Start A Business Tips Bisnis

Cara Mengenalkan Bisnis dengan Press Release, Ini 6 Poin Pentingnya

 

Loading...

Cara Mengenalkan BisnisPress release bisa menjadi cara
yang ampuh untuk mengenalkan bisnis Anda. Simak hal-hal yang harus Anda perhatikan agar bisa menyusun press release yang efektif.

Apakah yang dimaksud dengan press release?

Mengenalkan bisnis kepada khalayak memang menantang. Sebagai pebisnis, Anda pasti ingin agar bisnis atau perusahaan dipandang baik oleh pihak-pihak di sekitar Anda. Maka dari itu, Anda memerlukan strategi public relations yang cermat agar hal tersebut dapat terwujud.

Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah menerbitkan press release. Press release adalah informasi tertulis yang menjelaskan fakta-fakta seputar bisnis atau perusahaan.

Press release: cara mengenalkan bisnis yang lebih hemat

Press release sendiri memiliki keuntungan yang cukup menarik, di mana biasanya, pers biasanya tidak menarik biaya untuk memuat press release Anda di majalah, koran, atau media online. Tentunya, ini jauh lebih hemat dari membuat iklan.

Namun, Anda harus siap-siap untuk berlomba, karena banyak pihak yang melakukan strategi yang sama. Reporter suatu media bisa menerima banyak press release.

Memang sulit, tapi bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Hal yang perlu dilakukan adalah membuat press release Anda berbobot dan stand out. Inilah langkah-langkahnya!

1. Perhatikan subject headline pada email yang dikirimkan

Seorang reporter bisa mendapatkan ribuan email per harinya. Buat email Anda terbaca, dengan cara membuat headline yang catchy alias menarik.

Agar reporter mau melirik email Anda, menyentuh sisi personal juga membantu, lho. Cobalah untuk mengenali reporter yang hendak Anda kirimi press release. Lakukan riset, kenali karya-karya yang telah ia buat.

Sapa lah dengan baik. Sapa dengan nama reporter tersebut, tidak hanya Bapak/Ibu saja. Perlakukan reporter seperti Anda memperlakukan teman baik Anda sendiri.

2. Perhatikan audiens Anda

Pastikan bahwa press release yang dibuat sudah sesuai dengan audiens yang dituju. Itu berarti, Anda tidak bisa mengirimkan press release yang sama untuk semua pihak. Setiap pihak memiliki pasarnya masing-masing.

3. Berikan informasi yang paling penting di awal

Press release Anda kemungkinan tidak dibaca secara saksama per kata. Jadilah to the point, alias langsung pada tujuan. Oleh karenanya, taruhlah ringkasan fakta-fakta terpenting di paragraf pembuka, hal yang menjadi inti dari apa yang ingin disampaikan.

4. Sajikan secara faktual

Jangan sampai Anda menyertakan opini dalam press release. Hanya sajikan fakta=fakta, tentunya harus yang menarik!

Cobalah mencari sudut pandang yang tepat. Tawarkan sesuatu yang baru, unik, menarik, atau tak biasa. Buat press release Anda terlihat potensial untuk menarik hati para pembaca dari media yang dituju.

5. Buat jadi mudah dipahami

Terkadang, kita gemar menggunakan bahasa ‘keren’ agar tulisan kita terlihat sangat berbobot. Bahasa yang ‘keren’ terkadang tidak selalu keren, apalagi ketika hal tersebut membuat tulisan Anda jadi sulit dipahami.

Gunakan bahasa yang mudah dicerna oleh orang lain. Anggaplah seolah-olah Anda sedang menerangkan ke nenek Anda. Pastinya, perlu menulis sesuatu sejelas mungkin, bukan?

6. Perhatikan contact person

Ketika reporter tertarik untuk memuat press release Anda, mereka butuh untuk menghubungi Anda. Jangan lupa mencantumkan kontak yang bisa dihubungi. Anda juga harus pastikan bahwa Anda akan sigap merespon melalui kontak tersebut.

Selain cara mengenalkan bisnis, masih banyak strategi seputar bisnis yang tak boleh terlewatkan!

Mengelola bisnis memang perlu banyak strategi, agar bisnis dapat berjalan sukses dan memberikan banyak manfaat. Semua itu dapat dicapai dengan senantiasa memperluas wawasan dalam berbisnis.

Simak berbagai artikel menarik seputar bisnis dan entrepreneurship hanya di Mebiso. Selamat berbisnis, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/14110

https://www.forbes.com/sites/robertwynne/2016/06/13/how-to-write-a-press-release/#24c343883b93

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *