Insider

Bisnis Kulinermu Stagnan?Coba Lakukan Ini!

 
  • 100
    Shares

Bisnis yang abadi adalah bisnis kuliner. Selama manusia masih membutuhkan makan untuk hidup, bisnis di bidang kuliner ini bisa sangant menjanjikan. Banyak juga pebisnis dibidang ini berhasil meraih kesuksesan, hingga memiliki bercabang-cabang di berbagai kota.

Sekilas kita melihat bahwa bisnis kuliner ini mudah. Barrier entry untuk industri ini pun bisa dibilang tidak sulit. Siapa saja bisa bisnis kuliner. Satu lagi, kita juga sering beranggapan, bakat memasak dapat dengan mudah dikuasai oleh banyak orang, terutama kaum hawa.

Namun, kita kembali lagi, apakah bisnis kuliner hanya sekedar mengandalkan cita rasa? Apakah bisnis kuliner tetap butuh sentuhan inovasi?. Pertanyaan itu mungkin dialami oleh pelaku bisnis kuliner atau siapapun yang akan memulainya. Kali ini mebiso memberikan beberapa insight tentang inovasi yang bisa dilakukan oleh pebisnis kuliner.

Tentukan Ulang Target Marketmu

Jika ada pertanyaan, siapa orang yang akan membeli produkmu ? maka kamu jawaban yang tepat adalah bukan semua orang. Belum tentu semua orang menyukai produkmu. Kamu bisa menenetukan secara spesifik siapa terget marketmu.

Kamu bisa mengkalisfikasi market dari umur, tempat tinggal, atau status pekerjaan. Misal kamu menargetkan bisnis kulinermu ini untuk kalangan keluarga. Kamu bisa menyesuaikan menu makanan atau dekoarasi bisnis kulinermu.

Gunakan Chanel marketing sesuai targetmu

Setelah menentukan target market. Selanjutnya pikirkan cara untuk bisa menjangakau mereka. Cara ini mudah, cari tau kebiasaan dari target marketmu. Misalkan target marketmu menggunakan media sosial maka kamu bisa beriklan ke media sosial yang mereka gunakan, facebook atau instagram, atau bahkan di search engine google.

Kamu bisa juga memanfaatkan paid promo dari para selebgram. Namun tentukan dulu selebgram yang sesuai dengan produk kulinermu. Jika produkmu diperuntukan untuk keluarga maka cari lah influencer yang sudah berkeluarga, jika produkmu untuk anak mudah kamu bisa mencari selebgram yang seumuran dengan mereka.

Partner lah dengan jasa antar Ojek Online

Bisa jadi ini menjadi wajib hukumnya. Banyak kisah sukses para pebisnis kuliner yang penjualannya meningkat derastir karena berpartner dengan para jasa ojek online. Ini juga membantu bisnismu untuk berkembang dengan pesat.

Lewat jasa ojek online juga bisa membantumu menghemat biaya pengiriman makanan. Tidak lagi perlu invest yang banyak untuk bisa menyediakan fasilitas pesan antar. Cukup berpartner saja denhan Grab atau Go-jek.

Dua bulan sekali keluarkan menu baru

Inovasi tetap perlu dilakukan meskipun kamu sedang menjalankan bisnis kuliner. Inovasi bisa kamu lakukan dengan  membuat menu-menu varian baru penunjang menu andalan. Contoh yang bisa ditiru ketika Mc Donalds mengeluarkan varian baru dengan burger rasa rendang.

Bisa jagu kamu memberikan inovasi di produk minum pendamping makanan utama. Atau bisa juga dengan makanan ringan. Pada intinya invoasi produk ini bertujuan untuk mempertahankan pelangganmu agar tetap setia dan terbebas dari kejenuhan market.

Keempat poin diatas adalah cara yang mudah, tapi mungkin sulit untuk dipraktikan. Namun, demi kebaikan bisnismu maka mau tidak mau cara-cara baru harus mulai dicoba untuk diterapkan agar bisnismu bisa tetap eksis di dunia pecinta kuliner.

Baca Juga Artikel Menarik ini

Tiga Kunci Sukses Bisnis Keluarga

Ketika Tidak Fokus, Lakukan Hal ini

Pekerjaan Menjanjikan di Era Gig Economy


  • 100
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *