Technology

Cara Menjaga Keamanan Teknologi yang Anda Gunakan

 
  • 5
    Shares

Loading...

Teknologi terus menjadi kebutuhan pokok bagi pengusaha. Terlebih bagi mereka yang menawarkan peningkatan mobilitas dan produktifitas dalam melayani setiap customer. Penggunaan Smartphone, tablet, PC dan cloud Computing untuk usaha kecil sudah bukan hal baru, mereka bukan hanya hadir dengan banyak keuntungan, namun mereka juga menghadirkan kekhawatiran mengenai tingkat keamanan. Berikut adalah tips keamanan untuk membantu Anda menjaga keamanan teknologi yang Anda gunakan:

1. Melindungi dengan password

Hal ini mungkin tampak sangat sederhana, tapi banyak serangan cyber berhasil justru karena protokol password yang lemah. Akses ke semua peralatan, jaringan nirkabel dan data sensitif harus dijaga dengan nama pengguna dan password yang unik untuk setiap individu. Password terkuat berisi angka, huruf dan simbol, dan tidak didasarkan pada kata-kata biasa, istilah kamus standar atau tanggal yang mudah ditebak seperti tanggal lahir. Setiap user harus memiliki password yang berbeda pada setiap perangkat yang digunakan. Jika Anda membuat dokumen yang berisi semua kode akses yang anda buat, pastikan untuk mengenkripsi dengan kode akses tersendiri dan menyimpannya di tempat yang aman.

Baca juga: [Tips Mengamankan Password untuk Kegiatan Berinternet Anda]

2. Merancang sistem yang aman

Mencegah atau mengurangi paparan hacker dan pencuri data, dengan membatasi akses ke infrastruktur teknologi Anda. Minimalkan poin kegagalan dengan menghilangkan akses yang tidak perlu untuk hardware dan software, dan membatasi hak pengguna individu dan sistem. Bila mungkin, meminimalkan lingkup potensi kerusakan jaringan Anda dengan menggunakan seperangkat kode unik untuk alamat email, login, server dan nama domain untuk setiap pengguna, kelompok kerja atau departemen juga.

3. Melakukan diagnosa atau pengecekan

Sementara hacker nakal mendapatkan sebagian besar dari yang mereka incar, sebagian besar gangguan yang tidak sah terjadi dari dalam firewall jaringan. Menyaring semua calon karyawan dari bagian surat-surat ke suite eksekutif. Selain hanya menelepon referensi, pastikan untuk penelitian kredibilitas mereka juga. Sebuah masa percobaan awal, di mana akses ke data sensitif adalah baik dilarang atau dibatasi, juga dianjurkan. Dan tidak ada salahnya untuk memantau karyawan baru untuk aktivitas jaringan yang mencurigakan.

4. Memberikan pelatihan dasar

Pelanggaran keamanan yang tak terhitung jumlahnya terjadi sebagai akibat dari kesalahan manusia. Anda dapat membantu membangun budaya perusahaan yang menekankan keamanan komputer melalui program pelatihan yang memperingatkan risiko praktik sandi dan penggunaan jaringan, program dan perangkat. Semua langkah-langkah keamanan, dari prosedur dokumen.

5. Hindari lampiran email yang tidak dikenal

Jangan pernah membuka email yang tidak diinginkan atau dengan nama yang tidak dikenal, karena bisa diindikasikan email tersebut mengandung virus, seperti Trojan. Sebelum membuka email tersebut, usahakan selalu menghubungi pengirim untuk mengkonfirmasi isi pesan. Jika Anda tidak terbiasa dengan nama pengirim, tidak ada salahnya anda menghapus pesan tersebut.

6. Berpikirlah sebelum mengklik

Tidak jarang bukan, ketika anda mengakses sebuah website anda diminta untuk mengisi form terlebih dahulu. Terlihat sangat biasa memang, namun itu salah satu bentu dari penipuan phishing dengan mengirimkan email dari sumber terpercaya rupanya meminta username, password atau informasi pribadi. Beberapa orang bahkan membuat situs Web palsu yang mendorong calon korban dari memasukkan data itu sendiri. Hingga akhirnya korban memperoleh email yang tidak dikenal dan terdapat virus didalamnya.

7. Gunakan scanner virus dan update semua software

Penggunaan anti virus pada PC atau laptop anda bukanlah hal yang sepele. Penggunaan anti virus disini berfungsi untuk mencegah adanya virus yang berasal dari luar dan mengancam kerja sistem anda. Sudah banyak penyedia software anti virus secara gratis. Anda tinggal memilih ingin menggunakan yang mana. Selain itu anda juga harus sering – sering melakukan update software yang anda gunakan. Bukan hanya bertujuan untuk terus mengikuti perkembangan teknologi, namun juga mencegah adanya benda yang tidak diinginkan seperti virus apabila software yang kita gunakan tidak dilengkapi dengan security terbaik.

8. Gunakan komputasi awan

Perkembangan zaman mengundang terciptanya sebuah inovasi terbaru, yaitu cloud computing. Cloud Computing menawarkan banyak manfaat bagi penggunanya, salah satunya yaitu hemat biaya. Tapi layanan tersebut juga dapat menimbulkan ancaman tambahan. Bagaimana bisa? Data yang disimpan pada server remote dioperasikan oleh pihak ketiga yang mungkin memiliki masalah keamanan pada diri mereka. Dengan banyaknya layanan berbasis cloud yang masih berada pada tahap awal, itu masih belum memenuhi kebutuhan untuk menyimpan data anda yang paling rahasia.

Baca juga:

Tips Meningkatkan Keamanan Jaringan WiFi Anda

Anda Patut Waspada dengan Security Bug Berbentuk Hati dari Hearbleed

5 Tips Aman Menggunakan Wi-Fi Umum

Loading...

  • 5
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *