Leadership

Tips Komunikasi Bos dan Karyawan Agar Tak Salah Paham

 

Bos dan Karyawan – Komunikasi antara pemilik bisnis atau bos dan karyawan harus mampu terjalin dengan baik. Ini bukan hanya akan berpengaruh terhadap setiap proses bisnis yang dijalankan, tetapi juga pada hubungan pribadi antara Anda dengan karyawan Anda. Namun, tak jarang kesalahpahaman terjadi. Sehingga, inilah yang harus dicari solusinya oleh setiap atasan. Berikut ini beberapa tips untuk mengurangi salah paham antara atasan dengan karyawan!

Bos dan karyawan tidak boleh saling memotong pembicaraan

Ini penting bagi semua orang, penting untuk mendengarkan lebih banyak dari pada memaksakan diri dan egois berbicara sebelum pembicaraan mereka selesai. Karyawan Anda akan merasa tidak dihargai saat ucapan mereka tidak didengar sampai selesai. Anda patut untuk menghargai setiap ucapan yang disampaikan oleh karyawan Anda. Ini jelas akan mencegah adanya miss komunikasi dalam penyampaian informasi dari karyawan Anda.

Fokus saat berbicara juga penting bagi bos dan karyawan

Jangan menyisipkan obrolan selain apa yang harus Anda sampaikan. Fokus pada tujuan dan pembicaraan Anda dengan karyawan. Fokus memang tidak menutup kemungkinan akan mengalami kesalahan dalam berbicara, tapi lebih kepada mengurangi akibat dari kesalahan tersebut.

Saling jaga privasi

Jika Anda sedang melakukan pembicaraan dengan salah satu karyawan, maka cobalah ajak dia ke dalam ruangan Anda. Berikan waktu untuk Anda dan karyawan Anda menyelesaikan percakapan. Ini akan mengurangi miss komunikasi yang akan terjadi pada karyawan Anda lainnya.

Tak perlu berusaha membaca pikiran

Ketika berbicara dengan karyawan, cobalah untuk berbicara sesuai dengan porsi dan sesuai kebutuhan Anda. Jangan sekali – kali coba membaca fikiran dari lawan bicara Anda. Karena itu akan memperburuk suasana, sekalipun Anda adalah seorang atasan.

Pastikan pembicaraan Anda berbuah kesimpulan

Selain menjadi pendengar yang baik, untuk mengurangi resiko miss komunikasi, cobalah untuk membuat sebuah kesimpulan di akhir percakapan. Pastikan obrolan Anda dengan karyawan tepat sampai proses kesimpulan. Anda dan karyawan Anda akan mendapatkan hasil obrolan yang sesuai dengan tujuan awal.

Demikian tips agar Anda dan karyawan tidak salah paham saat berkomunikasi. Semoga tips ini dapat membantu suksesnya projek dan kerjasama yang Anda bangun!
(dok. Pexels)

Baca juga:

Baru Membuka Bisnis Online? Perhatikan Hal Ini, Yuk!

Fakta Unik Pengaruh Warna pada Produk Bisnis Anda

Tips Berkolaborasi dengan Mitra Bisnis yang Lebih Besar


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *