Start A Business

Tertarik Bisnis UKM Desain? Kenali Dulu Macamnya!

 

Bisnis UKM desain – Jika menyinggung soal peluang usaha saat ini yang sedang menjadi trend dan fenomena baru di dunia bisnis, rasanya bisnis ukm desain bisa menjadi salah satunya. Nyataya, bisnis jasa desain kreatif termasuk jenis usaha yang menjanjikan. Asal jeli melihat pasar dan ketersediaan sumber daya manusia yang kreatif, pintu kesuksesan ada di depan mata.

Permintaan terhadap layanan jasa desain pun cenderung semakin meluas. Sebab, jasa ini dapat bermanfaat dalam berbagai hal yang diantaranya meliputi proses pemasaran sebuah produk, sebagai efisiensi komunikasi bisnis, serta kebutuhan lainnya.

Namun, dari sekian banyak macam desain yang dapat memberi peluang bisnis, mana sajakah yang paling berpeluang besar diantara yang lainnya? Baca terus artikel ini, yuk!

Bisnis UKM berupa jasa desain website

Jasa desain website merupakan salah satu jenis bisnis online yang memiliki prospek bagus. Bahkan Anda pun tidak harus punya latar belakang teknik informatika atau jago coding. Selain itu, target pasar dari bisnis ini pun bisa menyasar pelaku UKM ataupun perusahaan.

Dalam menjalankan bisnis ini, Anda dapat menawarkan berbagai template untuk ditawarkan ke klien baik yang premiun maupun gratis. Selain itu, ada beberapa hal lain pula yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan bisnis ukm desain website.

Adapun yang Anda butuhkan selain menyipakan template, yaitu domain atau hosting sendiri, layanan internet, serta listrik. Semua kebutuhan ini diperlukan guna menunjang kelancaran bisnis Anda. Dengan harapan Anda dapat memberi pelayanan yang terbaik bagi klien.

Desain taman nyatanya juga berpeluang sebagai bisnis UKM

bisnis ukm desain taman
Sumber: Kelly Sikkema di Unsplash

Jika sebelumnya Anda lebih sering mendengar tentang desain interior, arsitektur, atau fesyen, pernahkah Anda mendengar tentang desain taman? Ya, nyatanya jasa pembuatan desain taman juga memiliki peluang yang bagus untuk dijadikan bisnis UKM.

Jika Anda ingin menjajal bisnis ini tapi belum memiliki tempat usaha, Anda dapat memulai usaha di rumah yang dilengkapi dengan suguhan taman dengan desain semenarik mungkin. Hal ini bertujuan supaya calon klien Anda semakin yakin untuk menggunakan jasa desain Anda.

Modalnya pun bisa dimulai dari yang bernominal kecil seperti barang-barang bekas berupa plastik botol bekas, kaleng bekas susu, atau kaleng cat rumah. Tak lupa juga untuk memperbanyak referensi taman yang bisa dijadikan ide desain.

Ada baiknya Anda berkerjasama dengan seseorang yang memiliki pengalaman sebagai jasa desain taman. Anda bisa bergabung dalam komunitas pecinta taman untuk memperkaya ilmunya. Setelah itu Anda bisa membuka usahanya sendiri.

Pernah terpikirkan membuat bisnis desain produk?

Sesuai namanya, desain produk adalah yang berjasa dibalik rancangan visual produk yang dibeli oleh konsumen. Desain produk bisa meliputi berbagai hal mulai dari merancang kursi, tas, botol minuman, dan sebagainya.

Bahkan, tak hanya memikirkan bentuk, produk harus dipikirkan secara ergonomis sehingga nantinya dapat membantu manusia dalam melakukan kegiatannya. Selain itu, jasa pembuat desain produk juga memikirkan nilai jual dari produk tersebut.

Untuk membangun bisnis ukm desain produk, Anda harus memiliki kemampuan untuk memahami apa yang diinginkan konsumen dan memberikan manfaat untuk perusahaan yang mengeluarkan produk baru. Selain itu, Anda juga harus mengerti tentang bahan material pada produk dan dapat memvisualisasikan ukuran, bentuk, dan warna dari ide yang dipikirkan.

Desain grafis juga tak kalah berpeluang untung

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bisnis desain grafis banyak diminati karena prospek kerjanya yang banyak. Pasalnya, desain grafis berkutat dengan rancangan visual baik melalui typhography, photography, dan ilustrasi.

Dengan menggabungkan berbagai aspek, desain grafis dapat merambah berbagai ruang lingkup seperti berupa agen periklanan, studio desain, percetakan, atau biro reklame.

Meski begitu, pastikan Anda benar-benar memiliki daya kreativitas yang tinggi. Sebab, pandai desain melalui komputer saja tak ukup. Anda pun perlu memahami konsep yang mendalam mengenai berbagai hal seperti desain logo, brosur, kalender, katalog, dan produk lainnya. Selain itu, Anda juga harus menunjukkan rancangan komunikasi visual melalui media yang tentunya harus mudah dipahami oleh klien ataupun pembacanya.

Demikian beberapa peluang bisnis ukm desain yang patut Anda pertimbangkan. Bagaimana? Tertarik mencoba?
(dok. Unsplash)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *