Start A Business Strategi Bisnis

Kiat Membangun Bisnis UKM Camilan dari Rumah

 

Bisnis UKM camilan – Bertahan menjalankan bisnis di tengah pandemi telah menjadi fokus khusus bagi sebagian besar pebisnis saat ini. Hal ini bukan tanpa alasan, karena sekalipun vaksin mulai digencarkan, dibutuhkan waktu yang tak sebentar untuk mengembalikan kondisi perekonomian seperti sedia kala. Namun, hal tersebut bukan menjadi alasan untuk menghentikan Anda membangun bisnis di tengah pandemi. Salah satunya, bisnis ukm camilan.

Nyatanya, makanan ringan masih menjadi peluang yang cukup menjanjikan di tengah pandemi. Sebab, hal ini didukung dengan aktivitas sebagian besar masyarakat yang lebih banyak di rumah, sehingga minat mengonsumsi makanan ringan untuk mengisi waktu luang cenderung semakin meningkat. Meski demikian, dibutuhkan beberapa kiat yang tepat untuk membangun bisnis di tengah pandemi. Apa saja? Baca ulasannya berikut ini!

Pastikan segmen pasar dan fokus produk bisnis UKM camilan Anda

tentukan fokus produk yang Anda jual
Sumber: Christiano Pinto di Unsplash

Dengan mengetahui segmen pasar maka Anda akan membuat produk yang lebih tepat dan sesuai dengan target sasaran Anda. Hal ini kemudian akan memengaruhi pula pemasaran usaha makanan ringan Anda agar lebih mudah dijalankan.

Mengingat kondisi yang memaksa masyarakat untuk hidup lebih sehat dan memerhatikan kebersihan, pastikan Anda memilih fokus produk yang sesuai dengan gaya hidup new normal saat ini. Anda bisa pilih jenis makanan ringan yang rendah kalori atau sekaligus menjaga imunitas tubuh.

Selain itu, Anda juga bisa menyediakan menu bahan baku atau ready to cook sesuai dari menu Anda. Anda bisa menjual paket yang tinggal dimasak sendiri atau menjual bahan bakunya.

Alangkah baiknya jika Anda membuat makanan ringan yang memiliki keunikan sebagai daya nilai jual. Tujuannya adalah agar produk Anda menjadi makanan ringan kekinian untuk menarik minat customer.

Daftarkan bisnis UKM camilan Anda pada layanan order online

Pernahkah terpikirkan bagi Anda untuk menyediakan layanan delivery order? Nyatanya, hal ini bisa menjadi nilai plus di mata pelanggan bagi bisnis ukm Anda.

Dengan adanya layanan delivery order, dapat membantu konsumen untuk menikmati berbagai varian produk yang Anda jual. Mengingat pemberlakuan social distancing di tengah pandemi, memaksa sebagian besar orang untuk menetap di rumah saja dan tidak bisa melakukan transaksi pembelian makanan secara langsung.

Oleh karena itu, cobalah untuk mendaftarkan bisnis camilan Anda kepada mitra ojek online. Layanan ini akan membantu bisnis Anda supaya tetap bisa bertahan dan mempertahankan pelanggan di tengah pandemi.

Beri penawaran menarik

Tawarkan berbagai promo menarik
Sumber: Kham Pha di Pinterest

Salah satu nilai plus lainnya adalah dengan menerapkan strategi bundling dengan menawarkan paket yang menggabungkan beberapa produk makanan. Hal ini tentunya akan sangat menarik perhatian calon pelanggan.

Anda bisa memberi penawaran berupa pembelian secara bersamaan dengan harga yang lebih murah. Selain hal tersebut, Anda juga bisa melakukan promosi dengan memberikan voucher gratis ongkos kirim. Dengan melakukan penawaran-penawaran menarik seperti ini, konsumen akan terus terdorong untuk membeli produk Anda.

Jangan lupakan pemasaran produk bisnis Anda

Hal yang tak kalah penting dalam menerapkan pemasaran usaha makanan ringan adalah melakukan penjualan memalui berbagai platform. Sebab, dengan memanfaatkannya, maka proses penjualan jadi lebih cepat dan pencatatan penjualan jadi rapi dan tersistem.

Anda bisa memenafaatkan Instagram, Facebook, Tiktok, hingga beberapa marketplace. Selain itu, dengan melakukan hal ini maka calon pelanggan semakin menaruh kepercayaan pada brand yang Anda bangun.

Itulah beberapa kiat yang patut diperhatikan jika Anda ingin membangun bisnis UKM camilan di tengah pandemi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel Mebiso lainnya untuk menambah ilmu berbisnis Anda!

Sumber gambar: Normal Mortenson di Pexels

Baca Juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *