CMS Technology

Cara Pasang Google Analytic di WordPress

 

Loading...

Sebelumnya untuk pengertian dari google analytic telah di posting pada artikel “Beda antara Google Webmaster dan Google Analytic“. Kemudian sempat dibahas juga cara pasang google analytic di website Jagoanstore pada artikel “Google Analytic untuk website Jagoanstore anda“. Dan saat ini kita akan membahas bagaimana cara memasang google Analytic di wordpress.

  1. Pertama harus mendaftar dahulu bagi yang belum memiliki akun google analytic melalui URL inidengan email gmail yang sudah dimiliki. Kemudian klik Sign up untuk mendaftar.

analytics-signup-step2

  1. Pada halaman selanjutnya anda akan diberikan pilihan mode tracking antara “Website” atau “Mobile App”, dan pastikan anda memilih yang tipe “Website”.

analytics-signup-step3

  1. Kemudian isi data-data pada form Account name, Website name, Website URL, Industry category, dan Reporting Time Zone. Lalu klik tombol  Get Tracking ID maka akan muncul popup aturan layanan Google analytic dan bila anda setuju, klik tombol I Agree.

analytics-signup-step3b

  1. Tidak lama kemudian, akan muncul halaman baru terkait informasi Tracking Code dari google analytic yang akan dipasang pada website anda. Copy-paste kode yang tampil seperti digambar berikut ini ke website wordpress anda.

analytics-tracking-code

  1. Ada 3 cara untuk meletakkan kode google analytic tersebut ke website wordpress anda yaitu direct paste, melalui file functions.php, atau menggunakan plugin.

 

  • Menggunakan plugin

Banyak plugin wordpress yang disedikan untuk menambahkan kode google analytic, salah satunya yaitu Insert Header and Footer . Setelah di install paste kode google analytic yang anda dapatkan ke dalam kolom footer seperti gamber berikut :

  • Direct paste

Langkah ini, langsung saja anda paste-kan ke file header.php template wordpress setelah tag <body>.

  • Melalui file php

Tambahkan kode script berikut pada file functions.php wordpress anda beserta kode tracking google analytic yang sudah didapat.

 

<?php
add_action('wp_footer', 'add_googleanalytics');
function add_googleanalytics() { ?>
// Paste kode google analytic anda disini
<?php } ?>

Setelah selesai memasang Google Analytics di situs WordPress Anda, kini slahkan kembali ke halaman Google akun Google analytic anda pada step 4 dan klik Save.

Sekarang klik tab Reporting untuk melihat tampilan statistik pengunjung website Anda. Google sendiri membutuhkan waktu sekitar 12-24 jam untuk bisa menampilakan statistik situs/website yang Anda butuhkan.

Nah, saat Anda telah memasang Google Analytics pada website WordPress, kini saatnya Anda mengoptimasi WordPress Anda agar semakin cepat saat diakses oleh pengunjung. Bagaimana bisa? Artikel berikut ini akan membantu Anda untuk mengoptimasi konten di dalam WordPress agar bisa meringankan beban saat diakses. Dan untuk menambah kualitas WordPress Anda, bisa juga dilengkapi dengan Hosting khusus WordPress. Hosting ini memang khusus diciptakan untuk pengguna WordPress yang ingin meningkatkan jumlah viewer. Untuk melihat detail tentang WordPress Hosting ini bisa pada halaman berikut ini.

Loading...

0 komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *