Technology

Cara Membuat Hosting Melalui Perangkat Android

 

Seperti yang Anda tahu, saat ini banyak sekali penyedia hosting seperti salah satunya Jagoanhosting.com. Dimana hosting – hosting tersebut menawarkan berbagai layanan berbeda dengan paket dan harga yang berbeda pula. Terkadang kita tidak menemukan pilihan yang tepat untuk hosting kita. Maka cara berikut bisa menjadi solusi permasalahan Anda tersebut.

Terimakasih kapada Android yang memungkinkan Anda untuk meletakkan sebuah website, atau istilahnya meng-hostingkan website di dalam device Anda sendiri. Namun perlu dicatat bahwa ini bukanlah solusi yang paling baik untuk semua orang. Tetapi ini sangat membantu developer yang ingin melakukan testing website mereka atau orang – orang yang ingin mengetahui kemampuan dan kapabilitas dari Android mereka.

Berikut adalah cara membuat hosting di Android Anda:

Membuat dan Mengatur Server

1. Install dan jalankan aplikasi KSWEB di Android Anda. Aplikasi ini memberikan 6 hari trial dan setelah itu apabila Anda ingin menggunakannya Anda diharuskan membayar dengan harga $2.99 untuk membuat hosting Anda tetap berjalan. Aplikasi lain yang juga bisa digunakan adalah My FTP Server (Gratis) dan Pixel Media Server (Gratis). Untuk kali ini kita akan menggunakan KSWEB.

1

2. Setelah Anda membuka aplikasi tersebut, silahkan masuk ke menu tools dan klik pada menu start.

2

3. Kemudian Anda bisa tes IP yang ditampilkan, untuk saat ini Anda hanya bisa mengakses IP yang ditunjukkan di bagian Wi-Fi Address dengan syarat Anda terhubung kejaringan. Atau untuk mengakses melalui Android device Anda, Anda bisa akses melalui http://localhost:8080 di browser Android Anda. Anda akan dimintai password untuk login. Silahkan isikan username dan password menggunakan default yang lebih mudah yaitu “admin”.

3

4. Berikut ini adalah pilihan yang tidak wajib namun saya sarankan untuk dilakukan. Yaitu merubah password login ke webserver Anda, dan juga mysql server Anda. Silahkan masuk ke menu “system setting” kemudian rubah password Anda sesuai kenginan Anda.

4

5. Kemudian upload file yang ingin Anda hostingkan di folder htdocs di dalam memory internal Anda.

5

Membuat Server Anda dapat diakses melalui internet (berbeda untuk tiap router)

1. Masuk ke dalam pengatuan router/modem Anda.

1a

2. Buat static IP untuk Android Anda agar IP Anda tidak berubah sewaktu – waktu.

2a

3. Buatlah‘port forwarding’ untuk mengarahkan port 80 yang digunakan webserver default ke 8080 yang digunakan oleh webserver Android Anda.

3a

4. Masuk ke pengaturan Android Anda dan tahan pada nama Wi-Fi yang Anda guanakan sampai muncul Pop-Up. Klikpada “Modify Network” dan rubah IP Anda sesuai IP yang Anda sediakan dilangkah sebelumnya.

4a

5. Saat ini Anda bisa mengakses website Anda dengan melalui IP public Anda. Apabila Anda belum mengetahui IP public Anda, silahkan akses http://wimi.com.

5a

Anda harus memberitahukan IP Anda kepada pengakses website Anda, atau Anda bisa gunakan domain gratis seperti cz.cc atau dot.tk untuk diarahkan ke webserver Android Anda dengan menggunakan A record yang diarahkan ke IP public Anda.

Dan yang harus diingat apabila Anda menghosting pada Android Anda, Anda harus memastikan Android Anda berjalan, atau Anda bisa menginstall Keep Screen On Free yang mengizinkan Anda untuk membiarkan Android Anda dalam kondisi hidup meski saat layarnya Sleep.

Sekian pembaca, kalau ada kritik dan saran atau pertanyaan bisa langsung disampaikan di comment dibawah.


1 komentar

  • 29 Desember 2014 - pukul 19:44

    Oh iya gan . sekarang ada aplikasi gratis membuat localhost di android . Namanya androphp .

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *