Character Building

Cara Berbicara di Depan Umum Layaknya Profesional

 

Loading...

Cara Berbicara di Depan Umum – Banyak momen penting yang mengharuskan kita untuk berbicara di depan umum, misalnya saja presentasi atau pidato. Banyak orang yang grogi untuk tampil di depan umum, bahkan menganggap bahwa hal tersebut menakutkan. Atasi rasa takut Anda, kuasai berbagai teknik berbicara di depan umum berikut ini. Dijamin, Anda akan nampak seperti profesional!

Cara berbicara di depan umum dengan profesional

1. Pahami apa yang ingin Anda sampaikan

Agar lancar berbicara di depan khalayak ramai, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memahami apa yang ingin disampaikan. Jika Anda akan menyampaikan presentasi materi, tentunya Anda perlu mempelajarinya terlebih dahulu. Lain lagi jika Anda ingin berpidato, tentunya Anda harus memahami topik yang akan diberikan.

2. Lakukan persiapan yang matang

Kesuksesan dalam berbicara di depan umum bisa diraih dengan persiapan yang matang. Susunlah materi yang hendak disampaikan dengan baik. Seperti yang telah disebutkan pada poin pertama, Anda perlu memahami materi dengan baik.

Selain itu, lakukan juga latihan berbicara beberapa hari sebelum hari-H. Anda bisa minta bantuan teman, keluarga, atau kolega untuk menemani Anda berlatih. Alangkah baiknya jika Anda juga meminta feedback dan saran, sehingga bisa memperbaiki kekurangan yang ada.

3. Berikan senyum dan sapaan yang ramah untuk audiens

First impression is everything! Membangun kesan pertama yang baik akan membuat audiens tertarik. Ternyata, tak sulit untuk membuat kesan pertama yang bagus, cukup dengan dua hal saja!

Saat tampil, buka dengan menyapa audiens. Perlihatkan bahwa Anda antusias untuk hadir di hadapan mereka. Jangan lupa, berikanlah senyum terbaik Anda. Selanjutnya, Anda pun akan lebih nyaman untuk melanjutkan presentasi atau pidato.

4. Jalin kontak mata dengan audiens

Hal penting lainnya terkait tampil berbicara di depan umum adalah menjalin kontak mata. Menjalin kontak mata dengan audiens menandakan bahwa Anda menghargai mereka sebagai lawan bicara. Sebaliknya, jika Anda tidak menjalin kontak mata, Anda akan terlihat tidak percaya diri dan kurang profesional.

5. Jangan lupa berinteraksi dengan audiens

Salah satu hal menakutkan saat berbicara di depan umum adalah audiens menjadi bosan. Saat mereka bosan, mereka pun tidak menyimak paparan kita dengan baik. Memang, hanya menyimak paparan materi bisa jadi membosankan, apalagi jika durasinya cukup lama.

Jangan kuatir, kebosanan tersebut tentunya bisa dicegah. Alangkah baiknya jika sesekali Anda pun berinteraksi dengan audiens. Ada banyak cara berinteraksi yang bisa dicoba. Anda bisa melempar pertanyaan, meminta pendapat, bahkan melakukan ice breaking.

6. Temukan gaya bicara khas diri sendiri

Jika Anda perhatikan, para tokoh terkenal dunia memiliki gaya khasnya tersendiri saat berbicara di depan umum. Hal itulah yang juga harus Anda miliki. Anda perlu menemukan gaya bicara khas diri Anda.

Caranya mudah saja, be the best version of yourself. Menjadi diri sendiri adalah cara terbaik untuk terlihat profesional. Anda akan lebih lepas dan lancar dalam menyampaikan materi. Dengan menjadi diri sendiri, rasanya pun lebih nyaman ketimbang meniru gaya orang lain, bukan?

7. Latihan lagi dan lagi

Practice makes perfect. Semakin banyak latihan tentunya Anda akan semakin profesional untuk tampil. Setelah selesai presentasi atau berpidato, mintalah feedback dari orang yang menyimak Anda. Perbaikilah hal-hal yang masih kurang, tingkatkanlah hal-hal yang sudah baik.

Jangan lewatkan berbagai artikel menarik terkait character building dan bisnis hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berlatih, salam sukses!

Photo by Teemu Paananen on Unsplash

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *