Technology

Cari tahu Apa itu Cloudflare dan CDN Di Sini!

 
  • 1
    Share

Cloudflare adalah layanan yang menggunakan teknologi CDN (Content Delivery Network) yang memiliki kemampuan untuk mem-filter trafik dan mempercepat akses website.

Sedangkan untuk pengertian CDN atau Content Delivery Network adalah sistem terdistribusi server yang ada di berbagai data center internet di berbagai negara dengan tujuan untuk menyediakan konten yang cepat kepada end-user.

CDN menyebarkan konten statis web ke berbagai data center, ketika user meloading konten statis dari web (gambar, js, css, video, dll), user akan menerima konten dari lokasi terdekat dari CDN, bukan dari server web. Dari teknologi tersebut yang membuat Cloudflare banyak di gunakan para pengguna hosting hingga penyedia/provider hosting.

Dan pada artikel ini, akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah mendaftarkan website kedalam layanan Cloudflare.

Cara mendaftar Cloudflare beserta settingannya

Masukkan alamat email dan password yang di inginkan, kemudian klik Continue untuk melanjutkan.

1

Setelah itu, masukkan nama domain yang ingin di settingkan service Cloudflare ini, dan klik Add website untuk melanjutkan proses selanjutnya.

2

Setelah nama domain dimasukkan, maka akan muncul halaman proses pengambilan DNS dan konten dari website untuk diletakkan pada server CDN milik cloudflare, dan tunggu hingga selesai.

3

Jika sudah complete maka, tampilannya seperti berikut, dan klik Continue untuk melanjutkan.

4

Setelah itu, akan masuk ke halaman setting DNS dari domain yang di inputkan tadi (hifhlight biru adalah nama domainnya). Pada kategori Active yang mana ada logo awan warna oranye, berarti DNS dari domain yang di setting akan dilewatkan melalui server CDN Cloudflare, sedangkan awan warna abu-abu tetap menggunakan server asli dari hosting domain yang bersangkutan.

5

Di bawah sendiri pada halaman pengaturan DNS ini, Anda bisa menambahkan DNS baru yang ingin dilewatkan oleh service Cloudflare tersebut. Dan apabila sudah selesai settingan DNS-nya, maka silahkan klik Continue untuk melanjutkan.

6

Pada halaman ini, silahkan Anda pilih paket Free saja, dengan opsi Performance yang “CDN + Basic Optimizations (Faster)” atau “CDN +Full Optimizations”. Sedangkan untuk security, direkomendasikan untuk memilih Medium saja, setelah selesai klik Continue.

7

Setelah langkah diatas, saat ini silahkan Anda update Nameserver dari domain yang di inputkan tadi (pada domain manager) ke Nameserver dari Cloudflare seperti gambar dibawah ini dan tunggu masa resolvenya maksimal 2×24 jam. Setelah selesai klik Continue untuk melanjutkan.

8

Selamat, Anda telah berhasil melakukan pendaftaran service Cloudflare beserta setting domainnya!

9

Setelah selesai semua settingan diatas dan masa resolve sudah selesai (logo status akan berubah menjadi hijau), kini saatnya melakukan settingan firewall. Sebelumnya silahkan login dahulu ke akun Cloudflare yang baru saja dibuat dan otomatis akan masuk pada menu Websites. Klik menu Threat Control untuk menuju menu firewall dari service Cloudflarenya.

10

Pada form Add custom rule, silahkan masukkan nomor IP atau Kode negara yang ingin di Blok atau di izinkan untuk mengakses website/domain Anda.

11
Contoh gambar setelah menambahkan rule pada firewall tersebut. Kotak hijau adalah list IP atau Negara yang di izinkan mengakses website Anda, sedangkan untuk kotak warna merah adalah list untuk IP atau negara yang tidak di izinkan mengakses webiste/domain Anda.

12

Jika kembali pada menu Website, pada opsi Analytics Anda bisa melihat statistik trafik pengunjung domain/website yang telah di setting DNS Cloudflare yang gambarnya sbb:

13

14

Selesai !


  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *