Start A Business

Cara Membuat Blog Gratis Dalam 6 Langkah

 
  • 1
    Share

   

Cara Membuat Blog Gratis Dalam 6 Langkah – Ada beragam cara untuk membuat blog yang cantik. Anda dapat menghubungi agensi software yang Anda tahu untuk membuatkan Anda sebuah blog yang bagus. Atau Anda dapat merekrut programmer yang akan Anda tugaskan untuk membuat sebuah blog. Tapi tahukah Anda, jika kita dapat membuat blog sendiri dengan gratis dan mudah? Dengan WordPress kita dapat membuat sebuah blog dengan sangat mudah dan gratis tanpa membayar sepeser pun. Kita juga dapat membuatnya cantik dengan kustomisasi sesuai dengan selera kita sendiri. Caranya cukup dengan mendaftar di WordPress, tentukan nama blog kita, dan kustomisasi dengan mengganti theme. Maka Anda sudah siap untuk menulis di blog Anda sendiri.

 

Berikut ini adalah langkah demi langkah bagaimana membuat blog gratis di WordPress.

 

  1. Buka browser Anda, dan arahkan browser Anda ke alamat http://wordpress.com. Alamat website tersebut adalah milik WordPress, tempat kita akan membuat blog dengan gratis. Pada bagian depan website, jika Anda lihat, Anda akan langsung diarahkan ke tombol Get Started. Tombol ini akan menuntun kita ke proses pendaftaran blog di WordPress. Klik tombol Get Started tersebut, maka Anda akan diarahkan ke sebuah halaman berisi form informasi mengenai blog yang akan Anda buat. 

    Form tersebut berisi beberapa kolom, antara lain nama blog, tema dari isi blog, dan tujuan dari pembuat blog. Isi form tersebut sesuai dengan preferensi Anda. Kemudian klik Continue.

  2. Langkah berikutnya adalah menentukan alamat blog Anda. Blog Anda akan dapat diakses melalui link [alamat-blog].wordpress.com. Jadi, pastikan disini Anda mengisinya dengan cermat. Gunakan nama yang mudah diingat dan benar-benar mempresentasikan diri Anda. Jangan gunakan nama yang terlalu panjang dan sulit untuk dieja. Nama yang baik dan mudah diingat akan meningkatkan potensi jumlah kunjungan ke blog Anda. Tentunya Anda ingin blog Anda ramai dikunjungi bukan? Saat Anda selesai mengisi alamat blog, WordPress secara otomatis akan memunculkan banyak opsi alternatif untuk alamat blog Anda. Ada pula opsi yang berbayar. Jika Anda tetap menginginkan blog secara gratis pilih opsi gratis (Free) yang ditawarkan oleh WordPress. Hal ini memastikan Anda tidak dipungut biaya apapun oleh WordPress. Namun konsekuensinya, alamat blog Anda akan berakhiran .wordpress.com. Namun hal ini tidaklah masalah, karena Anda tetap akan mendapatkan fitur yang komplit dari WordPress untuk mengembangkan blog Anda.
  3. Langkah berikutnya adalah menentukan pricing. WordPress menawarkan berbagai layanan berbayar yang akan sangat bermanfaat bagi penggunanya, seperti layanan customer service, anaylitics, dll. Pricing ini terbagi menjadi 3, yaitu Personal, Premium, dan Business. Masing-masing dibedakan berdasarkan fitur yang akan didapatkan oleh penggunanya. Namun jika Anda tetap menginginkan layanan gratis, Anda tetap bisa mendapatkannya. Klik tombol Start With Free.
  4. Langkah selanjutnya adalah membuat akun wordpress. Akun tersebut akan Anda gunakan untuk Login ke dalam blog Anda. Pastikan alamat email yang Anda masukkan benar. Memasukkan alamat email yang salah dapat membuat Anda gagal untuk mengaktivasi blog Anda. Sedangkan untuk password, gunakan password yang sulit ditebak namun mudah untuk diingat. Setidaknya password Anda mengandung variasi dari huruf kapital, huruf kecil, dan angka. Hal ini akan memastikan password Anda akan terproteksi dengan baik dan tidak mudah ditebak sehingga membuat blog Anda tidak mudah disusupi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Klik Finish untuk menyelesaikan proses registrasi. Anda akan mendapatkan email dari WordPress untuk proses aktivasi.
  5. Buka email Anda dan klik link yang terdapat di dalam email tersebut. Dan voila! Anda telah mempunyai sebuah blog yang siap untuk diisi dengan tulisan-tulisan menarik dari Anda.
  6. Selamat mencoba

 

 

Baca artikel menarik lainnya:

Cara Membuat Blog Dalam 3 Menit

Belajar Beriklan Di Facebook Dalam 5 Langkah

Bagaimana Caranya Website Anda di Halaman Pertama Google?

           
  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *