Technology

Cara Cerdas Agar WordPress Kamu Jauh Lebih Cepat Saat Diakses

 

Loading...

Kalau kamu sedang mengakses sebuah website dari WordPress dan mengalami akses yang lambat, pasti kamu sangat sebal kan? Bagaimana tidak, yang seharusnya sepersekian detik waktu kamu bisa kamu gunakan untuk membaca beberapa baris kalimat, hanya bisa kamu gunakan untuk menunggu akses. Padahal kamu yakin koneksi internet kamu tidak mengalami kendala apapun.

Nah, apa jadinya jika itu adalah website WordPress kamu? Apa yang akan kamu jelaskan kepada pengunjung atau pembeli di toko online kamu? Tentu sangat mengganggu bukan? Benar sekali, akses yang seharusnya tidak menjadi kendala justru mengganggu aktivitas online bahkan mengganggu proses berjualan online kamu. Dan membuat pelanggan pergi karena enggan menunggu lama masuk ke webiste kita adalah hal yang tidak kita inginkan. Itu sebabnya kita perlu memastikan bahkan WordPress kita cepat bila diakses, dari manapun, oleh siapapun dan kapanpun.

Lalu apa saja yang harus kita lakukan? Berikut ini jawaban yang kita cari :)

Gunakan Javascript yang sesuai dan dalam batas kewajaran

Sebenarnya self hosting WordPress yang kita gunakan sudah ringan. Dengan catatan kita tidak menggunakan fitur Javascript secara berlebihan. Javascript memang digunakan untuk mempercantik tampilan dari website kita, tapi jika berlebihan, tentu akan membuat akses website jauh lebih berat. Kurangi penggunaan widget Javascript yang tidak penting. Sebab pembaca datang bukan untuk mengagumi penampilan theme website kita, tapi untuk menikmati konten di website WordPress kita.

Memilih template yang sesuai dengan kebutuhan

Template yang disediakan oleh WordPress memang beraneka ragam, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Kadang itulah yang membuat kita kalap sata memilih template. Pemilihan template bukan hanya berpengaruh untuk penampilan menarik bagi pembaca, tapi juga untuk akses website WordPress kita. Pilihlah template yang simple, enak dilihat dan ringan loadingnya. Kalau mengikuti keinginan, bisa – bisa kecepatan dan kenyamanan akses pengunjung menjadi terabaikan.

Tidak menggunakan plugin dalam jumlah banyak

Selain Javascript, kita juga mengenal istilah plugin di dalam WordPress. Fitur menarik inilah yang juga menjadi salah satu penyebab website WordPress kita menjadi sangat lambat. Terlebih ketika kita tidak mengoptimasinya dengan baik. Batasi penggunaan plugin yang hanya sesuai dan kamu perlukan saja. Karena plugin juga akan memakan resource server kamu, seperti plugin related post.

Karena plugin related post penting untuk kita menarik lebih banyak pengunjung dan meningkatkan pageview, kita bisa mengatasinya dnegan menggunakan plugin alias menuliskan sendiri kode PHP pada template. Script PHP telated post akan jauh lebih meringankan beban akses website kita.

Mengoptimasi kecepatan akses dari CSS

Secara umum CSS yang disediakan oleh WordPress tidak terlalu memberatkan, namun ada yang perlu kita perhatikan. Cobalah untuk mengurangi penggunaan CSS3, sekalipun terlihat lebih canggih, namun CSS3 bisa membuat akses websita kita melambat. Karena penulisan kode CSS3 jauh lebih kompleks dan harus ditulis dobel agar mampu disupport oleh beberapa jenis browser. Kalau kita menggunakannya maish dalam batas yang wajar, mungkin tidak akan berpengaruh banyak. Namuan CSS3 biasanya sudah mendukung animasi, dan jika kita tidak terlalu membutuhkan itu, maka usahakan untuk tidak memasangnya.

Background halaman juga bisa menjadi gangguan

Membuat pengunjung tertarik memang bisa kita optimasikan dari sisi manapun, termasuk menambahkan background untuk halaman website. Tapi kita juga tahu, bahwa konten gambar juga cukup memberatkan ketika website diakses. Jika memang perlu coba gunakan gambar dengan ekstensi JPG dan memiliki resolusi rendah. Karena JPG bisa diatur, resolusinya juga bisa menjadi lebih rendah dengan bantuan Photoshop. Kalau memang tidak perlu sebaiknya tidak kita gunakan.

Optimasi gambar dalam postingan konten Kamu

Biasanya tanpa gambar, sebuah postingan tidak akan menarik. Namun gunakanlah gambar dengan ekstensi JPG dan resolusi yang rendah, atur gambar dengan maksimal resolusi sekitar 70KB. Jangan lupa untuk meresize gambar terlebih dahulu, baik dari resolusi atau ukuran gambar. Jika tidak ingin memiliki gambar yang buruk, jangan mengecilkan gambar dengan menggunakan CSS/HTML. Potonglah/resize dengan ukuran yang sebenarnya.

Sediakan fasilitas untuk akses via mobile

Kalau kamu ingin memberikan kemudahan untuk pengunjung website, kamu bisa memberikan fasilitas di beberapa perangkat, seperti mobile. Sistem kerjanya adalah jika blog diakses menggunakan browser di smartphone kita, maka otomatis yang tampil adalah versi mobilenya. Kenapa kita perlu menggunakan tampilan website versi mobile? Karena saat ini pengguna smartphone sudah cukup banyak. Dan ini merupakan peluang bagi kita untuk menjangka dan mendapatkan pengunjung lebih banyak.

Kita bisa menggunakan plugin semacam WordPress Mobile Pack atau WordPress mobile. Cara penggunaannya juga cukup mudah, hanya tinggal menginstal plugin seperti biasa dan melakukan beberapa setting, maka website kita sudah bisa diakses dengan tampilan mobile. Nah, kita juga bisa membuat halaman untuk situs khusus mobile dengan menggunakan subdmain m.namadomain.com. Nah, dengan begitulah kita bisa memberikan kemudahan kepada pengunjung untuk datang dan menikmati konten website kita.

Pertimbangkan untuk membuat website aplikasi dengan WordPress

Jika kamu ingin membuat sebuah website aplikasi seperti menyediakan font seperti Google, coba pertimbangkan kembali. Karena itu membutuhkan waktu loading yang cukup lama di halaman blog atau website kita. Hal ini karena setiap web fonts yang kita gunakan pada halaman blog atau website akan diambil secara terpisah, dan itu akan menambah jumlah HTTP requests pada saat mengakses sebuah halaman website.

Manfaatkan page caching

Kita bisa memanfaatkan implementasi caching seperti yang terdapat pada plgin W3 Total Cache, WP Super Cache dan lain sebagainya. Plugin ini akan melakukan caching(penyimpanan) pada halaman blog yang telah diakses. Kemudian akan menyampaikan halaman blog yang sudah tercache kepada pengunjung blog selanjutnya.

Dengan teknik inilah, server hosting yang kita gunakan tidak perlu repot – repot melakukan eksekusi pada seluruh script yang ada di dalam WordPress dan melakukan query database. Karena pengunjung blog akan “disuguhi” konten statik yang suda berada dalam cache tersebut. Ini juga akan membantu loading website kita jauh lebih cepat dan resonsif pada sata diakses.

Gunakan share hosting yang mendukung kinerja WordPress kamu

Inilah salah satu yang harus kamu perhatikan ketika ingin mengembangkahan WordPress kamu. Kalau kamu menggunakan shared hosting maka pastikan terlebih dahulu bahwa shared hosting itu memang khusus disediakan untuk pengguna WordPress. Arti kata, setiap website WordPress memiliki kebutuhan akan fitur dan plugin yang berbeda – beda. Sedangkan tidak semua shared hosting menyediakan hal itu. Shared hosting yang kamu gunakan juga harus dipastikan memiliki performa yang baik, karena shared hosting yang overload atau overselling akan mengakibatkan server terbebani dan lambat dalam memproses page generation di website kita.

Tidak semua WordPress Hosting di Indonesia dengan khusus menyediakan hosting untuk pengguna WordPress. mereka hampir menyamaratakan kebutuhan website atau WordPress setiap penggunanya. Padahal tidak, karena setiap website WordPress memiliki kebutuhan sendiri. Untuk itu, perlu kamu uji terlebih dahulu kualitas WordPress Hosting yang ada di Indonesia, sebelum kamu memilihnya untuk website WordPress kamu.

Wordpress Hosting Indonesia

Kalau kamu tahu, VPS itu powerfull juga untuk WordPress

Bukan hanya shared hosting saja yang bisa kamu gunakan untuk mendukung kinerja dan performa website WordPress, tapi juga dengan VPS. Jika kamu memiliki uang yang lebih, jangan ragu untuk menggunakan dan menyewa VPS dan menggunakannya sebagai server hosting pada blog WordPress yang kamu miliki. Kamu mmeiliki banyak pilihan dan opsi untuk memiliki VPS agar blog bias diakses dengan lebih cepat. Kenapa bisa begitu? karenakamu memiliki server kamu sendiri sekalipun dalam bentuk virtual. Menggunakan VPS dalam membantu kita mengimplementasikan kompresi (Page compression), implementasi web server yang lebih tangguh(nginx, litespeed, dan sebagainya) dan juga lainnya.

Hosting yang digunakan harus menjamin kecepatan akses dari sumber data yang diakses

Data atau konten yang dimiliki oleh website WordPress kita tentu akan disimpan di dalam sebuah database khusus. Seharusnya memang begitu, karena bagaimanapun ketika kita mengakses data hanya dari 1 jenis database maka itu akan membuat akses WordPress menjadi semakin lambat. Jika Kamu memilih untuk menggunakan Jasa Hosting untuk WordPress, carilah yang menyediakan fasilitas Database khusus untuk konten Kamu.

Database memang seharusnya dipisahkan, antara database pada website kita endiri dan juga untuk database konten Website kita. Sehingga ketika user mengakses dan sistem membaca data kita, mereka tidak akan merasakan akses yang berat. Bukankah ini sangat meringankan kerja kita? Tentu saja.

Teknologi CDN sangat cocok untuk membantu optimasi kecepatan website kamu

CDN yang lebih dikenal dengan Content Delivery Network ini bisa membantu untuk memaksimalkan kecepatan akses website WordPress kita. Pada share hsoting yang biasa kamu gunakan, seluruh pengunjung blog akan mengakses server hosting yang kita sewa Berbeda ketika kamu menggunakan WordPress Hosting dengan fasilitas CDN, mereka akan mengimplementasikan CDN yang mendistribusikan konten blog ke beberapa server di berbagai belahan dunia. Pengunjung blog akan mengakses konten blog tersebut dari server terdekat dengan lokasi pengunjugn website kamu. Kamu dapat memilih provider WordPress Hosting dengan fasilitas CDN, seperti WordPress Hosting dari Beon.co.id.

Carilah layanan hosting untuk WordPress yang memiliki fasiltas Accelerator

Salah satu yang membuat akses sebuah website cepat adalah jumlah atau ukuran data dari konten yang diakses. Saat kita memposting konten dengan ukuran yang besar, bisa dipastikan itu akan membuat akses menjadi sangat berat. Saat user mengakses konten kita, sebaiknya ada sebuah proses yang melakukan optimize otomatis pada bagian WordPress. Dan proses ni lah yang dimaksud dengan Accelerator.

Konten yang diakses user akan dioptimize di server WP, dan setelah itu akan dikirimkan kembali oleh accelerator kepada user yang mengaksesnya. Ini membuat akses website WordPress menjadi lebih ringan dan cepat. Jadi, jika Kamu memilih untuk menggunakan hosting khusus untuk WordPress, pilihlah layanan yang memiliki fasilitas Accelerator. Ini akan menguntungkan kita dari segi kecepatan akses sebuah website.

Seperti salah satu fitur yang disediakan oleh Beon.co.id. WordPress Hosting Indonesia dengan fitur Web Accelerator, harga mulai 79rb/bulannya, WordPress Anda akan mendapatkan hosting, fitur dan perlakuan KHUSUS yang menjamin performa dan kecepatan akses website WordPress Anda.

Nah, mana yang menjadi pilihan kamu sekarang? :)

Baca juga:

Tips Optimasi Script untuk Meningkatkan Kecepatan Website Anda

8 Tips Meningkatkan Kecepatan Website

Tips Optimasi untuk Meningkatkan Kecepatan Loading Website

Loading...

4 komentar

  • 29 April 2015 - pukul 2:34

    Terima Kasih atas informasi kecepatan untuk WordPress. Salam Tracker

  • 9 April 2017 - pukul 17:20

    Beberapa sudah diterapkan tapi sebagian lagi masih dalam proses pembelajaran.
    thanks infonya.

  • 7 Juni 2018 - pukul 18:37

    masalah Javascript ini buat saya susah diatasi, jika kita meletakkan semua Javascript di footer maka konsekuensinya biasanya ada beberap unsur halaman web tidak berfunsi dgn baik…

  • 28 September 2018 - pukul 21:40

    terimakasih infonya

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *