Running A Business Tips Bisnis

Simak Cara Menghadapi Pelanggan dengan Strategi Komunikasi Ini!

 

Cara menghadapi pelanggan – Tak hanya sekedar memahami cara menghadapi pelanggan ketika bertransaksi saja, Anda pun perlu menyiapkan berbagai strategi komunikasi yang tepat untuk menghadapi pelanggan di berbagai aktivitas pelayanan. Dalam artian, bukan hanya sekedar menyampaikan informasi tanpa memperhatikan perasaan orang lain, tapi komunikasi yang diberi muatan khusus akan sasaran atau target yang ingin dicapai, yang mana target disini adalah konsumen Anda. Penasaran? Baca artikel berikut ini!

Menghadapi pelanggan harus dengan cara dan sikap positif

Menjadi orang yang positif tak hanya membantu Anda dalam berinteraksi dengan linkungan sosial saja, tapi juga ketika melakukan bisnis. Apalagi jika Anda diwajibkan bertemu pelanggan setiap hari.

Oleh karenanya, tetapah berusaha bersikap positif. Anda dapat membiasakan diri untuk selalu tersenyum, terutama ketika sedang melayani pelanggan atau bahkan menerima komplain mereka.

Selain itu, biasakan untuk menggunakan kata-kata yang lebih positif. Sebab, konsumen cenderung mengharapkan kata-kata yang positif untuk membuat mereka lebih yakin dan percaya diri saat membeli produk Anda.

Mementingkan kesan pertama adalah cara jitu menghadapi pelanggan

Ciptakan kesan pertama yang luar biasa. Anda bisa memberikan kesan pertama dengan memberi senyuman tulus, berpenampilan rapi, jabat tangan yang hangat, bahasa tubuh yang sopan, dan sejenisnya.

Dengan begitu, pelanggan ataupun calon konsumen Anda merasa lebih dihargai dan akan melakukan hal serupa pada Anda. Mereka pun akan lebih percaya untuk menggunakan jasa atau membeli produk Anda.

Hindari melibatkan perasaan

Salah satu yang menjadi tantangan untuk mempertahankan strategi komunikasi dengan pelanggan adalah tidak melibatkan emosi ketika melakukannya. Sebagai pebisnis, alangkah baiknya jika Anda tidak mudah terpancing emosi negatif saat ada keluhan/komplain yang diungkapkan secara tidak simpatik oleh para konsumen.

Berusahalah untuk sellau menjaga sikap Anda. Ingatlah, yang salah satu hal terpenting dan bernilai di mata pelanggan adalah bagaimana Anda sebagai ebisnis tidak hanya memikirkan perihal keuntungan semata, tapi juga tahu bagaimana bersikap yang baik kepada orang lain.

Sigap melayani dan memberi bantuan pada pelanggan

Jadilah pebisnis yang selalu memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh pelanggan kapanpun mereka menginginkannya. Saat memberi bantuan, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan kata-kata yang rumit dan panjang supaya dapat lebih mudah dipahami oleh pelanggan.

Dengan menjadi penjual yang selalu siap membantu dan mampu memberikan pelayanan atau bantuan yang baik, pelanggan akan lebih yakin untuk terus menggunakan jasa atau membli produk Anda.

Demikian ulasan mengenai strategi komunikasi untuk menghadapi pelanggan. Jangan lupa dicatat dan baca artikel Mebiso lainnya yang dapat membantu Anda semakin sukses dalam berbisnis. Tetapkah produktif!
(dok. Unsplash)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *