Leadership

Calon Karyawan Seperti Apa yang Dicari Para Eksekutif Dunia

 

Loading...

Sejumlah eksekutif kelas dunia berbagi pandangan seputar apa yang mereka cari dari calon rekruitmen baru. Meskipun mereka tidak secara langsung melakukan interview, paling tidak merekalah yang paling mengerti tentang kultur yang diterapkan dalam perusahaan mereka. Mereka sepakat bahwa hal yang paling basic dari calon karyawan adalah attitude yang cocok dengan kultur perusahaan mereka masing-masing. Seperti apa?

Richard Branson, Founder The Virgin Group 

Richard-Branson

“Hal nomor satu yang harus anda miliki, terutama jika Anda ingin menjadi manajer di Virgin, adalah seberapa baikkah Anda bisa berhubungan dengan orang lain. Jika Anda benar-benar peduli dengan orang-orang di sekitar anda, maka saya yakin kami bisa menemukan pekerjaan untuk Anda di Virgin. Ada pula beberapa atribut yang harus dipertimbangkan, namun saya pikir itulah yang paling penting.” (via BusinessPundit.com)

Tony Hsieh, CEO Zappos 

Tony-Hsieh

“Kami memberikan dua set wawancara. Manajer akan mewawancarai hal-hal standar seperti pengalaman yang relevan, kemampuan teknis, dan lain sebagainya. Kemudian departemen SDM melakukan wawancara terpisah untuk menemukan kecocokan dengan kultur kami [happiness]. Kami telah menemui banyak orang-orang berbakat yang benar-benar pintar. Tapi jika mereka tidak cocok dengan kultur kami, maka kita tidak akan mempekerjakan mereka. Karena kami yakin bahwa kultur bermain di jangka panjang perusahaan.” (via BusinessInsider.com)

Sheryl Sandberg, COO Facebook

Sheryl-Sandberg

“Saya pernah bertemu dengan seorang wanita bernama Laurie Goler, lulusan Harvard Business School tahun1997, dia pernah bekerja di bagian pemasaran eBay dan saya agak mengenalnya secara sosial. Suatu hari dia memanggil saya dan berkata, “Saya ingin berbicara dengan Anda tentang kesempatan untuk bekerja di Facebook.” Katanya lagi, “Sebenarnya saya berniat untuk memberitahu kualifikasi saya. Tapi saya pikir semua orang sudah melakukannya. Jadi sebagai gantinya, saya ingin tahu apa masalah terbesar Facebook dan bagaimana saya bisa mengatasinya?”

“Saya benar-benar terkejut. Sepanjang karir saya, saya telah mempekerjakan ribuan orang. Tapi tidak ada satupun di antara mereka yang pernah mengatakan hal seperti ini. Saya pun tidak pernah mengatakan hal seperti ini. Pencari kerja selalu bercerita tentang dirinya. Tetapi tidak dalam kasus Laurie. Maka saya pun berkata, ‘Anda diterima’. ” (via BusinessInsider.com)

John Chambers, CEO Cisco

John-Chambers

“Hal pertama yang akan saya tanyakan adalah ‘ceritakan tentang pencapaian Anda’. Karena saya tidak pernah mengasosiasikan kerja keras dengan kesuksesan. Pencapaian adalah kesuksesan.”

“Saya juga akan meminta Anda untuk bercerita tentang kegagalan Anda. Dan disinilah kebanyakan mereka membuat kesalahan. Saya sangat terkejut karena kebanyakan menjawab, ‘Saya tidak bisa memikirkan jawaban yang tepat’. Kita semua memiliki kesalahan dan pernah gagal. Maka penting sekali bagi saya agar mereka berbicara jujur ??tentang kesalahan mereka. Dan kemudian pertanyaannya adalah, kali ini [di Cisco] apa yang akan Anda lakukan secara berbeda?” (via New York Times)

Jeff Bezos, Founder Amazon 

Jeff-Bezos

“Ketika bangun dan di kamar mandi, mereka berpikir tentang pelanggan, dan berpikir bagaimana menciptakan sesuatu yang dapat memuaskan pelanggan. Dan jika menurut mereka hal seperti ini merupakan tantangan yang menyenangkan, maka kami yakin kami bisa menemukan tempat bagi mereka di sini.

“Beberapa perusahaan, jika Anda ingin menggambarkannya dalam satu kata, memiliki mentalitas penguasa. Sedangkan kami memiliki mentalitas penjelajah. Dan orang-orang yang punya mentalitas seperti kami, suka merintis, maka mereka cenderung dapat tinggal di sini, dan bersenang-senang.” (via Harvard Business Review)

Eric Schmidt, Chairman Google 

Eric-Schmidt

“Kami menghabiskan banyak waktu dan sangat ketat di kualifikasi akademik, kecerdasan, kreativitas intelektual, gairah dan komitmen. Dan apa yang mengganggu saya adalah buku-buku manajemen seringkali menyebut bahwa hal-hal seperti ini sudah umum, tapi tidak ada satupun yang melakukannya.” (via GigaOm)

Ben Silbermann, Founder Pinterest

Ben-Silbermann

“Saya adalah orang yang cenderung introvert. Ketika Anda menanyakan banyak hal pada orang-orang seperti saya, kadang hal yang baik dan yang buruk terjadi. Itulah keuntungannya mempekerjakan orang lain — Anda dapat bekerjasama dengan orang-orang yang tahu semua hal yang tidak Anda tahu. ” (via Huffington Post)

Jeff Weiner, CEO LinkedIn

Jeff-Weiner

“Hari ini, pertanyaan paling banyak saya dapatkan dari mahasiswa dan siswa magang adalah cara terbaik untuk mencapai tujuan karir mereka. Versi pendek dari tanggapan saya adalah bahwa Anda harus tahu apa yang Anda ingin capai. Segera setelah Anda melakukannya, Anda akan mulai mewujudkannya baik secara eksplisit dan implisit.” (via LinkedIn blog)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *