Community

Buat Apa Sih Komunitas dalam Bisnis? Ini Dia Jawabannya

 
  • 3
    Shares

Loading...

Perlukah kita ikut komunitas?

Sebelumnya pasti dari kita sudah sangat akrab mendengar kata komunitas, bahkan menjadi salah satu anggota dalam satu komunitas tertentu. Komunitas memang dijadikan sebagai sarana berbagi informasi penting tentang berbagai hal yang berhubungan dengan komunitas dan lingkungan itu sendiri.

Berbagai komunitas dibentuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan berkumpul dan mendapatkan informasi yang semakin hari semakin kaya ini. Terlebih dengan berkembangnya teknologi kini komunitas bisa kita jumpai melalui media online. Lihat saja sudah berapa ratus atau ribu komunitas yang dibentuk di media online, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.

Kesamaan hobi dan keinginan untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak lagi membuat para anggota komunitas sering mengadakan KOPDAR atau sekedar kumpul – kumpul dan berbagai pengalaman yang sudah pernah dialami. Baik offline atau dunia maya, komunitas mengakrabkan diri mereka satu sama yang lain dengan melakukan komunikasi yang intens antar anggota. Bagi mereka, mendapatkan cerita dari pengalaman orang lain memberikan pelajaran yang lebih banyak lagi.

Komunitas yang baik juga yang bisa melakukan komunikasi solid antar anggotanya. Tapi sebenarnya tidak banyak orang yang sadar betapa pentingnya sebuah komunitas. Di luar dari setiap kegiatan dan pembahasan yang mereka bicarakan, sebenarnya komunitas memiliki manfaat yang sangat banyak. Apa saja ya kira – kira?

Apa saja yang akan kamu dapatkan dari berkomunitas?

Dapat teman baru yang sehobi

Berawal memiliki teman yang terbatas dari teman sekolah dan kuliah untuk mendapat teman baru diluar lingkup pendidikan, Anda diharuskan untuk mengikuti komunitas untuk mendapat teman di luar lingkup sekolah dahulu. Mendapatkan teman yang sehobi dirasa akan lebih nyambung dan klop dalam bertukar pikiran.

Kadang kala untuk orang yang tidak biasa bertemu orang baru secara langsung atau fisik mereka akan lebih terbuka atau dapat berkomunikasi dengan lancar di dunia maya. Jadi buat Anda yang tidak mau bertemu langsung cari aja komunitas dunia maya yang sesuai keinginan Anda.

Saling berbagi ilmu & pengalaman

Didalam komunitas janganlah Anda hanya selalu berharap menerima ilmu dan pengalaman dari orang lain saja tetapi cobalah Anda juga ikut berbagi pengalaman dan ilmu yang Anda miliki. Tiap orang pasti memiliki pengalaman dan ilmu, hanya tinggal Anda mau berbagi atau tidak. Jangan minder dengan ilmu yang Anda miliki, mungkin menurut Anda ilmu yang Anda miliki tidak begitu penting tetapi untuk sebagian orang ilmu yang Anda bagi lebih bermanfaat untuk mereka atau teman komunitas lainnya.

Dapat teman curhat baru

Seperti yang tertulis sebelumnya bahwa kita dapat lebih terbuka atau berbagi apapun dengan mudah kepada orang yang sehobi, tidak menutup kemungkinan Anda akan berbagi tidak hanya ilmu tetapi curhat terkait keluarga, liburan atau yang lainnya walaupun mereka adalah teman yang baru Anda kenal.

Anda akan menceritakan dengan mudah tetapi ingat ada beberapa hal yang memang harus di jaga kerahasiaannya dan ada yang memang siapapun boleh tahu. Untuk hal yang dirahasiakan cobalah untuk menahan diri, mungkin hal yang harus Anda tutupi untuk orang yang baru Anda kenal. Jangan menceritakan masalah keluarga atau dapur usaha atau lainnya yang menurut Anda rahasia, karena sifat orang yang baru dikenal kadang tak terlihat dari tampilan fisik atau kendaraan yang di tungganginya.

Terhubung untuk menjalin bisnis

Dengan kenal orang baru kita tidak hanya mendapatkan sebuah teman tetapi dimungkinkan kita juga dapat melebarkan sayap bisnis atau usaha Anda, Mungkin mulai mengenalkan produk Anda, mendapat ide bisnis dari teman komunitas, hingga mendapat kerjaan dari teman komunitas.

Terdapat cerita singkat dari pengalaman teman:

Bahwa ada teman yang dari kalangan ekonomi menengah tetapi ingin memiliki relasi dari kalangan kelas atas untuk mendapatkan pekerjaan atau bisnis dari kalangan kelas atas tersebut. Dimana menurutnya kalangan kelas atas untuk berbagi bisnis tidak dibingungkan masalah uang, sehingga caranya untuk mendapatkan kalangan kelas atas beliau bela belain berhobi kuda untuk masuk komunitas kuda, dimana hobi berkuda kebanyakan adalah kalangan kelas atas. dan ternyata benar dia mendapat banyak pekerjaan dari teman teman komunitas tersebut. tinggal Anda pandai menjalin hubungan dan kepercayaan yang anda berikan. Mungkin komunitas bisnis di Diskusi Toko Online Dapat membantu Anda  :)

Berkomunitas itu sangat penting untuk saling belajar dan mendapatkan teman hingga pekerjaan, tinggal dari Anda  memilih komunitas yang seperti apa. Tetapi ingat! Jangan selalu berharap pamrih dari komunitas, jika Anda loyal dengan teman komunitas Anda, pasti semua akan Anda dapatkan. :)

Loading...

  • 3
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *