e-Marketing & Sales Insider Tips Bisnis

Cara Optimasi Instagram untuk Jualan Online, Dijamin Ampuh!

 

Loading...

Cara Optimasi Instagram untuk Jualan Online– Terdapat berbagai cara optimasi Instagram untuk jualan online. Cara-cara tersebut dapat berdampak positif bagi bisnis Anda.

Lantas, apa saja cara optimasi Instagram untuk jualan online?

Menggunakan akun Instagram Business

Instagram business dilengkapi dengan analytics, sehingga Anda dapat memantau performansi postingan serta pertumbuhan followers. Fitur contact button juga membuat customer mudah menjangkau bisnis Anda

Rangkai feed akun Anda jadi multi-grid

Memposting suatu gambar besar dengan bentuk potongan-potongan atau collage disebut dengan multi-grid. Feed akun akan terlihat semakin stand out dan memperkuat brand Anda. Hal ini dapat mengundang ketertarikan audiens karena mereka ingin tahu bagaimana hasil akhir dari potongan-potongan tersebut.

Pertimbangkan pakaianalytic tool tambahan

Walaupun Instagram Business telah menyediakan fitur analytic untuk mengecek performansi akun, tak ada salahnya menggunakan tools lain. Banyak tools yang menyajikan informasi lebih, tentunya sangat bermanfaat dalam memahami performansi marketing bisnis Anda.

Kualitas followers > kuantitas followers

Jumlah followers memang penting, namun ada yang lebih penting lagi. Kualitas memberi dampak yang lebih positif bagi bisnis Anda. Sebaiknya, Anda berfokus menemukan strategi efektif untuk membangun engangement dengan audiens.

Susun kalender konten dengan matang

Mudah sekali melihat kapan suatu konten diposting. Oleh karenanya, susunlah kalender atau jadwal konten untuk membuat urutan konten yang padu.

Jangan lupa aktifkan notifikasi

Untuk menjalin engangement yang baik dengan customer, Anda harus available setiap saat serta sigap memberikan tanggapan. Maka, aktifkanlah notifikasi atau pemberitahuan.

Menugaskan orang untuk memantau messaging channels

Sebisa mungkin, akun Anda harus responsif dalam membalas pesan customer. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan mereka. Menugaskan seseorang khusus untuk meng-handle pesan-pesan customer akan mempermudah pekerjaan.

Jadikan akun Anda verified

Verified account memiliki kredibilitas yang lebih di mata para pengguna Instagram. Akun Anda akan dilihat sebagai akun resmi dan terpercaya.

Perbarui profile image sesuai dengan campaign

Anda dapat memperbarui foto profil akun Anda dan menyesuaikannya dengan campaign marketing yang sedang dijalankan. Selain berkesan fresh, hal tersebut juga dapat mengundang ketertarikan followers untuk mengecek profil akun.

Cek profil Anda dari berbagai perangkat

Periksalah tampilan profil Anda dari berbagai perangkat yang ada. Tiap perangkat memiliki tampilan Instagram yang agak berbeda satu sama lain. Pastikan profil Anda enak dilihat pada seluruh perangkat.

Pastikan website bisnis Anda ada versi mobile-nya

Hal ini berlaku jika Anda mencantumkan link website bisnis pada profil Instagram. Users Instagram biasanya mengakses dari handphone mereka. Oleh karena itu, website bisnis hendaknya nyaman jika dibuka mobile.

Sebaiknya, Anda juga menggunakan tool untuk mengetahui berapa banyak pengunjung website yang berasal dari Instagram. Dengan demikian, Anda bisa mempelajari bagaimana engangement yang tercipta pada akun Anda.

Ciptakan suasana fun dengan emoji

Emoji dapat memberikan kesan yang fun atau ceria terhadap brand Anda. Hal ini akan sangat berguna, terutama jika audiens brand Anda adalah kalangan anak muda. Selain itu, emoji juga dapat menggantikan kata-kata, lho.

Penutup

Wah… ternyata banyak cara yang dapat ditempuh. Eits, cara-cara tersebut masih sebagian saja, lho. Simak cara-cara lainnya untuk meningkatkan performa Instagram marketing pada artikel Mebiso lainnya:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/309671

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *