Insider

Cara Optimasi Instagram Story Ala Brand Terkenal

 

Loading...

Cara Optimasi Instagram Story – Instagram Story yang menarik dapat menjadi nilai plus bagi brand bisnis Anda. Anda bisa mencontoh beberapa cara optimasi Instagram Story dari brand-brand terkenal di seluruh dunia, seperti berikut ini.

Meliput proses di balik pembuatan konten

Menyajikan proses pembuatan konten dapat mendekatkan brand Anda kepada para followers. Liputlah bagaimana pemotretan atau pembuatan video konten tersebut. Anda juga bisa meliput tim di balik pembuatan konten.

Berbagi event menarik yang sedang terjadi

Berbagilah hal-hal menarik yang sedang terjadi. Anda bisa menciptakan berbagai keseruan dengan membuat event atau tantangan tertentu bagi customer.Rekamlah keseruan tersebut dan share pada saat itu juga.

Story-telling lewat Instagram Story

Story-telling atau bercerita adalah salah satu teknik marketing yang dapat menarik atensi audiens. Anda bisa memposting gambar-gambar tentang event tertentu, lalu beri caption yang menceritakan gambar tersebut. Tambahkan juga markers atau stickers yang dapat mempercantik cerita Anda.

Buat penjelasan konten yang simple 

Hal ini akan berguna jika konten-konten Anda berupa berita, informasi atau ulasan. Rangkumlah isi konten tersebut agar mudah diserap informasinya serta perlihatkan headline-nya. Berikan juga logo brand agar awareness akan brand Anda meningkat.

Isi dengan konten otentik berkualitas tinggi

Buat konten yang otentik alias menjadi ciri khas brand Anda. Konten akan semakin menarik saat didukung oleh kualitas visual yang tinggi. Editlah foto atau video menjadi versi vertical screen agar enak dilihat. Anda juga dapat menanyakan followers Anda, kualitas konten seperti apa yang diharapkan.

Berikan tur/ petualangan untuk followers

Ajak followers Anda berpetualang! Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi bisnis wisata atau atraksi sejenis, namun hal ini juga berguna bagi bisnis lainnya, lho. Perlihatkan keunikan tempat Anda, entah suasana cafe, toko, ruang meeting, bahkan tempat produksi.

Kolaborasi dengan customer

Perlihatkan customer Anda lewat Instagram Story. Dengan demikian, followers lain dapat mengetahui siapa yang menggunakan produk atau jasa Anda. Hal ini juga dapat memperkuat hubungan dengan customer Anda.

Mempromosikan postingan blog dengan menarik

Jika Anda kerap membuat konten blog, Anda dapat mempromosikannya dengan cara menarik. Cantumkan highlight berita Anda, berikan caption menarik dan mengundang rasa penasaran. Jangan lupa ubah link postingan blog ke dalam bentuk bit.ly, agar followers mudah membuka postingan Anda.

Meliput keasyikan event yang Anda buat

Beberapa brand kerap membuat event khusus bagi followers. Pastikan semua followers Anda termasuk yang tidak hadir agar dapat merasakan event, dengan meliput keseruan yang tercipta. Siapa tahu, mereka yang belum hadir jadi tertarik untuk ikut event selanjutnya!

Preview sebelum launching produk baru

Buatlah followers penasaran dengan produk yang hendak diluncurkan lewat preview atau kisi-kisi. Ada banyak cara untuk melakukannya, misalnya: memfoto produk dari angle yang berbeda, memfokuskan pada fitur andalan produk, menampilkan customer yang memakai produk, atau memperlihatkan cara-cara pemakaian produk. Hal ini termasuk salah satu cara jualan di Instagram biar laris, lho.

Meliput event-event besar yang diikuti brand Anda

Diundang ke dalam event besar adalah salah satu prestasi. Jika brand Anda berkesempatan untuk mengikuti event tertentu, liputlah untuk Instagram Story. Followersdapat semakin menghargai brand Anda.

Berbagi konten yang dibuat oleh customer

Anda bisa berbagi review produk yang dibuat oleh customer. Selain itu, Instagram Story adalah alternatif terbaik untuk berbagi konten yang kurang sesuai jika ditaruh pada feed akun. Konten yang dibuat customer atau user-generated contents akan meningkatkan kredibilitas bisnis.

Selipkan humor!

Siapa yang tidak tertarik bercanda? Instagram Story dengan unsur humor dapat mengundang ketertarikan followers. Jangan lupa, buatlah konten yang menarik secara visual.

Beri preview dari event Anda

Tak hanya berlaku untuk produk, preview atau kisi-kisi juga berlaku untuk mempromosikan event yang akan dilaksanakan. Beri tahukan keuntungan serta keseruan yang bisa didapatkan dari event, agar followers tertarik untuk berpartisipasi

Berbagi berita menarik dari industri brand  Anda 

Anda bisa berbagi berita hangat terkait industri bisnis Anda. Sertakan opini terkait isi berita tersebut, sehingga Anda dianggap sebagai thought leader dari industri yang ditekuni. Hal ini bisa Anda lakukan dengan jadwal rutin.

Penutup

Wah, ternyata banyak sekali cara optimasi Instagram Story. Tentunya, masih banyak cara untuk mengoptimalkan performansi Instagram. Silakan buka tautan-tautan berikut ini:







Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/282451

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *