Running A Business

Cara Meningkatkan Bisnis Online Tanpa Selalu Bergantung dengan Google

 

   

Banyak para pebisnis online yang mengaku takut jika bisnis mereka akan bangkrut setelah kehilangan lalu lintas di Google. Beberapa dari mereka juga khawatir atas ketergantungan bisnis online pada Google. Tapi nn Smarty seorang Konten Marketer akan memberitahu kita bagaimana cara untuk tidak selalu bergantung pada Google.

Namun pasti muncul pertanyaan pada diri setiap pebisnis online. Apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk tidak selalu bergantung pada lalu lintas Google, sementara kita masih berharap selalu dicari paling depan oleh netizen? Nah, saat ini masih kita mulai melakukan diversifikasi bisnis online kita dengan cara yang berbeda:

1. Menemukan sumber lalu lintas lain

Google mamang masih menjadi acuan bagi pebisnis online untuk bisa mendapatkan dan meningkatkan leads mereka. Mencapai halaman dan urutan pertama di mesin pencari Google adalah tujuan utama. Karena sampai saat ini para pebisnis online masih berfikir bahwa Google yang paling berpengaruh dalam lalu lintas bisnis. Itu memang bukan hal yang salah, tapi ternyata di balik itu masih ada media dengan lalu lintas lebih yang dapat digunakan. Sebut saja Pinterest, Slide Share, dan juga Facebook. Tidak terdengar populer memang, tapi ternyata ketiga media ini memiliki manfaat yang tidak terduga.

Melalui Pinterest Anda bahkan bisa menkonversi segala macam foto product baik makanan, tempat wisata, property/hunian, hingga produk buatan Anda sendiri atau DIY. Jika Slide Share akan lebih membantu Anda menjadi sumber lalu lintas yang efisien dalam jangkauan pemasaran bisnis dan teknologi. Sedangkan Iklan Facebook memberi Anda peluang besar untuk menggaet pasar dengan lebih banyak dan luas.

Hal ini bukan melarang Anda untuk menggunakan Google sebagai sumber lalu lintas leads bisnis, tapi lebih membuka wawasan untuk bisa menggunakan media alternatif lainnya, yaitu seperti sosial media yang banyak digunakan oleh masyarakat. Alasan mengapa sosial media adalah:

  • Mereka fokus pada “Interestingness” dari sebuah topik atau berita utama yang diposting
  • Sosial media menjadi tempat yang mudah untuk membagikan konten ataupun testimonial pelanggan
  • Dengan Fanspage Facebook, para pebisnis membangun komunitas dan interaksi dengan pelanggan
  • Memiliki banyak media yang menarik

2. Seimbangkan

Anda tidak bisa memutuskan untuk tidak lagi menggunakan Google sebagai sumber lalu lintas website bisnis Anda. Karena seperti yang kita ketahui melalui Google, SEO website kita dapat terindeks dan dapat dengan mudah ditemukan oleh netizen. Anda bisa menyeimbangkan antara penggunaan Google dengan sumber rujukan lalu lintas lainnya. Anda bisa mencoba dengan optimasi penggunaan sosial media dan juga memaksimalkan pengembangan konten berkualitas tinggi untuk menarik backlink.

Anda juga bisa mulai membangun aktifitas Word of Mouth dengan pelanggan Anda. Melalui konten yang Anda buat, melalui pelayanan terbaik yang Anda berikan dan juga melalui interaksi yang Anda jalin. Buatlah pelanggan lebih mengetahui siapa Anda dan yakin untuk merekomendasikan Anda kepada orang lain.

Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan daftar email yang Anda miliki. Mengirim newsletter memang bukan hal yang aneh bagi bisnis online. Tapi ternyata email yang biasa Anda kirimkan juga dapat meningkatkan lalu lintas dan konversi bisnis Anda.

3. Temukan nilai apa yang Anda miliki

Ketika Anda berusaha keras untuk meningkatkan rangking di Google, bisnis online Anda bisa saja tidak mampu bertahan lama saat Anda tidak tahu nilai apa yang Anda miliki. Sekalipun kecil, Anda harus tahu apa yang membuat Anda berbeda dan patut dipertimbangkan oleh calon pelanggan saat menemukan Anda. Anda harus mampu menentukan dan memiliki target pasar yang jelas dan sesuai, agar mampu meningkatkan konversi bisnis.

  • Selain itu ketika Anda mampu menemukan keunikan dan nilai lebih dari bisnis Anda, Anda bisa mulai dengan membangun sebuah mikro komunitas atau komunitas kecil bagi bisnis Anda. Hal ini bisa didahului dengan mengikuti komunitas yang sesuai dengan rana atau jangkauan bisnis Anda. Mengembangkan hubungan dengan pelanggan adalah seni yang sederhana tapi sangat bermanfaat.
  • Anda juga bisa melakukan investasi dalam penilaian yang diberikan oleh pelanggan. Sebuah bisnis online memang harus pintar – pintar dalam menunjukkan kegunaan yang mereka miliki dan mencari cara untuk berhenti kehilangan pengunjung.
  • Jangan terpaku pada satu jenis konversi. Tahukah Anda pelanggan yang memberikan uang mereka kepada Anda bukan satu – satunya orang yang peduli terhadap perkembangan bisnis Anda. Kumpulkan data siapa saja yang menaruh minat atas perkembangan website Anda. Dalam sebuah testimonial Anda bisa mendapatkan data apa saja yang kira – kira pelanggan inginkan. Dimana saja mereka ingin bertemu dengan Anda, dan cara apa saja yang ingin mereka gunakan. Dan ini membuka peluang sukses yang berbeda bagi Anda.

Sumber

Baca juga:

Tips SEO: Tulislah Judul yang Dicintai Google

5 Tips Lebih Ramah Saat Menggunakan Sosial Media untuk Bisnis

Cara Mencegah Google Mengindeks Bagian dari Website Anda


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *