Start A Business

Cara Membuat Blog Pribadi Yang Profesional Dengan Cara Mudah

 

   

Cara Membuat Blog Pribadi Yang Profesional Dengan Cara Mudah – Apakah Anda mempunyai kegemaran dalam hal menulis? Apabila jawabannya “Iya” maka Anda butuh media untuk menyalurkan kegemaran Anda ini. Di era digital seperti sekarang ini, Anda tidak perlu repot-repot untuk menyerahkan tulisan ke penerbit koran yang kadang di terbitkan atau pun bisa juga gagal. Cukup dengan membuat blog pribadi dan tulisan Anda pun bisa di baca banyak orang. Oleh karena itu, kemampuan yang harus Anda kuasai adalah membuat blog pribadi. Meski ada cara lain, yaitu meminta tolong orang yang lebih ahli untuk membuatnya. Namun, tidak ada salahnya bukan untuk bisa membuat blog sendiri dan kemudian mengoperasikannnya. Caranya tidak sulit untuk membuat blog yang tidak berbayar dan Anda pun bisa melihat tutorial Mebiso sebelumnya di “Cara Membuat Blog Gratis”. Sebelum Anda memutuskan untuk membuat blog pribadi, inilah beberapa hal yang perlu Anda cermati:

Pertama adalah memilih platform atau jasa penyedia jasa blog yang akan Anda gunakan. Hal ini penting karena setiap platform memiliki cara tersendiri untuk langkah-langkah pembuatan blog-nya, meski secara garis besar memiliki cara yang sama. Kumpulkan sebanyak-banyaknya informasi tentang platform yang Anda rasa paling nyaman untuk Anda gunakan, sehingga akan menambah semangat Anda dalam menulis. Contoh platform blog yang bisa di pilih antara lain: WordPress, Blogger, Joomla, Weebly, Wix, Posterous, Tumblr, dan masih banyak yang lainnya. Jadi rajin-rajinlah untuk googling tentang review penyedia jasa blog yang cocok di hati Anda. Konsultasi ke orang yang lebih ahli juga bisa membantu untuk menentukan pilihan.

Kedua adalah menentukan domain yang akan Anda pakai. Domain ini adalah nama url dari blog Anda, semua blog berbayar maupun gratis memiliki domain sesuai yang di buat oleh pemiliknya. Domain ibarat nama/identitas blog itu sendiri, sehingga alangkah baiknya apabila dengan nama ini pengunjung sudah tahu gambaran mengenai bahasan tulisan di dalamnya. Misalnya saja, ketika Anda berniat untuk menulis perihal pajak, Anda bisa menyertakan kata “pajak” di domain Anda, seperti: tipspajak.wordpress.com.

Ketiga adalah, putuskan di awal apakah Anda ingin membuat blog berbayar atau blog gratis. Keputusan yang Anda ambil akan menentukan langkah selanjutnya. Jika Anda ingin membuat blog berbayar, maka sebaiknya carilah agensi atau programmer, karena Anda yang bukan dari background IT tidak perlu belajar kode-kode pemrograman yang cukup sulit. Serahkan pada ahlinya saja. Lain halnya ketika Anda memilih blog yang gratis, Anda cukup pelajari tutorial Mebiso “Cara Membuat Blog Gratis” untuk memulai membuat blog pertama Anda dengan mudah.

Langkah terakhir adalah menata blog semenarik mungkin agar pengunjung tertarik dari tampilan blog dan kemudian terkesan juga untuk membaca content yang Anda suguhkan. Mempercantik blog berkaitan erat dengan fitur theme di blog, bagi yang pemula bisa mencoba memakai theme yang gratis dan apabila mempunyai modal untuk mempercantik tampilan, Anda juga kami sarankan untuk memakai theme yang berbayar. Theme yang berbayar memiliki pilihan yang beragam serta terjamin kualitasnya. Bahkan theme berbayar melengkapi fiturnya dengan file documentation atau langkah-langkah pengaturannya serta contact email yang bisa Anda hubungi apabila Anda ingin diskusi tentang theme yang Anda beli, serta bisa juga berkonsultasi mengenai error yang terjadi pada theme tersebut pasca beli.

Nah, dari ulasan di atas, kami yakin Anda sudah memahami langkah-langkah apa saja yang perlu di lakukan ketika akan membuat blog pribadi Anda. Karena tulisan merupakan suatu karya, sehingga dengan adanya blog yang bagus secara domain hingga tampilannya inilah yang dapat membuat karya Anda dibaca banyak orang dan bermanfaat bagi pembacanya. Selamat membuat blog pertama Anda!

 

 

Baca artikel menarik lainnya:

Cara Membuat Blog Menarik Perhatian Banyak Pengunjung

Cara Membuat Blog Gratis Dalam 6 Langkah

Cara Membuat Blog Dalam 3 Menit

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *