Inspirasi Tutorial

Cara Menabung Emas di Pegadaian: Syarat dan Keunggulannya

 

Loading...

Ingin investasi emas namun tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli emas fisik? Tenang, Anda bisa pilih opsi program Tabungan Emas Pegadaian. Lantas, bagaimana cara menabung emas di Pegadaian? Apa yang membuatnya terasa spesial?

Sejak duluncurkan tahun 2015 silam, program Tabungan Emas ini mengelola lebih dari 1,9 ton tabungan emas yang tercatat sampai tahun 2018.

Angka tersebut menunjukkan ada 1.477.000 nasabah yang melakukan tabungan emas bersama Pegadaian. Ini menunjukkan bahwa program ini merupakan jenis investasi yang disukai banyak masyarakat Indonesia.

Keunggulan menabung emas di Pegadaian

Menabung emas itu penting, apalagi untuk hari tua kelak. Jika Anda ingin mengetahui hal-hal seputar investasi emas, Anda bisa cek artikel kami di sini.

Program Tabungan Emas Pegadaian merupakan sebuah layanan yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas dengan cara menitipkan saldo emas. Program investasi ini adalah cara yang mudah, murah, aman, dan tentunya terpercaya untuk berinvestasi.

Berikut adalah alasan mengapa menabung emas di Pegadaian adalah pilihan yang tepat:

  • Biaya administrasi dan pengelolaan yang ringan dan transparan
  • Mudah diakses. Program ini tersedia di seluruh outlet Pegadaian dan bisa juga diakses melalui Pegadaian Digital Service
  • Pembelian emas atau top up mulai dari 0,01 gram
  • Emas dalam bentuk fisik dapat dimiliki karena cetak emas dimulai dari kepingan 1 gram
  • Emasnya pun berkualitas tinggi, yaitu 24 karat
  • Selisih harga jual beli tidak merugikan nasabah
  • Dapat dicairkan dengan mudah dengan buyback mulai dari 1 gram
  • Pengelolaan emas yang profesional dan transparan

Syarat dan cara menabung emas di Pegadaian

  • Mengunjungi outlet Pegadaian di mana saja

Anda perlu mengunjungi outlet atau agen Pegadaian untuk membuka rekening Tabungan Emas Pegadaian. Selain mengunjungi outlet dan agen, Anda juga bisa mengaksesnya secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital Service atau Pegadaian Syariah Digital.

  • Membawa berkas dan mengisi formulir pembukaan rekening

Berkas yang harus Anda bawa adalah kartu identitas (KTP atau paspor). Setelah itu, Anda baru boleh mengisi formulir pembukaan rekening Tabungan Emas Pegadaian.

  • Membayar biaya administrasi

Setelah mengisi formulir, Anda bisa langsung melakukan pembayaran administrasi. Jika Anda mengunjungi outlet atau agen Pegadaian, biaya administrasinya sebesar Rp10.000. Sedangkan jika Anda mendaftar melalui Pegadaian Digital Service atau Pegadaian Syariah Digital, Anda tidak dikenai biaya administrasi.

Selain itu, Anda juga wajib membayar biaya penitipan emas sebesar Rp30.000. Biaya tersebut akan ditagih per tahunnya dan harus dibayar dimuka. Apabila Anda mendaftar melalui Pegadaian Digital, maka biaya fasilitas penitipan emas ini gratis pada tahun pertama.

  • Penerimaan buku tabungan

Apabila buku Tabungan Emas Pegadaian sudah di tangan, itu artinya sudah berhak melakukan investasi dimulai dari 0,01 gram emas.

Jika Anda ingin menarik emas fisik, begini caranya!

cara menabung
Sumber: https://unsplash.com/

Jika sewaktu-waktu Anda ingin menarik emas fisik batangan atau kepingan, Anda dapat melakukan fasilitas cetak emas fisik dengan pilihan 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, atau 100 gram.

Namun yang wajib Anda catat, setiap kepingan memiliki biaya cetak yang berbeda disesuaikan dengan beratnya.

Untuk saat ini, pelayanan cetak emas fisik hanya dapat dilayani di Kantor Cabang tempat Anda membuka rekening. Anda hanya perlu menunjukkan kartu identitas diri yang asli beserta Buku Tabungan Emas untuk mencairkan emas Anda menjadi bentuk fisik.

Bagaimana, sudah tahu kan cara menabung emas di Pegadaian? Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk berinvestasi dengan cara menabung emas. Kunjungi website Mebiso untuk mengetahui tips-tips menabung ataupun berbisnis lainnya!

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *