Technology

Cara Mencegah Spam dengan Memisahkan Server Website dengan Server Mail

 
  • 2
    Shares

Loading...

Sebagai pengguna internet yang rutin, Anda pasti pernah kena spam. Sangat tidak nyaman sekali apabila email yang kita punya terus-menerus terkena spam, yang kita sendiri tidak tahu dari mana asalnya dan apa penyebabnya. Apalagi jika email pribadi anda yang jadi sasaran spam pakai jatah server website, tiba-tiba saja space jadi penuh dan website tidak bisa diakses (biasanya tampil blank page).

Banyak faktor yang menyebabkan kenapa SPAM bisa masuk ke email hosting Anda sehingga memenuhi space server website dan mengganngu kinerja website. Biasanya karena:

1. Script email yang terpasang di website kita biasanya adalah sasaran empuk dari para spammer untuk masuk dan melakukan spam ke email kita. Apalagi jika kita menggunakan CMS, Anda perlu cek dulu plugin-plugin anda. Biasanya ada script php mail yang disisipkan sehingga membahayakan server website kita.

2. SMTP, masih banyak penyedia layanan hosting yang tidak membatasi transaksi email sehingga spammer bisa seenakanya mengirimkan email-email tidak jelas. Rata-rata pembatasan untuk email tiap jamnya 60 – 150 email. Seperti yang diterapkan di Jagoan Hosting Indonesia, ada pembatasan maksimal 60 email perjam untuk menghindari spam.

3. Waspadai ketika kita menggunakan email untuk register di website-website asing. Biasanya ketika diminta memasukkan email kita, jika cuma jebakan maka email kita jadi sasaran kena spam.

Nah, spam inilah yang jadi alasan kenapa kita harus memisahkan antara server website dengan server email. Apabila server email kena spam, maka server website kita tidak terkena dampaknya.

Jadi, bagaimana cara memisahnya?

Anda dapat menemukan banyak sekali layanan server email seperti Windows Live Mail (yang masih gratis sampai saat ini) atau Google Apps (yang sekarang sudah berbayar). Anda mungkin juga dapat cek paket email server dari Jagoan Hosting Indonesia.

Setelah memisah server email dari server website, anda bisa mulai melakukan pencegahan spam pada server email anda. Caranya:

1. Filtering

Yaitu solusi spam seperti fitur SpamAssassin. Pada intinya bertujuan membantu penerima email untuk memilah-milah secara otomatis mana email yang “benar” dan mana yang spam. Sejak maraknya spam, teknologi filtering telah banyak berkembang. Dari yang sederhana hingga algoritma kompleks, dari yang personal hingga kolaboratif (masal/bersama-sama), dan dari yang gratis sampai jasa komersial oleh pihak ketiga. Saat ini teknologi filtering sudah cukup memuaskan. Mulai dari deteksi header, pencarian kata-kata yang umum ada di spam, hingga integrasi dengan sistem pemfilteran lain. Menurut Paul Graham (manajer teknis Yahoo), “Inti dari spam adalah pesannya. Jadi yang harus kita usahakan adalah mengenali spam dari pesannya.”

2.  Bloking

Dengan cara ini kita memblock pintu-pintu masuk ke dalam sebuah jaringan dengan syarat-syarat terntu. Sehingga apabila terdeksi sebagai spam, sebuah IP jaringan tersebut secara otomatis akan diblokir dan tidak bisa berkirim terima email. Namun sisi ini juga masih lemah, karena para spammer biasanya punya ribuan IP Botnet sehingga mereka bisa melewati jalur lain.

3.  Merombak infrastuktur alamat email

Dengan sistem TMDA, kita bisa membuat sebuah sistem dimana alamat email yang kita punya dapat dibuat berubah-ubah, serta mengatur agar yang bisa mengirim ke email kita hanya dari email-email tertentu sesuai dengan aturan yang kita berlakukan.

4.  Jalur hukum

Jika kita berhasil melakukan trace asal pengirim spam, kita bisa mengajukan tuntutan. Meskipun prosesnya rumit dan sangat tidak disarankan, namun sekarang sudah mulai ada peraturan untuk pelaku pelanggar spam.

Spam memang membuat kita merasa tidak nyaman dan membuat aktifitas kita pasti terganggu. Cara-cara diatas saya harap dapat membantu mengurangi resiko dampak dari serangan spam.

Kini Anda tidak perlu bingung lagi menemukan server yang memang disiapkan KHUSUS untuk email bisnis Anda. Sebab di Jagoanhosting dan Beon.co.id menyediakan server email khusus. Ada banyak kelebihan yang bisa Anda peroleh ketika membuat server website terpisah dengan server email Anda.

Jangan tunggu lebih lama lagi, sebab SPAM tidak akan menunggu Anda memperbaiki keamanan server email yang Anda miliki.

Loading...

  • 2
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *