Business Says Tips Bisnis

Cara Menata Stand untuk Pameran Agar Ramai Dikunjungi

 

Loading...

Cara Menata Stand untuk Pameran – Membuka stand atau lapak di pameran adalah salah satu strategi untuk membuat brand semakin terkenal. Simak bagaimana cara menata stand untuk pameran agar ramai dikunjungi berikut ini.

Cara menata stand untuk pameran: Tak boleh sembarangan!

Dalam pameran, pengunjung akan melihat-lihat deretan stand yang ada sembari berjalan. Anda hanya punya waktu sebentar, hanya sekejap mata! Diperkirakan, kesempatan Anda untuk membuat orang-orang tertarik dengan stand hanya selama 5 hingga 10 detik saja!

Oleh karenanya, stand Anda harus terlihat keren dan menonjol dari stand-stand lainnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya:

  1. Memajang kalimat yang unik dan menarik di depan stand: Kalimat tersebut bisa berupa ajakan, bisa juga berupa hal yang mengundang penasaran. Menyelipkan unsur humor juga bisa membantu untuk beberapa situasi.
  2. Percantik tampilan stand hingga terlihat dari kejauhan: Buat stand terlihat mencolok, dari warna stand hingga hiasan-hiasan yang digunakan.
  3. Bangun identitas brand atau perusahaan melalui tampilan stand: Jadikan orang memahami apa dan bagaimana perusahaan Anda.
  4. Gunakan teknologi terkini untuk menampilkan grafis atau tampilan yang keren: Explore berbagai cara untuk membuat stand terlihat menarik dengan sentuhan teknologi.

Eits, tak hanya cara menata stand untuk pameran yang perlu diperhatikan. Inilah hal-hal lain yang juga tidak boleh terlewatkan.

Siap-siap lebih awal

Siap lebih awal tentu lebih baik. Anda tidak akan panik karena telah menyelesaikan persiapan, sehingga bisa lebih fokus mengurus hal lainnya.

Siapkan staf terlatih untuk menjaga stand

Staf adalah representasi dari perusahaan atau brand. Pastikan bahwa staf yang menjaga stand memahami strategi perusahaan Anda serta sigap dalam melayani pengunjung. Jangan lupa, beri reward yang baik untuk staf, ya!

Buat pengunjung stand betah saat berkunjung

Perlakukan pengunjung stand layaknya tamu yang sedang berkunjung ke rumah. Tentunya, Anda ingin membuat tamu merasa betah, bukan?

Sambut dengan ramah dan hangat. Anda juga bisa menyediakan minuman (teh, kopi, dan minuman ringan lainnya) dan camilan kecil.

Jalin interaksi dengan pengunjung stand

Jadikan stand tak hanya sekadar menarik, namun juga interaktif. Anda bisa menggelar uji coba produk atau bisa juga menggelar aktivitas yang dapat diikuti pengunjung. Dengan demikian, orang-orang akan memadati stand Anda.

Hal tersebut juga akan mengundang pengunjung baru, karena secara naluriah, kita akan mudah penasaran dengan sesuatu yang terlihat ramai. Oh ya, pastikan staf yang menjaga stand sigap melayani pengunjung baru, selain melayani pengunjung yang datang terlebih dulu.

Ciptakan suatu pengalaman unik nan berkesan

Jadikan penawaran bisnis Anda semakin interaktif, dengan mengadakan suatu pengalaman unik bagi pengujung. Adakan suatu aktivitas yang penuh kesan.

Anda bisa meneladani Charity Water, yakni sebuah perusahaan yang bermisi untuk menyediakan air bersih di desa-desa terpencil dari berbagai negara berkembang. Ketika membuka stand pada suatu pameran, mereka mengundang pengunjung untuk turut merasakan penderitaan penduduk yang sulit mendapatkan air.

Para pengunjung diminta untuk berjalan dalam jarak yang cukup jauh (sekitar 45 meter) sambil membawa jerigen air. Dengan demikian, mereka pun lebih terkoneksi dengan brand, karena merasakan sendiri susah payah dalam mendapatkan air. Keren, bukan?

Semakin tertarik dengan giveaway pernak-pernik

Giveaway atau bagi-bagi secara gratis adalah salah satu strategi yang ampuh untuk mengundang pengunjung. Berikan pernak-pernik kecil atau barang-barang yang bisa dipakai (misal: kipas, gantungan kunci, dan lain-lain).

Oh ya, Anda bisa lho mengembangkannya menjadi games interaktif. Ajak pengunjung untuk turut ‘memasarkan’ brand dengan modal pernak-pernik yang Anda berikan. Aturannya, pengunjung harus mengenakan pernak-pernik hingga acara selesai untuk mendapatkan hadiah yang menarik.

Bekerja sama dengan stand lainnya

Anda bisa ber-partner alias bekerja sama dengen stand lain untuk menjangkau target market brand. Anda bisa tukar-tukar info pengujung dengan brand-brand lainnya yang juga membuka stand di pameran.

Tipsnya, jalin kerja sama dengan brand-brand yang menjual produk berbeda tapi sama target market-nya. Hindari bekerja sama dengan kompetitor yang menjual produk sejenis.

Undang customer lama

Salah satu cara untuk membuat stand ramai dikunjungi adalah dengan mengundang customer lama. Beri tahukan bahwa Anda akan menggelar stand, sehingga ia bisa datang berkunjung kembali.

Nah, tadi adalah tips-tips yang bisa Anda terapkan ketika membuka stand di suatu pameran. Semoga bermanfaat, ya! Jangan lupa simak berbagai artikel menarik lainnya terkait bisnis hanya di Mebiso, pastinya lengkap dan up to date!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Referensi:

https://www.huffpost.com/entry/19-trade-show-booth-succe_b_10066960

https://www.entrepreneur.com/article/23736

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *