Technology

BPG: Format Gambar Lebih Baik yang Akan Mengggantikan JPEG

 

Loading...

Dari segala kemajuan teknologi yang begitu pesat beberapa tahun ini, ternyata masih ada sejumlah teknologi jaman dulu yang hingga kini masih tetap eksis dan belum tergantikan.

JPEG merupakan salah satu contoh teknologi yang belum tergantikan itu. File JPEG telah dibuat lebih dari 20 tahun yang lalu. Walaupun jadul, file ini masih mendominasi komputer gadget dan sampai sekarang. Mungkin memang tidak banyak orang berpikir untuk menggantikan JPEG. Dan seperti halnya MP3 atau ZIP, akan sangat sulit untuk menggantikan format file tersebut. Karena file tersebut telah menjadi format yang paling umum digunakan pada komputer device masa kini. Walaupun setidaknya mulai banyak teknologi untuk mengkompres gambar JPEG tersebut. Dengan mengkompres gambar, loading website memang menjadi lebih cepat, walaupun harus mengorbangkan sedikit dari kualitas gambar.

mozjpeg-vs-webp-image-quality-640x443

JPEG (kiri) vs. WebP (kanan). Seperti yang dapat Anda lihat, WebP masih sedikit lebih baik. Tapi tidak jika dibanding dengan BPG (bawah).

Sebenarnya google telah mencoba untuk menggantikan JPEG dengan format WebP, tapi setelah empat tahun berjalan format tersebut belum banyak digunakan dan hanya mendukung pada beberapa produk dan layanan Google. Selanjutnya Mozilla juga mulai eksperimen dengan mozjpeg, yang mereduksi sedikitnya 10% dari ukuran gambar asli dengan mempertahankan kompatibilitas JPEG. Dan yang terbaru ini, dari pencipta FFMPEG dan QEMU, Fabrice Bellard, meluncurkan format BPG.

Singkatan dari Better Portable Graphic, BPG menawarkan kualitas yang sama dengan JPEG, tapi dengan ukuran yang hanya separuhnya. Untuk melakukan itu, BPG hanya menggunakan codec baru – x265, implementasi open source dari HEVC/H.265. Pada dasarnya, a gambar BPG adalahhal yang sama seperti mengambil satu frame dari sebuah video x265 / H.265. Selain itu, BPG juga memiliki kemampuan H.265 untuk membuat 14bit per channel warna jika dibandingkan JPEG yang hanya 8bit. Ditambah BPG juga memiliki alpha channel (channel transparan). Format BPG juga mendukung kompresi lossless.

mozjpeg-left-bpg-right-image-quality-comparison-640x441

Perbandingan kualitas gambar: Mozjpeg (kiri), BPG (kanan). Sangat terlihat perbedaannya.

Untuk melihat perbandingan JPEG dengan WebP, Anda dapat melihatnya langsung pada website resmi milik Bellard. Tinggal menggerakkan kursor mouse ke kanan dan ke kiri, dan Anda bisa melihat hasil yang cukup signifikan.

Perbedaan akan kurang jelas terlihat jika Anda memilih “Medium” atau “Large” pada pilihan ukuran file. Ini dikarenakan window browser Anda yang kecil. Dengan maraknya tren mobile, kompresi gambar yang padat sekarang sangat penting. BPG tidak hanya bagus digunakan untuk perangkat mobile, tapi juga sangat cocok untuk kamera keluaran terbaru dan display monitor. Tapi BPG juga masih dalam tahap pengembangan, sekarang kita hanya perlu berdoa agar segera diadopsi oleh software developer.

source: extremetech

Baca juga:

6 Tips Agar Gambar Anda “Clickable”

10 Aplikasi Gratis untuk Kemampuan Menggambar Anda

Tips Optimasi Gambar di Website Anda

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *