Technology

Checklist Sistem Pembayaran Bagi Toko Online Anda

 
  • 2
    Shares

Medium pembayaran telah berevolusi. Anda mungkin menganggap bahwa barter adalah sistem pembayaran jaman batu. Namun jangan kaget jika kelak anak cucu Anda pun akan menganggap bahwa uang kertas adalah sistem pembayaran jaman batu. Sebab medium pembayaran mulai bergeser. Kali ini lebih ke nilai. Yaitu parameter yang dapat lebih mudah dipindah tangankan melalui media elektronik. Saat ini pun kita seringkali hanya perlu menggesek kartu kredit, datang ke ATM untuk transfer, atau bahkan pembayaran dari rumah melalui Internet Banking.

sistem-pembayaran

Makanya, Anda tidak boleh menutup diri terhadap perkembangan jaman. Apalagi bila Anda pelaku toko online. Sistem pembayaran adalah hal paling crucial yang perlu segera Anda perhatikan. Nah, di sini saya berikan checklist yang berkaitan dengan sistem pembayaran bagi toko online Anda. Silakan anda gunakan untuk mengetahui apakah sistem Anda sudah memadai atau masih adakah yang perlu Anda perbaiki.

Daftar rekening setiap bank yang menyediakan ibanking

Dengan menyediakan sebanyak mungkin opsi rekening, Anda memungkinkan user untuk bertransaksi dengan lebih mudah. Terutama bagi bank yang telah dilengkapi fasilitas ibanking. Anda cukup sekali repot untuk pendaftaran, namun berikutnya Anda tinggal melihat saldo dari rumah. Jadi kenapa Anda tidak memanfaatkannya?

Alur transaksi yang sesederhana mungkin

Anda harus memikirkan alur pembayaran yang sederhana. Sebisa mungkin buat calon pembeli Anda tidak kesulitan dengan alur yang Anda tetapkan. Karena apabila kita melalaikan hal ini, calon pembeli mungkin hilang begitu saja karena ribet ketika akan membayar.

Edukasi pelanggan agar mau melakukan konfirmasi pembayaran

Karena Anda bukan mutan. Anda tidak bisa tahu begitu saja transfer tertentu ditujukan untuk pembayaran pesanan mana. Maka sebagai notifikasi bagi Anda, Anda akan membutuhkan adanya konfrimasi pembayaran dari pembeli. Sayangnya kadang sulit sekali untuk meyakinkan pembeli agar mau melakukan konfirmasi pembayaran. Maka di sini, janjikan pada pembeli bahwa transaksi mereka akan selesai Anda proses maksimal 1 jam setelah konfirmasi pembayaran.

Catat setiap transaksi, hubungkan dengan nomor pesanan

Yang ketiga, sewaktu-waktu bisa sangat mungkin terjadi kasus double transaksi. Untuk menghindari kesalahan hitung dan klaim pembayaran pelanggan, maka Anda harus siap mencatat transaksi setiap harinya. Di catatan tersebut, Anda juga harus mencantumkan nomor pesanan dengan menghubungkan transaksi untuk mempermudah pelacakan/tracking pembayaran di masa depan.

Mintalah bukti transfer pada transaksi yang Anda rasa abu-abu

Apabila Anda merasa ambigu pada sebuah klaim, maka Anda bisa meminta bukti transfer, kemudian mencocokkannya pada catatan transaksi Anda. Tidak ada salahnya bersikap defensif pada pembayaran elektronik. Sebab Anda bukan mutan. Anda tidak bisa tahu begitu saja niatan seseorang tanpa mempelajari motifnya.

Sistem pembayaran alternatif

Selain transfer/COD, barangkali Anda juga harus mempertimbangkan untuk sign up pada sistem pembayaran lain yang juga tidak kalah peminatnya, seperti CC dan PayPal. Yang penting adalah Anda punya insiatif untuk membuka jalur selebar-lebarnya bagi calon pembeli.

Jadi, sudahkah toko online Anda memenuhi check list transaksi di atas?

Baca juga:


  • 2
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *