Leadership Produktivitas Work Life Balance

Mengenal Cara Kerja WFH Supaya Tetap Produktif

 

Cara Kerja WFH – Saat ini sudah mulai banyak sebagian perusahaan yang memberlakukan sistem kerja remote atau WFH (Work From Home) bagi karyawan. Itu sebabnya banyak dari karyawan yang memilih bekerja di rumah. Tidak ada yang salah dengan pemilihan tempat kerja ini, asalkan nyaman dan memberi dukungan penuh untuk dapat menyelesaikan setiap pekerjaan dengan baik. Oleh karena itu, kenali cara kerja WFH yang efisien agar Anda tetap produktif meski bekerja dari rumah!

Awali cara kerja WFH dengan mengatur ruangan Anda

Untuk lebih memaksimalkan kinerja saat bekerja di rumah, sebaiknya kita memilih tempat yang nyaman agar mampu menunjang performa kerja kita. Kita bisa mengatur setiap sudut dari tempat yang kita pilih untuk bekerja. Anda bisa menggunakan meja belajar atau membuat sebuah ruangan khusus yang akan digunakan untuk bekerja. Tata ruang kerja atau meja kerja Anda sesuai dengan keinginan dan selera Anda. Pastikan Anda nyaman dalam bekerja sekalipun berada di dalam rumah.

Membuat to do list juga jadi cara kerja WFH yag efisien

Sekalipun bekerja dari rumah, tapi setiap pekerjaan atau kegiatan Anda harus terencana dengan baik. Anda harus tahu apa yang akan dan apa yang harus diselesaikan. Dengan begitu Anda tahu apa target yang harus Anda capai. Setelah membuat sebuah perencanaan, Anda harus menerapkannya dalam setiap aktifitas. Lakukan setiap pekerjaan sesuai dengan rencana dan target pencapaian Anda.

Jangan putus koneksi dengan karyawan

Bagi Anda yang memiliki anak buah atau bawahan tetaplah berhubungan dengan mereka. Teknologi saat ini sudah sangat memudahkan Anda bekerja dari manapun tanpa kehilangan update informasi apapun dari kantor. Skype atau Google Hangouts bisa menjadi pilihan Anda. Lakukan diskusi rutin dengan rekan kerja, relasi bisnis ataupun karyawan Anda. Tanyakan kabar mereka dan bagaimana pekerjaan mereka hari itu. Itu akan membuat Anda tetap bisa memperhatikan mereka.

Pastikan Anda tetap memiliki waktu santai

Bagi orang yang “gila” kerja, terkadang waktu tidak menjadi masalah untuk dapat menyelesaikan pekerjaan mereka. Namun itu tidak baik, karena Anda adalah pekerja biasa yang membutuhkan waktu untuk diri Anda sendiri dan keluarga. Sekalipun Anda ditargetkan oleh perusahaan untuk dapat bekerja maksimal, pastikan Anda tetap memiliki akhir pekan yang Anda miliki. Ini akan membantu Anda beristirahat sebelum mulai melakukan aktifitas kembali. Jangan paksa diri Anda ketika Anda juga memiliki waktu untuk mengekspresikan apa yang Anda miliki. Gunakan waktu kerja secara maksimal sehingga tidak mengganggu waktu berlibur Anda.

Demikian cara kerja WFH yang patut Anda coba agar tetap produktif. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
(dok. Pexels)

Baca juga:

Tetap Produktif Bekerja dengan Melakukan 5 Trik Ini!

Kiat Mengadakan Meeting Kerja yang Efisien dan Produktif

3 Hal yang Membuat Anda Hilang Fokus Kerja


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *