Running A Business

Cara Menaikkan Harga Tanpa Harus Kehilangan Pelanggan

 
  • 8
    Shares

   

Ada banyak alasan saat sebuah bisnis ingin menaikkan harga produknya. Mulai dari dari bahan baku yang baru, model yang baru, bahkan distribusi yang mulai mengalami kenaikan harga. Tidak jarang keputusan sebuah perusahaan ini membuat mereka harus rela kehilangan pelanggan. Karena ketidaksetujuan pelanggan dengan harga baru yang ditetapkan. Namun tenang saja, karena tidak semua pelanggan merasa keberatan dengan kenaikan harga yang sudah ditetapkan oleh perusahaan ini. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mensiasati transisi perubahan harga produk di bisnis kita.

1. Jujur

Pelanggan mana yang senang saat tiba-tiba toko langganan mereka menaikkan harga produk yang sudah biasa mereka beli? Mereka pasti bertanya-tanya bahkan cenderung terkejut dan berujung enggan untuk membeli. Tidak ada yang lebih penting daripada transparansi dalam sebuah bisnis, terutama kepada pelanggan. Hal inilah yang akan membawa pelanggan terhadap loyalitas dan nilai yang besar untuk merek dan bisnis kita. Menjadi jujur adalah sebuah kewajiban bagi kita, sekalipun itu sulit. Belum lagi saat harus mendengar tanggapan dan komentar pelanggan. Tapi ini jauh lebih baik, karena kita memberitahukan kepada pelanggan tentang kenaikan harga produk di awal.

2. Berikan pengumuman

Kejujuran yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan sebuah pengumuman kepada pelanggan. Jika kita bergerak di bisnis online, mengirimkan email, SMS atau sekedar menaruh banner di website bisa menjadi media untuk mengumumkan kenaikan harga produk kita. Di tengah pengumuman tentang kenaikan harga, jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada pelanggan, karena mereka masih mau berbelanja dan mempercayakan solusinya kepada bisnis kita. Jelaskan juga betapa kita sangat senang atas dukungan pelanggan terhadap masa depan bisnis kita.

3. Memberikan sesuatu yang lebih

Kita juga bisa mempertimbangkan untuk memberikan pelanggan lama sesuatu yang istimewa bagi mereka. Karena sebuah hadiah kecil atau sekedar kupon undian akan memberikan dampak besar bagi penilaian pelanggan terhadap bisnis kita. Apalagi jika mereka menerima produk atau jasa yang tidak sama dengan yang mereka terima sebelumnya, hanya untuk mendapatkan produk dengan harga yang sudah dinaikkan. Berikan mereka kesempatan untuk mendapatkan lebih setelah mau mengeluarkan uang lebih untuk produk kita.

4. Tawarkan variasi harga

Pelanggan bisa saja enggan saat mengetahui harga produk kita sudah mulai naik. Kita bisa mensiasatinya dengan memperluas struktur harga dan memasukkan beberapa pilihan atau membundling dengan harga yang lebih murah. Ini akan membuat pelanggan lebih mudah menerima keputusan kenaikan harga produk kita. Jika memang memungkinkan sediakan saja fasilitas untuk berkonsultasi, di sini sebagai pemilik bisnis kita bisa memberikan penawaran lainnya kepada pelanggan.

5. Ubah branding bisnis kita

Salah satu yang bisa kita lakukan juga adalah dengan mengubah branding bisnis. Bisa dimulai dari mengubah sedikit tampilan website, kemasan atau tampilan umum pada media promosi kita. Tidak semua memang harus kita lakukan, karena perubahan branding membutuhkan pertimbangan dan bahkan biaya yang jauh lebih besar lagi. Ini hanya optional untuk kita menyampaikan jika ada perubahan pada bisnis kita kepada pelanggan.

Nah, begitulah setidaknya yang harus kita lakukan saat hendak menaikkan harga produk tanpa harus resah kehilangan pelanggan bisnis kita :)

           
  • 8
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *