di hack bagaimana ya? Soalnya web saya yg pakai joomla sering dihack orang. Terima kasih

  • 27 November 2014 - pukul 9:58

    Numpang tanya gan: kalau import konten dari plugin Zoo catalog ke VirtuMart bisa gak ya?

  • antombelink
    19 January 2015 - pukul 12:43

    boz, nanya nh. saya masih newbie soal website juga virtuemart.. misal saya sudah instal joomla di hosting juga sdah instal virtuemart, kira-kira apakah perlu template tambahan lagi atau pke bawaan joomla sja atau dlm virtuemart tersebut sdah include template sehingga tdk perlu template tambahan yang mendukung toko online? thenkyu sebelumnya…

    • Administrator
      19 January 2015 - pukul 14:39

      untuk virtuemart extension sendiri sudah memberikan beberapa template pak, dan bisa juga membeli template lain sesuai kebutuhan anda, namun kami juga belumpernah menggunakan virtuemart sehingga untuk setting lebih lanjut kami kurang bisa membantu :)

  • 9 February 2015 - pukul 15:57

    Terima kasih tutorialnya min…
    :)

  • 18 May 2015 - pukul 21:26

    Thanksss for the info…

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *