Interviews

Catering Online? Berrykitchen Salah Satu Solusi Kebutuhan Makanan di Kota Jakarta

 

   

Siapa bilang produk makanan alias catering gak bisa dijual secara online? Berkat kecanggihan teknologi, bisnis apapun kini bisa dilakoni secara online, termasuk bisnis catering. Cynthia Tenggara adalah salah satu wanita muda yang juga berbisnis di bidang ini.
Dari yang awalnya menjadi seorang karyawan di Groupon.co.id, ia yang mampu melihat opportunity untuk memulai bisnis, akhirnya memutuskan untuk mulai menjalankan bisnisnya sendiri. Gaji besar dan kemapanan karir tidak membuatnya berhenti berkeinginan untuk mendirikan sebuah bisnis.

Nah kali ini Cynthia bersedia membagi pengalaman dan cerita bisnisnya dengan Mediabisnisonline.com.

Apa sih awal ide pembentukan Berrykitchen ini?

Awalnya dimulai dari masalah saya sendiri yang kesulitan cari catering makan siang yang gak ngebosesnin ketika saya kerja, akhirnya munculan konsep catering makan siang yang lebih modern, gak ngebosenin, dan menunya bisa pilih sendiri :)

Berrykitchen.com adalah foodcommerce di Indonesia, kita mulai dengan bisnis online catering tadinya yang menawarkan solusi makan siang harian untuk karyawan. Dimana setiap orang bisa mix and match menunya sendiri. Sekarang kita ada beberapa model lain selain catering karyawan kita juga ada online bento and food market dimana kita jual paket menu dan snacks yang bisa diorder kapan saja dan saat ini juga. Kita juga memiliki produk baru kita yaitu ready to cook, yangmana kami menjual bahan makanan yang sudah ditimbang, dicuci, dipotong beserta dengan bumbu dan resep untuk solusi masak Anda di rumah.

Berjualan produk makanan yang siap makan, sulit gak sih untuk promosinya? Strategi apa yang Anda gunakan?

Cara memasarkannya mulai dari free sampling, bagi2 flyer, sampai sekarang kita ada budget marketing untuk pemasaran. :)

Bahan baku makanan yang tidak menentu harganya, bagaimana strategi Anda untuk menyeimbangkan dengan harga jual?

Kebetulan kami ada team kitchen yang selalu fokus untuk mencari bahan-bahan terbaik dengan harga yang affordable dan selalu di monitor sama team operational kita yang selalu melakukan quality control dari setiap makanan yang keluar.

Nah, product catering sekarang juga banyak dijual secara online. Tapi apa sih yang membedakan Berrykitchen dengan bisnis lainnya?

  1. Kita selalu menciptakan 15-20 menu baru setiap harinya
  2. Customer bisa pilih sendiri menunya
  3. No delivery fee
  4. No minimum order

Kalau untuk yang lainnya kita menawarkan convenience, jadi customers kita gak perlu repot menghubungi kita, mereka semua bisa manage order mereka melalui online.

Selama menjalankan bisnis ini, bisa dikisahkan suka dukanya?

Kebetulan suka yang didapat seperti prestasi belum ada yang sangat luar biasa, tapi kita selalu menganggap dan merayakan prestasi-prestasi kecil yang kita lewatin selama ini. Kami percaya bahwa “celebrating every milestone is what we do to always refresh the team”

Sedangkan pengalaman berkesan kita cuku banyak :) Mulai dari kurir yang gak masuk sampe harus nganterin box sendiri ke pelanggan, sampai kebanjiran di dapur kita yang dulu sampe nyelamatin daging pake gerobak.

Tantangan dan rencana kedepan seperti apa yang ingin Anda lakukan?

Kalau tantangan sih bisa dari operasional yang sulit adalah salah satunya. Dan cara mengatasinya cuma satu persistency, coba, gagal coba, gagal, coba, gagal sampe ketemu yang berhasil, thats the only way :)

Dan target kita dalam satu tahun ke depan adalah untuk bisa serve 5000 boxes on a daily basis, and membuka 2 cabang agar bisa melayani semua pelanggan di seluruh area Jakarta. :)

Wah target yang keren sekali bu. Lalu buat Ibu sendiri siapa sih yang paling memotivasi untuk menjalankan bisnis ini?

Steve Jobs salah satunya “I’m convinced that about half of what separates successful entrepreneurs from the non successful one is pure perseverance” dan waktu lagi menjalankan bisnis ini salah satu quotation yang jadi pedoman saya adalah quotes favorit adik saya “Your most unhappy customers are your greatest source of learning”– Bill Gates.

Benar sekali bu, terima kasih ya bu untuk waktunya. Semoga Barrykitchen semakin sukses :)

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *