e-Marketing & Sales Sosial Media Tips Bisnis

Cara Jualan di Instagram Agar Bisnis Laris Manis

 

Loading...

Cara Jualan di Instagram – Menggunakan Instagram bisa menjadi strategi marketing bisnis yang jitu. Simak bagaimana caranya berjualan di Instagram agar strategi marketing maksimal.

Bagaimana cara jualan di Instagram yang maksimal?

Menjalani bisnis jualan memang menantang. Instagram bisa menjadi media berjualan yang cukup oke untuk meningkatkan omzet bisnis, lho, asalkan Anda paham bagaimana cara berjualan yang baik melalui medsos ini. Lantas, bagaimana caranya?

Sebenarnya, mudah saja menemukan cara berjualan yang baik di Instagram. Anggaplah profil akun Instagram layaknya toko tempat Anda berjualan. Tentunya, banyak hal yang harus dilakukan agar toko Anda ramai dikunjungi, mulai dari mempercantik tampilan, mengisi dengan barang-barang lengkap, hingga mempromosikan toko.

Hal tersebut juga berlaku untuk berjualan di Instagram. Anda perlu memperhatikan tampilan, isi konten akun, hingga strategi untuk mempromosikan akun. Inilah langkah-langkah spesifik agar dapat berjualan di Instagram dengan maksimal.

1. Buatlah akun Instagram bisnis

Kini, Anda bisa membuat akun khusus bisnis di Instagram. Akun khusus bisnis Instagram tentunya berbeda dengan akun pribadi biasa, ada beberapa fitur yang mendukung jalannya bisnis Anda.

2. Percantik tampilan profil akun

Tampilan profil bagaikan tata letak toko Anda. Tentunya, orang-orang akan berminat mengunjungi toko yang terlihat menarik, bukan?

Desain memegang peranan penting dalam hal ini. Anda bisa menggunakan desain dalam suatu tema warna agar akun terlihat cantik dan rapi. Selain itu, tampilan akun yang tertata akan menunjukkan bahwa bisnis Anda profesional.

3. Membuat berbagai konten menarik dan unik

Konten bisa diibaratkan sebagai barang-barang yang tersedia di toko Anda. Tentunya, pembeli akan lebih tertarik dengan toko yang menyediakan berbagai barang berkualitas. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk memperhatikan kualitas konten.

Walaupun Anda menggunakan Instagram untuk berjualan, konten yang Anda buat tidak perlu tentang produk melulu. Sesekali, buatlah konten yang bisa menarik interaksi dengan followers alias konten yang meningkatkan engagement.

Penting untuk diingat bahwa hendaknya membuat konten yang sesuai dengan target audience alias pihak yang ingin dituju. Selain itu, selalu ikuti tren yang sedang happening agar Anda bisa membuat konten menarik. Oh ya, penting juga untuk memposting konten secara teratur dan terjadwal.

4. Pikat dengan caption seru

Caption bukan hanya sekadar keterangan konten. Caption yang menarik dapat membuat orang-orang tergerak untuk mem-follow akun kita dan bahkan melakukan pemesanan. Kemampuan dalam bidang copywriting sangat dibutuhkan untuk hal ini.

5. Menggunakan hashtag

Penggunaan hashtag yang tepat dapat membuat konten Anda ditemukan serta dilihat oleh lebih banyak orang. Hashtag yang bersifat umum dan populer tentunya dipakai banyak orang, sehingga postingan Anda bersaing dengan banyak postingan. Oleh karenanya, gunakanlah hashtag yang agak spesifik, serta berkaitan dengan produk yang dijual.

6. Membuat berbagai promo menarik dan giveaway

Membuat promo menarik bisa meningkatkan antusiasme audiens terhadap akun Anda. Anda bisa memberikan potongan harga atau bonus produk tertentu. Anda juga bisa mengadakan bagi-bagi produk gratis alias giveaway.

Anda bisa memberikan beberapa syarat yang menguntungkan bisnis, misalnya dengan mewajibkan untuk follow akun serta reshare konten di Instagram Story. Dengan demikian, secara tidak langsung individu yang mengikuti peraturan tersebut mempromosikan akun Anda.

7. Bekerja sama dengan influencer

Salah satu cara untuk membuat jualan Anda makin dikenal adalah promosi lewat influencer. Para influencer sering disebut dengan istilah selebgram. Pilihlah selebgram yang terkenal di kalangan target audience.

8. Menggunakan Instagram Ads

Anda juga bisa mempromosikan akun lewat fitur Instagram Ads. Instagram akan mengiklankan akun Anda. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak langkah-langkah Instagram Ads berikut dengan saksama.

Penutup

Itulah beberapa strategi berjualan di Instagram yang bisa Anda lakukan. Anda juga bisa menyimak berbagai strategi Instagram marketing khusus untuk bisnis dari berbagai artikel persembahan Mebiso. Selamat mencoba, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *