Internet Running A Business Tips Bisnis

7 Strategi Bisnis TikTok: Rahasia Bisnis Banjir Orderan

 

Loading...

Bisnis TikTok – Media sosial menjadi wadah berbisnis yang tepat di era digital seperti sekarang ini. Kecepatannya dalam membagikan informasi memudahkan pebisnis untuk kebanjiran orderan jika dilakukan dengan strategi yang benar.

Tidak hanya Facebook dan Instagram saja yang menjadi platform potensial untuk membuat bisnis jadi viral, namun kini TikTok juga mulai dijadikan pilihan untuk memasarkan bisnis.

Jika dibandingkan dengan beberapa tahun silam, konten TikTok kini lebih beragam dan variatif. Segmen konten yang biasanya menarik pengguna adalah konten vlog, kuliner, fesyen, edukasi, komedi, dan talenta. Sehingga makin banyak pengguna yang menghabiskan waktu di dalam aplikasi ini.

Di Indonesia sendiri, pengguna TikTok dapat menonton lebih dari 100 video perharinya. Hal ini membuktikan bahwa konten video pendek memiliki minat yang banyak.

Sebagai pebisnis, tentunya kesempatan ini jangan sampai Anda lewatkan. Gunakan fenomena maraknya pengguna TikTok sebagai lahan untuk memasarkan bisnis Anda melalui aplikasi yang satu ini.

Membuat konten video promosi yang menarik akan membuat bisnis Anda kebanjiran order jika dipadukan dengan strategi yang tepat. Kali ini Mebiso akan membagikan strategi bisnis TikTok yang ampuh untuk membuat bisnis Anda goes viral.

1. Ubah jadi akun bisnis

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun Anda menjadi akun bisnis. Caranya, klik ‘Saya’ lalu klik tanda titik tiga yang ada di pojok atas. Kemudian klik ‘Kelola Akun Saya’ lalu pilih ‘Alihkan ke Akun Bisnis’.

Setelah itu, pilih kategori bisnis yang sesuai dengan bidang Anda. Jangan lupa lakukan pengeditan pada bio Anda. Gunakan foto yang profesional, bio yang menjelaskan bisnis Anda, dan cantumkan tautan yang mengarahkan ke lapak e-commerce Anda.

2. Bikin konten bisnis yang seru dan menyesuaikan tren

bisnis tiktok
Sumber: https://unsplash.com/

Ini dia yang menjadi prioritas utama Anda dalam strategi bisnis TikTok, yaitu membuat konten video yang seru agar menarik banyak perhatian pengguna.

Anda dapat membagi unggahan kontan menjadi beberapa bagian. Contohnya, Anda bisa membuat video yang memperkenalkan bisnis Anda. Kemudian diikuti dengan menampilkan produk atau jasa apa yang Anda tawarkan.

Video yang Anda buat pun perlu menyesuaikan tren yang sedang ramai dibincangkan. Ini agar pengguna bisa lebih relate lagi jika menonton video Anda. Jadi, jangan segan untuk menggunakan lagu atau filter yang lagi hype di TikTok!

3. Maksimalkan penggunaan fitur

TikTok merupakan aplikasi yang memiliki banyak fitur. Jangan malas untuk eksplor kegunaan dari setiap fitur yang ada di TikTok! Jika Anda bisa memaksimalkan penggunaannya, konten Anda tentunya bakal lebih ciamik lagi di mata calon pembeli.

4. Gunakan hashtag yang tepat

Jika sudah menyiapkan konten yang seru dan menarik, strategi bisnis TikTok yang selanjutnya adalah menganalisa hashtag apa saja yang berpengaruh untuk membuat video Anda viral.

Anda bisa menggunakan hashtag yang sesuai dengan bisnis Anda, kemudian jangan lupa juga menambahkan hashtag yang yang sedang viral di TikTok seperti #fyp, #foryourpage, #bisnis, dan masih banyak hashtag lain. Ini akan membantu video Anda untuk muncul ke halaman lebih banyak pengguna.

5. Tulis caption yang menjual

bisnis tiktok
Sumber: https://www.freepik.com/

Tidak sedikit akun bisnis yang hanya fokus pada konten namun tidak memperhatikan isi dari caption. Menulis caption juga merupakan strategi bisnis yang tidak boleh dikesampingkan, apalagi jika Anda menjalankan bisnis online.

Anda bisa menulis informasi mengenai produk atau jasa yang Anda jual di caption. Misalnya saja penjelasan tentang produk, bahan yang digunakan, harga, dan lain sebagainya.

6. Pasang iklan di TikTok

Bukan cuma Instagram saja yang punya Instagram Ads, tapi TikTok juga punya! Melalui strategi ini, Anda dapat mempromosikan bisnis Anda ke cakupan yang lebih luas lagi.

Berikut ini adalah jenis-jenis iklan yang tersedia di TikTok Ads:

  • Pre-roll ads: Iklan yang muncul saat pengguna membuka aplikasi.
  • In-feed ads: Iklan yang muncul saat pengguna sedang menggulir feeds.
  • Promoted hashtag challanges: Video yang mendorong pengguna untuk menggunakan hashtag tertentu.
  • Branded effects: Filter atau efek khusus yang dapat digunakan oleh pembuat konten. Filter ini menampilkan informasi khusus mengenai sebuah brand.

7. Posting di waktu yang tepat

Ketahui bahwa ada waktu-waktu yang tepat untuk memposting konten di TikTok agar cepat viral. Waktu yang tepat adalah di antara pukul 10 hingga 1 siang, atau prime time di malam hari sekitar pukul 7 malam ke atas.

Nah, itu dia strategi yang bisa Anda ikuti untuk membuat bisnis Anda goes viral di TikTok. Simak artikel mengenai bisnis online lainnya di website Mebiso. Semoga membantu, salam bisnis!

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *