Technology

Cara Membuat Kabel UTP (Cross) untuk Jaringan Komputer Anda

 

Loading...

Nah administrator jaringan, kemarin kita sudah share tentang kabel Straight UTP (Kabel Straight untuk Jaringan Komputer Anda). Maka untuk melengkapi pembahasan sebelumnya kali ini kita juga akan discuss mengenai konektor berikutnya. Yaitu Cross. Sebuah kabel cross atau crossover dapat digunakan untuk:

1. Menghubungkan 2 komputer secara langsung (tanpa Hub).
2. Menghubungkan ModemĀ ADSLĀ ke Router.
3. Sambungan port LAN router ke switch / hub (untuk memperluas jaringan).
4. Menghubungkan 2 switch / hub melalui port normal di kedua switch / hub.

Cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan Straight. Yakni menggunakan alat bantu khusus seperti crimping tool untuk memasang konektor RJ-45 pada UTP dan LAN tester. Bedanya terletak pada susunan warnanya:

lan-utp-cross-1Terdapat perbedaan antara kabel Straight dan Cross dalam pengiriman data dan penerimaan data:

  • Pengiriman dan Penerimaan Data model kabel Straight adalah data dikirimkan menuju ke hub/switch, baru dari hub dikembalikan. Pengiriman data oleh network adapter akan diterima sebagai signal pengiriman data oleh hub/switch dan penerima data di network adapter dan penerimaan data oleh hub/switch.
  • Sedangkan Pengiriman dan Penerimaan Data model kabel Cross dari komputer ke komputer yaitu Pengiriman data oleh network adapter computer 1 akan diterima sebagai signal penerima di network adapter komputer 2 dan peneriaman data oleh network adapter komputer 1 merupakan pengiriman data oleh network adapter komputer 2.

Sekian share mengenai konektor Jaringan Komputer untuk kabel Cross. Semoga bermnafaat ;-)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *