Inspirasi Start A Business Tips Bisnis

5 Tips Mengelola Bisnis Sepeda yang Berpeluang di Masa Kini

 

Bisnis Sepeda – Olahraga bersepeda kembali meroket di tengah tahun 2020, dimana global pandemi sedang mewabah di tengah masyarakat. Pasalnya, bersepeda kini tidak hanya dipandang sebagai olahraga semata, namun juga menjadi bagian dari gaya hidup sehat masa kini.

Di beberapa wilayah bahkan sudah memiliki klub-klub bersepeda sendiri, misalnya saja bike to work atau bike to campus. Sehingga hal inilah yang membuat kegiatan bersepeda makin populer di tengah masyarakat.

Tidak hanya itu, di beberapa kota pun sudah disediakan jalanan khusus bagi yang bersepeda. Ini menunjukkan bahwa ada antusias yang tinggi dari menjadikan bersepeda sebagai gaya hidup.

Nah, Anda bisa menjadikan fenomena ini sebagai peluang bisnis sepeda yang menguntungkan. Kali ini kami akan membeberkan tips apa saja yang bisa Anda aplikasikan jika ingin membuka usaha bisnis sepeda.

Penasaran apa saja tipsnya? Pastikan untuk gulir artikel ini sampai habis, ya!

1. Lakukan survey pasar

bisnis sepeda
Sumber: https://unsplash.com/

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui permintaan pasar. Lakukan survey untuk mengetahui jenis sepeda seperti apa yang saat ini sedang digemari oleh banyak orang.

Begitu pula dengan perlengkapan bersepeda untuk menunjang aktivitas olahraga yang sedang naik daun ini. Anda bisa menyediakan perlengkapan-seperti pakaian untuk bersepeda, helm, pelindung lutut dan siku di toko Anda.

2. Tawarkan pelayanan khusus

Anda bisa memberikan penawaran khusus bagi pelanggan yang membeli sepeda di toko Anda. Contohnya dengan memberi layanan penyetelan secara gratis atau layanan service ringan khusus sepeda.

Bagi pelanggan yang menggunakan sepeda sebagai transportasi utama yang digunakan sehari-hari, mereka pasti membutuhkan perawatan rutin yang dilakukan setiap beberapa bulan sekali.

Jadikan ini sebagai peluang Anda! Sediakanlah layanan service sepeda yang membuat pelanggan akan datang kembali ke toko Anda.

3. Bergabunglah dalam sebuah komunitas

bisnis sepeda
Sumber: Unsplash

Sebagian besar dari para pesepeda biasanya menjadi anggota suatu komunitas bersepeda. Biasanya, komunitas ini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai platform media sosial.

Anda bisa menginisiasi pembentukan komunitas sepeda dengan mengadakan kegiatan bersepeda secara rutin tiap minggunya.

Dengan begini, Anda tidak hanya membangun koneksi yang baik dengan pelanggan, namun juga berpeluang untuk mendapatkan calon pelanggan baru dari aktivitas komunitas Anda.

4. Cari cara agar produk memiliki harga yang terjangkau

Sepeda memiliki harga rata-rata yang cukup mahal di pasaran. Beberapa toko sepeda bahkan berani menjual sepeda mereka dengan harga yang tinggi. Ini bisa saja membuat pelanggan potensial jadi kabur, lho!

Sebagai tips memulai bisnis sepeda, Anda mungkin ingin mencari cara agar harga sepeda yang Anda jual tetap terjangkau sehingga dapat menarik pelanggan untuk membeli di toko Anda.

Anda bisa memanfaatkan sepeda bekas sebagai referensi produk yang dijual di toko Anda. Meskipun bekas, perawatan yang baik akan membantu memolesnya seperti baru. Tentu saja masih banyak orang yang mencari sepeda bekas karena dijual dengan harga yang terjangkau.

5. Manfaatkan marketplace dan media sosial

Last but not least, manfaatkan teknologi yang Anda miliki untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis sepeda Anda. Selain membuka toko fisik (offline), Anda juga bisa membuka gerai online di e-commerce, Instagram, ataupun Facebook.

Pergerakan teknologi yang canggih dan cepat ini akan membantu Anda menjangkau calon pelanggan yang lebih banyak lagi.

Nah, itu dia tips-tips yang bisa Anda terapkan jika ingin membuka usaha sepeda. Jangan biarkan fenomena bersepeda yang sedang meroket di tengah pandemi ini sekedar fenomena biasa, namun carilah peluang yang menguntungkan di dalamnya. Semoga artikel ini membantu!


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *