Running A Business

5 Strategi Mempertahankan Bisnis UKM Modal Kecil

 

Bisnis UKM Modal Kecil – Tak sedikit sebagian pebisnis UKM yang memulai bisnisnya dari modal kecil. Nyatanya hal ini tak menjadi hambatan dalam mengembangkan bisnis Anda. Namun demikian, Anda tetap perlu menyiasatinya dengan melakukan beberapa strategi untuk mempertahankan bisnis UKM modal kecil yang sudah dibangun. Dengan harapan Anda tetap dapat konsisten meraih angka penjualan yang besar. Berikut ini kami rangkum sejumlah strategi yang wajib Anda lakukan.

1. Tentukan target yang ingin dicapai dari bisnis UKM modal kecil Anda

Anda sangat dianjurkan untuk membuat kerangka atau catatan-catatan kecil secara terperinci perihal target apa saja yang hendak dicapai. Baik dari target kecil hingga yang terbesar.

Dengan membuat catatan ini, maka Anda akan semakin terbantu dalam memperjelas apa saja hal yang harus dilakukan guna mencapai target-target tersebut dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, hal ini tentunya akan membuat Anda tetap fokus pada pencapaian yang akan diraih.

2. Meski modal bisnis UKM Anda kecil, jangan acuhkan harga dan kualitasnya

Dalam membangun bisnis UKM apalagi yang bermodal kecil, Anda perlu memperhatikan harga jual yang ditawarkan kepada calon pelanggan. Sebab, harga suatu produk akan sangat berpengaruh dengan keuntungan yang akan Anda peroleh nantinya.

Guna memperoleh untung yang tinggi dengan modal yang kecil, pastikan Anda menjual produk dengan harga yang sesuai. Tak lupa juga untuk memperhatikan kualitasnya. Pastikan kualitas produk yang Anda tawarkan sesuai dengan apa yang calon pelanggan inginkan. Sebab, dengan begitu pelanggan akan semakin percaya dan loyal kepada bisnis yang Anda jalani.

3. Disiplin mengatur cashflow bisnis Anda

Pastinya Anda sudah paham bahwa bisnis yang tidak bermodal besar memberikan tantangan tersendiri dalam meraih keuntungan dan mengontrol pengeluaran. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mengatur dan memisahkan mana pengeluaran yang ditujukan untuk hal yang lebih diprioritaskan dan hal mana yang tidak terlalu penting.

Perlu diingat, bahwa pengeluaran ini dapat memengaruhi keuntungan yang akan Anda dapatkan. Oleh sebab itu, perbanyaklah konsultasi baik dengan rekan kerja, karyawan, atau pebisnis berpengalaman dalam mengatur pengeluaran.

4. Meski bisnis UKM modal kecil, jangan takut dekati pelanggan dengan berbagai cara

dekati calon pelanggan
Pexels

Gali sebanyak-banyaknya informasi mengenai masalah dan kebutuhan calon pelanggan Anda. Hal ini berguna untuk menambah peluang Anda dalam meraih keuntungan berbisnis.

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mendekati pelanggan. Buatlah postingan-postingan yang dapat mengenalkan produk Anda sekaligus menjadikannya sebagai solusi atas kebutuhan dan masalah calon pelanggan. Sehingga mereka akan langsung mengingat produk Anda dan tertarik untuk mencobanya.

5. Pertimbangkan kembali sebelum merekrut karyawan

Guna mempertahankkan kelangsungan hidup bisnis UKM Anda yang bermodal rendah, pastikan pula Anda mempertahankan biaya operasional. Salah satunya, dari segi karyawan atau tenaga bantuan dalam bisnis Anda.

Jika dirasa masih cukup sulit untuk menyeimbangkan kondisi bisnis Anda, sebaiknya gunakan tenaga Anda sendiri terlebih dahulu. Jika suatu saat kurang efisien karena bisnis sudah bertambah besar, barulah Anda bisa mempertimbangkan untuk merekrut karyawan.

Nyatanya, Anda tetap bisa melakukan berbagai solusi untuk mempertahankan bisnis UKM meski bermodal kecil, kan? Oleh karenanya, tetaplah semangat dan jangan mudah menyerah dalam membangun bisnis Anda. Sebab, tidak ada yang tidak mungkin selama Anda yakin dan terus berusaha. Setuju?
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *