Technology

Cara Setting Netwatch untuk Memantau Jaringan Mikrotik Anda via SMS

 
  • 6
    Shares

   

Kalau sebelumnya saya sudah memberikan langkah-langkah untuk mendapat Email Notifikasi Otomatis ketika Mikrotik Anda Gangguan, kali ini saya akan membagikan cara untuk mendapatkan notifikasi tentang status router melalui SMS. Yaitu dengan menggunakan fitur Netwatch. Agar Mikrotik dapat mengirimkan notifikasi, maka kita memerlukan Modem USB untuk perangkat tambahan dan pastikan pula agar router Anda dilengkapi dengan port USB dan lisensi minimal level 4. Disini saya menggunakan RB 951Ui-2HnD. Semoga bermanfaat :-)

1. Pastikan untuk modem USB yang digunakan sudah terbaca oleh router Anda. Dapat Anda cek melalui menu System > Ports.

1-mikrotik-netwatch

2. Setelah modem terbaca, kita bisa mulai melakukan uji coba terlebih dahulu untuk cek fitur SMS ini. Silahkan Anda masuk ke menu Tools > SMS.

2-mikrotik-netwatch

Karena kita hanya mengirim, maka untuk option “Receive Enabled” tidak perlu kita centang. Cukup klik tombol “Send SMS”. Di bagian ini, untuk Port tetap kita setting sesuai dengan Port modem, kemudian untuk channel diisi dengan default channel  modem USB yaitu 3 dan untuk Phone Number dan Message kita isi sesuai dengan nomor tujuan dan pesan yang ingin Anda kirimkan. Kemudian klik Send SMS. Maka SMS pun akan terkirim ke nomor tujuan Anda.

3. Setelah itu baru kita setting Netwatch di menu Tools > Netwatch, untuk settingnya kurang lebih seperti dibawah ini.

3-mikrotik-netwatch

4. Terakhir kita tinggal setting untuk pengiriman SMSnya dengan menambahkan script dibawah ini di tab Down bila router Anda down.

/tool sms send usb1 channel=3 phone-number="+628**********" message="router down"

Dan tambahkan juga script ini di tab Up agar SMS segera terkirim bila router Anda kelak sudah Up kembali.

/tool sms send usb1 channel=3 phone-number="+628**********" message="router up"

Dan Anda bisa mencoba matikan koneksi maupun mengganti value timeout di Netwatch untuk menguji cobanya. Sekian share dari saya, semoga dapat membantu keseharian anda sebagai administrator jaringan :-)

           
  • 6
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *