Running A Business

Cara Mengumpulkan Database Email Visitor Blog dengan Mudah

 

   

Email marketing merupakan bagian dari strategi internet marketing yang paling mudah dilakukan. Cara ini pun gratis. Anda bisa mengirimkan satu pesan ke banyak email. Melalui cara efektif ini, kita mengirim pesan berupa newsletter yang isinya sesuai dengan tujuan bisnis.

Namun, penerima email ini memang harus sudah menyetujuinya, mau atau ingin menerima email tersebut dengan menjadi subscriber dari media online yang kita miliki.

Blog adalah salah satu media online yang salah satu fungsinya bisa dijadikan tempat bisnis. Anda bisa membangun kedekatan dengan target marketing yang merupakan pembaca dan subscireber dari blog Anda dengan mengirimkan email marketing tersebut.

Isi emailnya nanti tidak hanya berupa notifikasi bahwa Anda update postingan seperti tulisan saja. Anda pun bisa memberikan informasi lain yang tetap membawa subscriber Anda ini pada blog Anda dengan link yang diberikan pada email tersebut.

Kunci utamanya kini ada pada database email para pembaca blog Anda tersebut. Daftar email-email yang akan menjadi bagian dari penghasilan Anda dari blog tersebut. Semakin banyak jumlah emailnya, semakin banyak juga keuntungannya.

Cara mengetahui email-email tersebut pun mudah. Setidaknya, ada tiga layanan populer untuk mempermudah para pemilik website dalam mengetahui email visitornya yaitu melalui Aweber, Mailchimp, atau GetResponse. Untuk menggunakan layanannya, Anda cukup menjadi member dengan mendaftar. Nantinya, Anda bisa mengendalikan para visitor blog tersebut menggunakan formulir untuk berlangganan.

Sebaiknya, Anda pun melakukan penujian dan pengukuran kepada para visitor ini berdasarkan latar belakangnya. Tujuannya, agar Anda bisa mengatur pengelompokan tersebut berdasarkan produk yang akan Anda jual. Sehingga, apa yang Anda emailkan nanti lebih tepat sasaran dan visitor sendiri tidak masalah telah menjadi subscriber dan berlangganan newsletter tersebut.

Kesuksesan sebuah blog dinilai dari cara pemilik blog dalam menjaga hubungan baik dengan pembacanya. Sebuah blog tentu tidak akan eksis jika tidak ada kunjungan dan pembaca. Oleh karena itu, apapun tujuan Anda dengan blog ini, pastikan Anda untuk selalu menjaga hubungan baik tersebut dan blog tetap banyak pengunjungnya.

Begitu pun untuk Anda yang ingin menjadikan blog ini lahan bisnis, sebaiknya tetap desain blog dengan menarik. Isi dengan sesuatu yang bermanfaat, relevan, dan selalu bisa membuat orang penasaran. Jadi, ketika Anda berjualan pun, pembaca masih tetap melihatnya sebagai blog yang memiliki informasi yang layak dibaca.

Eksistensi yang Anda bangun akan membuat subscriber semakin banyak. Ketika kepercayaan sudah Anda miliki, maka para calon konsumen yang masuk ke blog Anda ini pun tidak akan ragu dengan apa yang Anda jual. Para pembaca juga pasti ingin mencoba membelinya. Ketika mereka puas dan meninggalkan komentar yang baik di blog, maka kredibilitas blog Anda pun akan semakin diakui lagi.

Konten menarik yang membuat orang berkomentar akan membuat email-email semakin terkumpul. Karena, pada dasarnya blog memang mengharuskan pengunjung yang ingin meninggalkan komentarnya tersebut menuliskan email mereka terlebih dahulu. Tentu proses email marketing Anda akan semakin terbantu dengan hal ini.

Semakin banyak visitor, semakin banyak subscriber, maka akan semakin banyak juga email yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan pemasaran dengan email marketing. Di atas, disebutkan bahwa sebaiknya Anda menguji setiap email yang sudah masuk sebagai subscriber tersebut. Hal tersebut dilakukan jika Anda memiliki banyak produk yang dijual. Tapi, jika hanya sejenis hal ini akan menjadi lebih mudah karena sudah pasti mereka tahu apa yang akan Anda informasikan melalui email nantinya.

Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda selalu menjaga kerelevanan informasi yang dikirim melalui email ini. Tidak jarang ketidakrelevanan ini mengkategorikan email marketing yang Anda kirim masuk ke dalam spam. Sehingga, target pasar Anda tidak bisa didapatkan. Jangan sampai , pembaca juga mengunsubcribe langganan yang telah dilakukan sebelumnya itu.

Jika menjaga kedekatan dengan pembaca blog bisa Anda lakukan dengan selalu berinteraksi melalui saling berbalas komentar di kolom postingan atau memberikan notifikasi postingan baru melalui emailnya tersebut.

Sebagai pengguna blog untuk bisnis, berjualan Anda bisa melakukannya dengan cara lain yaitu dengan mengajakanya menjadi reseller.

Atau, untuk pembaca setia postingan Anda, bisa diberikan kesempatan diskon dengan cara-cara tertentu. Voucher diskon tersebut pun bisa Anda kirimkan melalui newsletter.

Cara-cara pengumpulan email hingga mengirimkannya di atas memang sangat mudah karena dilakukan secara otomatis. Tapi, ternyata ada juga cara manual yang bisa Anda lakukan yang dinilai efektif tapi sedikit perlu usaha berupa kemauan dan tenaga. Caranya yaitu dengan suvei yang dilakukan secara langsung. Bentuk surveynya yaitu kuisoner isian yang bisa Anda berikan pada orang-orang.

Pada kuisioner tersebut, pastikan ada kolom yang mengharuskan orang tersebut menuliskan email mereka. Anda juga bisa memberikan kolom persetujuan mengenai pengiriman newsletter melalui email tersebut nantinya. Agar mereka juga merasa penasaran dengan blog Anda, Anda bisa menggunakan cara-cara promosi yang unik.

Misalnya, setiap mereka yang mengisi kuisioner Anda berikan imbalan berupa snack yang ada ucapan terimakasihnya.

Di sana, Anda bisa tuliskan URL dari blog Anda. Bisa juga Anda berikan langsung seperti kupon atau voucher yang bisa mereka gunakan jika berbelanja. Anda sertakan saja URLnya dan ketika mereka yang sudah mengisi kuisioner ini melakukan pembelian untuk menggunakan vouchernya, selain melalui bukti kode voucher tersebut, untuk meyakinkannya Anda juga bisa mencocokan emailnya.

Cara pengumpulan email manual ini walaupun mungkin sedikit lama dan melelahkan, namun ada kepuasan sendiri yang akan Anda dapatkan. Anda membangun kedekatan dengan bertemu langsung mereka, calon visitor blog.

Anda pun menunjukan kredibilitas dari blog Anda, terutama untuk blog bisnis dengan memberitahu mereka bahwa apa yang dijual disana tidak akan menipu karena jelas siapa pengelolanya.

 

Sumber artikel asli: http://edubisnis.net/

 

Baca artikel menarik lainnya:

7 Formula Membuat Tulisan yang Dijamin Menjual, Bukan Hanya Indah Dibaca!

5 Cara Membuat Artikel Berkualitas dan Enak Dibaca

3 Cara Menulis Artikel yang Baik dan Unik di Blog Anda

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *